PROGRAM SEMESTER I
KURIKULUM TK .......................................
TAHUN PELAJARAN
PROGRAM PERKEMBANGAN
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
TEMA
|
||||||||||||||||
DIRIKU
|
KELUARGAKU
|
LINGKU
NGANKU
|
BINATANG
|
TANAMAN
|
|||||||||||||||
4 MINGGU
|
3 MINGGU
|
4 MINGGU
|
4 MINGGU
|
3 MINGGU
|
|||||||||||||||
Identitasku
|
tubuhku
|
Panca indra
|
Kesukaanku
|
Anggota kel
|
Anggota Kel
|
Profesi Ang.Klg ku
|
Rumahku
|
sekolahku
|
Peralatan sekolah
|
Binatang di air/lele
|
Binatang darat /ayam
|
kupu-kupu
|
Binatang hutan
|
Sayuran/kangkung
|
T. mangga
|
T. Melati
|
|||
NILAI MORAL DAN AGAMA
|
K1 : Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Mempercayai adanya Tuhan melalui
ciptaan-Nya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√√
|
1.2. Menghargai diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
||
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu,
kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu
bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dngan
keluarga, pendidik dan/atau pengasuh,dan teman
|
2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
jujur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
santun kepada orang tua, guru, dan teman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh,
lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan
cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan,&
mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
3.1. Mengenal kegiatan beribadah
sehari-hari
4.1. Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2. Mengenal perilaku baik sebagai
cerminan akhlak mulia
4.2. Menunjukkan perilaku santun sebagai
cerminan akhlak mulia
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
FISIK
|
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu,
kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu
bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi
dngan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.1. Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau
pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan
cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan,&
mngkomunikasikn melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
3.3. Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
3.4. Mengetahui cara hidup sehat
4.4. Mampu menolong diri sendiri
untuk hidup sehat
|
√
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
√
|
||
SOSIAL EMOSIONAL
|
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu,
kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu
bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi
dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.5. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap percaya diri.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
2.6. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.7. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang
lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.8. Memiliki perilaku yang
mencerminkan kemandirian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.9. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.10. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kerja sama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
||
2.11. Memiliki perilaku yang dapat
menyesuaikan diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau
pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan
cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan,& mngkomunikasikn
melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
3.13. Mengenal emosi diri dan orang
lain
4.13. Menunjukkan reaksi emosi diri
secara wajar
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan,
dan minat diri
4.14. Mengungkapkan kebutuhan,
keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOQNITIF
|
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu,
kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu
bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dngan
keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.2. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap ingin tahu
|
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kreatif
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
||
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau
pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara:
mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan,&mengkomunikasi-kan
melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
3.5. Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5. Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
3.6. Mengenal benda -benda
disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6. Menyampaikan tentang apa dan
bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai
hasil karya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||
3.7. Mengenal lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.7. Menyajikan berbagai karyanya
dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
√
|
||
3.8. Mengenal lingkungan alam (hewan,
tanaman,cuaca,tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8. Menyajikan berbagai karyanya
dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan
alam (hewan, tanaman,cuaca,tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||
3.9. Mengenal teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain,peralatan pertukangan, dll)
4.9. Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAHASA
|
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau
pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan
cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan,&mengkomunikasi-kan
melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
3.10. Memahami bahasa reseptif
(menyimak dan membaca)
4.10. Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
|
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
|
3.11. Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11. Menunjukkan kemampuan berbahasa
ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||
3.12. Mengenal keaksaraan awal
melalui bermain
4.12. Menunjukkan kemampuan
keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SENI
|
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu,
kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu
bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dngan
keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.4. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap estetis
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau
pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan
cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan,&mengkomunikasi-kan
melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
3.15. Mengenal berbagai karya dan
aktivitas seni
4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas
seni dengan menggunakan berbagai media
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala TK .....................................................
Kecamatan ................................
..........................................................
NIP.
...................................................
|
Magetan, Juli
Guru Kelompok B........
TK ...........................................................
(
)
NIP.
|