Selasa, 23 Januari 2018

RPPM Tema Alat Komunikasi



KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  : Alat Komunikasi/ macam alat komunikasi
Semester/ Minggu: 2/ ....
HARI
TUJUAN
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      Menyusun huruf acak
2.      Mengelompokkan gambar
3.      Membuat kreasi dari plastisin
4.      Menghubungkan gambar dg tulisannya
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2,2.3  3.5/ 4.5, 3.12/4.12 3.15/4.15


Sikap bersyukur/ menghargai, prilaku ingin tahu, prilaku kreatif, mengenal macam alat komunikasi, mengelompokkan benda , keaksaraan awal
Macam alat komunikasi
Bercakap- cakap ttg macam alat komunikasi
Menyusun huruf yang masih acak menjadi nama alat komunikasi sesuai gambarnya( iletevis, odari, lepenot, narok)
Mengelompokkan gambar alat komunikasi, menulis jumlah gambar alat komunikasi
Membuat bentuk alat komunikasi yang disukai anak dg clay
Menghubungkan gambar alat komunikasi dg tulisannya
SELASA
Anak dapat :
1.      Mencocokan gambar hasi penjumlahan
2.      Menghubungkan gambar dg tulisannya
3.      Menggambar alat komunikasi
4.      Melingkari huruf vokal
Pembelajaran langsung
1.2., 2.2, 2.3,  3.5/4.5, 3.9/4.9,  3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menunjuk dua kumpulan benda (≠,=) , menggambar alat komunikasi , menghubungkan gambar,
keaksaraan awal
Macam alat komunikasi
Melingkari huruf vokal pada kata yg sama dg vokal yg ditengah
Menunjuk dua kumpulan benda (≠,=) Menghubungkan gambar alat komunikasi dg tulisannya
Menggambar alat komunikasi dg media krayon putih dan pensil
RABU
Anak dapat :
1.      Mengurutkan gambar
2.      Menyebutkan nama alat komunikasi
3.      Menggunting gambar
4.      Memberi tanda V pada gambar anak yang tidak berebut dan X pada gambar anak yg berebut
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.3  3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.12/4.12, 3.15/4.15
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mengurutkan benda, mengenal baik dan buruk,  keaksaraan awal, menggunting gambar,
Macam alat komunikasi
Memberi tanda V pada gambar anak yang tidak berebut dan X pada gambar anak yg berebut
Menulis urutan gambar alat komunikasi dari yg terkecil sampai terbesar
Menyebutkan dan menuliskan nama alat komunikasi
Menggunting gambar alat komunikasi dan menempel pada tempat yg disediakan
KAMIS
Anak dapat :
1.      Mencari perbedaan gambar (5)
2.      Menyebutkan kata yg berawalan KO
3.      Mewarnai gambar
4.      Terbiasa berperilaku disiplin
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.8, 3.2/4.2, 3.5/4.45 3.9/4.9, 3.12/4.12, 3.15/4.15
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mencari perbedaanbenda, mengenal baik dan buruk,  keaksaraan awal, mewarnai gambar
Macam alat komunikasi
Mencari dan memberi tanda 5 perbedaan gambar alat komunikasi (telepon)
Mengamati gambar suasana gambar  perpustakaan, memberi tanda TS jika tidak setuju dan S bila setuju
Menyebutkan dan menuliskan kata yang mempunyai awalan kata “KO” (komunikasi, koran, kotak, kodok, kosong, kota, kompor
Mewarnai gambar anak yang bersikap tertib ketika diperpustakaan
JUMAT
Anak dapat :
1.      Menghafal doa belajar
2.      Mengenal waktu sholat
3.      Mewarnai gambar
4.      Membilang gambar
Pembelajaran langsung
1.2, 2.6,  3.1/4.1, 3.2/4.2 3.14/4.14,
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mewarnai gambar, mengenal waktu sholat, mengenal waktu.
Macam alat komunikasi
Hafalan doa belajar
Mewarnai gambar anak yang sedang sholat
Mengenal waktu sholat dan meniru menulis dg rapih (Subuh, dhuhur, ashar, maghrib, isya)
Menghitung jumlah anak yang tertib sholat
SABTU
Anak dapat :
1.      bermain kuda berbisik
2.      mewarnai gambar
3.      menyusun pola
4.      keaksaraan awal
Pembelajaran langsung dan tidak langsung
  2.2, 2.5, 2.8, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.15/4.15
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mewarnai gambar, keaksaraan awal, menyusun pola
Puncak Tema
Bermain “Kuda Berbisik”
Mengenal alat komunikasi dalam bhs inggris ( news, television, radio, phone, magazine, letter}
Colour the picture
Menyusun pola gambar alat komunikasi sesuai contoh guru














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  : Alat Komunikasi/  manfaat alat komunikasi
HARI
Tujuan
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      menyebutkan manfaat alat komunikasi
2.      menghubungkan titik titik membuat bentuk
3.      mengurutkan cerita seri
4.      membedakan sikap sopan dan tidak sopan
5.      menghubungkan gambar
Pembelajaran langsung
1.2, ,2.2, 2.5  3.5/ 4.5, 3.12/4.12 3.15/4.15


Sikap bersyukur/ menghargai, prilaku ingin tahu, prilaku kreatif, prilaku mandiri, mengenal emosi diri, membuat urutan bilangan 1-10,
Manfaat telepon
Bercakap – cakap ttg manfaat telepon
Menghubungkan titik – titik angka  1-10 membuat bentuk telepon
Memberi nomer 1-4 urutan cerita gambar seri
Memberi tanda V pada gambar anak yg sopan menerima telepon dan X yang tidak memberi warna pada gambar anak yang sopan menerima telepon
Menghubungkan gambar telepon dg perangkat bagian dari telepon
SELASA
Anak dapat :
1.      menyebutkan manfaat surat
2.      menyanyikan lagu baru
3.      membuat surat
4.      mengenal macam benda pos
5.      mengeposkan surat
Pembelajaran langsung
1.2., 2.2, 2.3,  3.5/4.5, 3.9/4.9,  3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, membuat surat untuk ibu  kunjungan ke kantor pos
Manfaat surat
Bercakap cakap tentang manfaat surat
Menyanyikan lagu “aku tukang pos”
Membuat surat
Mengenal benda pos
Praktek langsung : mengeposkan surat ke kantor pos
RABU
Anak dapat :
1.      menyebutkan manfaat TV
2.      membedakan sikap benar dan tidak
3.      mengurutkan gambar TV
4.      menccocok gambar TV
Pembelajaran langsung
1.2., 2.2, 2.3,  3.5/4.5, 3.9/4.9,  3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menebak kata, keaksaraan awal, mengurutkan benda, mencocok gambar
Manfaat televisi
Bercakap – cakap tentang manfaat televisi
Memindah kata pada kotak kata yang sudah ada huruf akhirnya
Memberi tanda V pada anak yang benar sikap melihat TV dan X yang tidak benar
Mengurutkan gambar TV dari yang terbesar ke yang terkecil
Mencocok gambar bentuk TV dengan rapih
KAMIS
Anak dapat :
1.      membuat kreasi dari plastisin
2.      mencari kata acak
3.      membandingkan 2 kumpulan benda
4.      membedakan sikap baik dan tidak
Pembelajaran langsung
1.2., 2.2, 2.3,  3.5/4.5, 3.9/4.9,  3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menebak kata, menunjuk dua kumpulan benda (≥ dan≤), mengenal baik dan buruk
Manfaat radio
Membuat bentuk radio dari palstisin
Mencari dan melingkari kata pada kotak kata acak yang ada hubungan dengan radio
Memberi tanda  (≥ dan≤),pada dua kumpulan gambar benda
Menebali kata S pada gambar anak yang dapat berbagi mendengarkan radio dan TS yang tidak bisa berbagi


JUMAT
Anak dapat :
1.      menghafal surat Al Asr
2.      mengenal macam kitab suci
3.      mewarnai gambar
Pembelajaran langsung
1.2, 2.6, 2.14 3.1/4.1, , 3.14/4.14,
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menghubungkan gambar dan tulisan, mengenal kitab suci, mewarnai gambar
Macam alat komunikasi
Hafalan surat AL Asr”
Memberi tanda V pada gambar yang sesuai (Kitab Al-Qur”an) dan tanda X pada gambar yg tdk sesuai
Menyebutkan dan menuliskan nama kitab suci (AlQuran, Injil, taurat, tripitaka)
Mewarnai gambar anak yang sedang rajin mengaji
SABTU
Anak dapat :
1.      memanfaatkan limbah
2.      menulis surat
3.      keaksaraan awal
4.      bermain pasir
Pembelajaran langsung dan tidak langsung
  2.2, 2.3, 2.8, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.15.4.15
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahumengenal benda,  karya seni,
Puncak Tema
Praktek langsung membuat telepone dari kaleng
Membuat surat untuk temanku
Melukis diatas pasir
Bermain tebak kata