Kamis, 11 Januari 2018

RPPM Tema Pekerjaan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  : Pekerjaan
Sub.Tema : Macam Pekerjaan
HARI
Tujuan
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      Menyanyi lagu baru
2.      Memaasngkan gambar
3.      Membilang
4.      Keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.4 ,2.7 ,3.5,4.5 3.7/4.7, 3.12,4.12
Macam pekerjaan
Menyanyi, memaasngkan gambar, mewarnai gambar, mengenal perilaku benar dan salah, keaksaraan awal
Macam Pelerjaan
Menyanyi macam profesi
Memasangkan gambar dengan tulisannya
Mewarnai gambar profesi kesukaan
Menghitung penjumlahan sederhana
Menyebutkan dan menuliskan macam profesi
SELASA
Anak dapat :
1.      Menyanyi lagu baru
2.      Bermain tepuk berpola
3.      Mencari jejak
4.      Bermain balok
5.      Keaksaraan awal
6.      Menebali gambar
Pembelajaran langsung
1.2,2.2,2.3
3.3,4.3,
3.5,4.5,3.7,4.7, 3.2,4.12,3.15,4.15
Polisi yang gagah :
Menyanyi,  bermain tepuk, menebali kata, menceritakan gambar, maze, bermain balok, keaksaraan awal, menebali gambar
Polisi yang gagah :
Menyanyi lagu Lihat Bapak Polisi
Bermain tepuk polisi
Menebali gambar  polisi lalu lintas
Mencari jalan menuju ke kantor polisi
Membuat kantor polisi dari balok
Menyebutkan dan menulis kata yang berawalan po (polisi, pohon, pos, poros)

RABU
Anak dapat :
1.      3 M
2.      Membilang
3.      Bermain sains
4.      Keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.2,  2.2, 2.4, 3.3, 4.3,3.7.4.7, ,3.5,4.5
3.12,4.12 3.15,4.15
Petani yang baik : 3M(mewarnai,mencocok, menempel) , membilang, mengenal ukuran, keaksaraan awal
Petani yang baik :
3 M (mewarnai, mencocok, menempel ) topi petani
Membilang jumlah petani yang menanam padi
Bermain sains mengukur /menimbang  gabah
Menyebutkan alat yang dipakai petani
KAMIS
Ank dapat :
1.      Bermain tepok berpola
2.      Bermain puzzle
3.      Mengelompokkan gambar
4.      Keaksaraan awal
5.      Bermain balok
Pembelajaran langsung
1.2,  2.3, 3.3,4.3
3.5,4.5, 3.7,4.7, 3.12, 4.12,3.15,4.15
Dokter yang penolong :
Melengkapi kalimat, bermain puzzle, mengelompokkan gambar, bermain balok
Dokter yang penolong :
Bermain tepuk dokter
Melengkapi kalimat sederhana
Bermain puzzle tenaga medis
Melingkari gambar tenaga medis
Bermain balok

JUMAT
Anak dapat :
1.      Menyanyi lagu baru
2.      Menebali kata
3.      Mencari jejak
4.      Mengurtkan cerita gbr seri
5.      Keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.2, 2.4, 3.3,4.3, 3.5,4.5, 3.7,4.7, 3.15,4.15

Guru yang ramah :
Menyanyi, melengkapi kalimat sederhana, mencari jejak/maze, menceritakan gambar, menebali kata
Guru yang ramah:
Menyanyi lagu Bhakti Guru
Menebali tulisan ustadz dan ustadza
Memberi nomer urut 1 – 4 cerita gbr kesekolah
Mencari jalan menuju ke sekolah
Melengkapi kalimat sederhana …….mengajar di sekolah
SABTU
Anak dapat :
1.      Jalan jalan ke kantor kecamatan
2.      Mengurutkan gambar
3.      Keaksaraan awal
4.      Bermain peran

Pembelajaran langsung dan tak langsung
  1.2,  2.5, 3.3, 4.3, 3.7,4.7, 3.12, 4.12
 3.15, 4.15
Pekerjaan yang kusukai / cita- citaku : jalan – jalan, :mengurutkan  gambar, keaksaraan awal, bermain peran, menebali huruf
Pekerjaan yang kusukai
Jalan - jalan
Mengurutkan gambar polisi dari yang terkecil sampai terbesar
Menyalin meniru macam profesi dalam bahasa inggris (teacher,doctor,police, farmer)
bermain peran menjadi profesi yang disukai (dokter, polisi, guru)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5-6   TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  : PEKERJAAN
SUB.TEMA :Alat / perlengkapan bekerja
HARI
Tujuan
Strategi pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      Mengenal konsep banyak sedikit
2.      Bermain plstisin
3.      Keaksaraan awal
4.      Melipat perahu
Pembelajaran langsung
22., 2.3, 2.6, 3.3, 4.3, 3.6,4.6, 3.9,4.9, 3.12, 4.12,  3.15,.4.15,
Perlengkapan Bekerja : keaksaraan awal , mengenal konsep banyak sedikit, bermain plastisin, menebali kata, melipat
Perlengkapan bekerja :
Menebali kata B untuk jumlah banyak dan S yang sedikt
Bermain plastisin membuat peralatan kerja nelayan
Menyebutkan dan menulis alat nelayan
Melipat bentuk perahu
SELASA
Anak dapat :
1.      Berkreasi dari bahan alam
2.      Mengurutkan gambar
3.      Memasangkan gambar
4.      Bermain balok
Pembelajaran langsung
2.3, 2.8, 3.3, 4.3, 3.5,4.5,3.7,
4.7 3.9,4.9, 3.12,.4.12, 3.15, 4.15
Alat Polisi : keaksaraan awal, sikap. Perilaku kreatif, mengurutkan gambar, memasangkan / menghubungkan tulisan dg asal suara, bermain  balok
Alat Polisi :
Membuat pistol polisi dari batang daun pisang
Mengurutkan gambar pistol polisi dari yang terkecil sampai terbesar
Memasangkan asal suara dengan tulisannya (sepatu….prok prok, peluit..prit, tembak..dor)
Bermain balok : membuat kantor polisi
RABU
Anak dapat :
1.      Bersyair
2.      Bermain dg adonan tepung
3.      Mengurutkan gambar
4.      Keaksaraan awal
5.      Mengelompokkan gambar
Pembelajaran langsung
2.3, 2, 4, 3.3, 4.3, 3.7,4.7,3.9,4.9, 3.11, 4.11, 3.15,4.15
Alat petani : menirukan syair , perilaku kreatif,  mengelompokan gambar, mengurutkan gambar,  keaksaraan awal
Alat Petani :
Menirukan syair “Petani”
Membuat alat alat petani dari  adonan tepung
Menghubungkan gambar alat petani
Mengurutkan gambar alat petani dari yg terkecil – terbesar
Menyebutkan dan menulis kata yg berawalan CA (cangkul, caping, cari, catur)
KAMIS
Anak dapat :
1.      Kolase
2.      Mengurutkan angka
3.      Membilang
4.      Keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
2.2, 2.4, 3.3, 4.3, 3.5,4.5, 3.9,4.9, 3.12,4.12,3.15, 4.15
Alat Dokter :
Menebali kata, menyempurnakan gambar, bermain plastisin, membilang
 Alat Dokter
.Kolase kotak obat
Menghubungkan angka 1- 12  membuat stetoskop
Menghitung gambar alat dokter
Melengkapi kalimat sederhana
JUMAT
Ank dapat :
1.      Hafalan doa
2.      Menjiplak gambar
3.      Mengenal waktu sederhana
4.      Keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.2, 3.1,4.1, 3.3,4.3,.3.9,4.9, 3.10,4.10,3.15,4.15
Alat guru : hafalan doa, menjiplak gambar,  mengenal waktu sederhana, keaksaraan awal
Alat Guru :
Hafalan doa sesudah belajar ( mewarnai gambar anak yang mau membaca doa )
Menjiplak gambar tas untuk bu guru
Mengenal waktu sedehana ( masuk sekolah jam…….pulang sekolah jam…….)
Menggambar dan member nama alat sekolah
SABTU
Anak dapat :
1.      Memasangkan gambar
2.      Mengenal lingkungan kerja terdekat
3.      Menyelesaikan tugas penjumlahan
4.      Keaksaraan awal
Pembelajaran langsung dan tak langsung
  2.3, 2.4, 3.3,4.3, 3.9,4.9, 3, 3.15,4.15
Memasangkan gambar,jalan -jalan  , menyelesaikan tugas penjumlahan, keaksaraan awal
Jalan jalan ke PG REjosarie
Memasangkan gambar profesi dan nama alatnya  
Menggambar bebas diatas pasir
Menuliskan identitas diri dan cita citanya