RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN
/ KELOMPOK B
TEMA : Pekerjaan
Sub.Tema : Macam Pekerjaan
HARI
|
Tujuan
|
Strategi
Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN
MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Menyanyi lagu baru
2. Memaasngkan gambar
3. Membilang
4. Keaksaraan awal
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.2, 2.4
,2.7 ,3.5,4.5 3.7/4.7, 3.12,4.12
|
Macam
pekerjaan
Menyanyi, memaasngkan
gambar, mewarnai gambar, mengenal perilaku benar dan salah, keaksaraan awal
|
Macam
Pelerjaan
Menyanyi macam
profesi
Memasangkan
gambar dengan tulisannya
Mewarnai
gambar profesi kesukaan
Menghitung penjumlahan sederhana
Menyebutkan dan menuliskan macam profesi
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Menyanyi lagu baru
2. Bermain tepuk berpola
3. Mencari jejak
4. Bermain balok
5. Keaksaraan awal
6. Menebali gambar
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2,2.2,2.3
3.3,4.3,
3.5,4.5,3.7,4.7,
3.2,4.12,3.15,4.15
|
Polisi yang
gagah :
Menyanyi, bermain tepuk, menebali kata, menceritakan
gambar, maze, bermain balok, keaksaraan awal, menebali gambar
|
Polisi yang
gagah
:
Menyanyi lagu
Lihat Bapak Polisi
Bermain tepuk polisi
Menebali gambar polisi lalu lintas
Mencari jalan menuju ke kantor polisi
Membuat kantor polisi dari balok
Menyebutkan dan menulis kata yang berawalan po
(polisi, pohon, pos, poros)
|
RABU
|
Anak dapat :
1. 3 M
2. Membilang
3. Bermain sains
4. Keaksaraan awal
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.2, 2.4, 3.3, 4.3,3.7.4.7, ,3.5,4.5
3.12,4.12
3.15,4.15
|
Petani yang
baik : 3M(mewarnai,mencocok, menempel) , membilang, mengenal ukuran,
keaksaraan awal
|
Petani yang baik :
3 M (mewarnai, mencocok, menempel ) topi petani
Membilang jumlah petani yang menanam padi
Bermain sains mengukur /menimbang gabah
Menyebutkan alat yang dipakai petani
|
KAMIS
|
Ank dapat :
1. Bermain tepok berpola
2. Bermain puzzle
3. Mengelompokkan gambar
4. Keaksaraan awal
5. Bermain balok
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.3, 3.3,4.3
3.5,4.5, 3.7,4.7,
3.12, 4.12,3.15,4.15
|
Dokter yang
penolong :
Melengkapi
kalimat, bermain puzzle, mengelompokkan gambar, bermain balok
|
Dokter yang
penolong :
Bermain tepuk
dokter
Melengkapi
kalimat sederhana
Bermain puzzle
tenaga medis
Melingkari
gambar tenaga medis
Bermain balok
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1. Menyanyi lagu baru
2. Menebali kata
3. Mencari jejak
4. Mengurtkan cerita gbr seri
5. Keaksaraan awal
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.4,
3.3,4.3, 3.5,4.5, 3.7,4.7, 3.15,4.15
|
Guru yang
ramah :
Menyanyi,
melengkapi kalimat sederhana, mencari jejak/maze, menceritakan gambar,
menebali kata
|
Guru yang
ramah:
Menyanyi lagu
Bhakti Guru
Menebali tulisan ustadz dan ustadza
Memberi
nomer urut 1 – 4 cerita gbr kesekolah
Mencari jalan menuju ke sekolah
Melengkapi kalimat sederhana …….mengajar di sekolah
|
SABTU
|
Anak dapat :
1. Jalan jalan ke kantor kecamatan
2. Mengurutkan gambar
3. Keaksaraan awal
4. Bermain peran
|
Pembelajaran
langsung dan tak langsung
|
1.2, 2.5, 3.3, 4.3, 3.7,4.7, 3.12, 4.12
3.15, 4.15
|
Pekerjaan yang
kusukai / cita- citaku : jalan – jalan, :mengurutkan gambar, keaksaraan awal, bermain peran,
menebali huruf
|
Pekerjaan yang kusukai
Jalan - jalan
Mengurutkan
gambar polisi dari yang terkecil sampai terbesar
Menyalin
meniru macam profesi dalam bahasa inggris (teacher,doctor,police, farmer)
bermain peran
menjadi profesi yang disukai (dokter, polisi, guru)
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
: 5-6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : PEKERJAAN
SUB.TEMA :Alat / perlengkapan bekerja
HARI
|
Tujuan
|
Strategi
pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN
MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Mengenal konsep banyak sedikit
2. Bermain plstisin
3. Keaksaraan awal
4. Melipat perahu
|
Pembelajaran
langsung
|
22., 2.3, 2.6,
3.3, 4.3, 3.6,4.6, 3.9,4.9, 3.12, 4.12,
3.15,.4.15,
|
Perlengkapan
Bekerja : keaksaraan awal , mengenal konsep banyak sedikit, bermain
plastisin, menebali kata, melipat
|
Perlengkapan
bekerja :
Menebali kata B untuk jumlah banyak dan S yang sedikt
Bermain plastisin membuat peralatan kerja nelayan
Menyebutkan dan menulis alat nelayan
Melipat bentuk perahu
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Berkreasi dari bahan alam
2. Mengurutkan gambar
3. Memasangkan gambar
4. Bermain balok
|
Pembelajaran
langsung
|
2.3, 2.8, 3.3,
4.3, 3.5,4.5,3.7,
4.7 3.9,4.9,
3.12,.4.12, 3.15, 4.15
|
Alat Polisi :
keaksaraan awal, sikap. Perilaku kreatif, mengurutkan gambar, memasangkan /
menghubungkan tulisan dg asal suara, bermain balok
|
Alat Polisi :
Membuat
pistol polisi dari batang daun pisang
Mengurutkan gambar pistol polisi dari yang terkecil
sampai terbesar
Memasangkan asal suara dengan tulisannya
(sepatu….prok prok, peluit..prit, tembak..dor)
Bermain balok : membuat kantor polisi
|
RABU
|
Anak dapat :
1. Bersyair
2. Bermain dg adonan tepung
3. Mengurutkan gambar
4. Keaksaraan awal
5. Mengelompokkan gambar
|
Pembelajaran
langsung
|
2.3, 2, 4,
3.3, 4.3, 3.7,4.7,3.9,4.9, 3.11, 4.11, 3.15,4.15
|
Alat petani :
menirukan syair , perilaku kreatif,
mengelompokan gambar, mengurutkan gambar, keaksaraan awal
|
Alat Petani :
Menirukan
syair “Petani”
Membuat alat alat petani dari adonan
tepung
Menghubungkan gambar alat petani
Mengurutkan gambar alat petani dari yg terkecil – terbesar
Menyebutkan dan menulis kata yg berawalan CA (cangkul, caping, cari,
catur)
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1. Kolase
2. Mengurutkan angka
3. Membilang
4. Keaksaraan awal
|
Pembelajaran
langsung
|
2.2, 2.4, 3.3,
4.3, 3.5,4.5, 3.9,4.9, 3.12,4.12,3.15, 4.15
|
Alat Dokter :
Menebali kata,
menyempurnakan gambar, bermain plastisin, membilang
|
Alat Dokter
.Kolase
kotak obat
Menghubungkan angka 1- 12 membuat stetoskop
Menghitung
gambar alat dokter
Melengkapi
kalimat sederhana
|
JUMAT
|
Ank dapat :
1. Hafalan doa
2. Menjiplak gambar
3. Mengenal waktu sederhana
4. Keaksaraan awal
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 3.1,4.1,
3.3,4.3,.3.9,4.9, 3.10,4.10,3.15,4.15
|
Alat guru :
hafalan doa, menjiplak gambar,
mengenal waktu sederhana, keaksaraan awal
|
Alat Guru :
Hafalan
doa sesudah belajar ( mewarnai
gambar anak yang mau membaca doa )
Menjiplak
gambar tas untuk bu guru
Mengenal waktu
sedehana ( masuk sekolah jam…….pulang sekolah jam…….)
Menggambar dan
member nama alat sekolah
|
SABTU
|
Anak dapat :
1. Memasangkan gambar
2. Mengenal lingkungan kerja terdekat
3. Menyelesaikan tugas penjumlahan
4. Keaksaraan awal
|
Pembelajaran
langsung dan tak langsung
|
2.3,
2.4, 3.3,4.3, 3.9,4.9, 3, 3.15,4.15
|
Memasangkan
gambar,jalan -jalan , menyelesaikan
tugas penjumlahan, keaksaraan awal
|
Jalan jalan ke PG REjosarie
Memasangkan gambar profesi dan nama alatnya
Menggambar
bebas diatas pasir
Menuliskan
identitas diri dan cita citanya
|