KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : Alat Komunikasi/ macam alat komunikasi
Semester/
Minggu: 2/ ....
HARI
|
TUJUAN
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1.
Menyusun huruf
acak
2.
Mengelompokkan
gambar
3.
Membuat kreasi
dari plastisin
4.
Menghubungkan
gambar dg tulisannya
|
Pembelajaran langsung
|
1.2,
2.2,2.3 3.5/ 4.5, 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, prilaku ingin tahu, prilaku kreatif, mengenal macam
alat komunikasi, mengelompokkan benda , keaksaraan awal
|
Macam alat
komunikasi
Bercakap-
cakap ttg macam alat komunikasi
Menyusun huruf
yang masih acak menjadi nama alat komunikasi sesuai gambarnya( iletevis,
odari, lepenot, narok)
Mengelompokkan
gambar alat komunikasi, menulis jumlah gambar alat komunikasi
Membuat bentuk
alat komunikasi yang disukai anak dg clay
Menghubungkan
gambar alat komunikasi dg tulisannya
|
SELASA
|
Anak dapat :
1.
Mencocokan
gambar hasi penjumlahan
2.
Menghubungkan
gambar dg tulisannya
3.
Menggambar alat
komunikasi
4.
Melingkari
huruf vokal
|
Pembelajaran langsung
|
1.2., 2.2,
2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menunjuk dua
kumpulan benda (≠,=) , menggambar alat komunikasi , menghubungkan gambar,
keaksaraan awal |
Macam alat
komunikasi
Melingkari
huruf vokal pada kata yg sama dg vokal yg ditengah
Menunjuk dua
kumpulan benda (≠,=) Menghubungkan gambar alat komunikasi dg tulisannya
Menggambar
alat komunikasi dg media krayon putih dan pensil
|
RABU
|
Anak dapat :
1.
Mengurutkan
gambar
2.
Menyebutkan
nama alat komunikasi
3.
Menggunting
gambar
4.
Memberi tanda V pada gambar anak yang tidak
berebut dan X pada gambar anak yg berebut
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2,
2.3 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.12/4.12,
3.15/4.15
|
Macam alat
komunikasi
Memberi tanda
V pada gambar anak yang tidak berebut dan X pada gambar anak yg berebut
Menulis urutan
gambar alat komunikasi dari yg terkecil sampai terbesar
Menyebutkan
dan menuliskan nama alat komunikasi
Menggunting
gambar alat komunikasi dan menempel pada tempat yg disediakan
|
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1.
Mencari
perbedaan gambar (5)
2.
Menyebutkan
kata yg berawalan KO
3.
Mewarnai
gambar
4.
Terbiasa
berperilaku disiplin
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.8,
3.2/4.2, 3.5/4.45 3.9/4.9, 3.12/4.12, 3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mencari perbedaanbenda,
mengenal baik dan buruk, keaksaraan
awal, mewarnai gambar
|
Macam alat
komunikasi
Mencari dan
memberi tanda 5 perbedaan gambar alat komunikasi (telepon)
Mengamati
gambar suasana gambar perpustakaan,
memberi tanda TS jika tidak setuju dan S bila setuju
Menyebutkan
dan menuliskan kata yang mempunyai awalan kata “KO” (komunikasi, koran, kotak, kodok, kosong, kota, kompor
Mewarnai
gambar anak yang bersikap tertib ketika diperpustakaan
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1.
Menghafal doa
belajar
2.
Mengenal waktu
sholat
3.
Mewarnai
gambar
4.
Membilang
gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.6, 3.1/4.1, 3.2/4.2 3.14/4.14,
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mewarnai gambar,
mengenal waktu sholat, mengenal waktu.
|
Macam alat
komunikasi
Hafalan doa
belajar
Mewarnai
gambar anak yang sedang sholat
Mengenal waktu
sholat dan meniru menulis dg rapih (Subuh, dhuhur, ashar, maghrib, isya)
Menghitung jumlah anak yang tertib sholat
|
SABTU
|
Anak dapat :
1.
bermain kuda
berbisik
2.
mewarnai
gambar
3.
menyusun pola
4.
keaksaraan awal
|
Pembelajaran langsung dan tidak langsung
|
2.2, 2.5, 2.8, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mewarnai gambar,
keaksaraan awal, menyusun pola
|
Puncak Tema
Bermain “Kuda
Berbisik”
Mengenal alat
komunikasi dalam bhs inggris ( news, television, radio, phone, magazine,
letter}
Colour the
picture
Menyusun pola
gambar alat komunikasi sesuai contoh guru
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : Alat Komunikasi/ manfaat alat komunikasi
HARI
|
Tujuan
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1.
menyebutkan
manfaat alat komunikasi
2.
menghubungkan
titik titik membuat bentuk
3.
mengurutkan
cerita seri
4.
membedakan
sikap sopan dan tidak sopan
5.
menghubungkan
gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, ,2.2,
2.5 3.5/ 4.5, 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, prilaku ingin tahu, prilaku kreatif, prilaku mandiri,
mengenal emosi diri, membuat urutan bilangan 1-10,
|
Manfaat telepon
Bercakap –
cakap ttg manfaat telepon
Menghubungkan
titik – titik angka 1-10 membuat
bentuk telepon
Memberi nomer
1-4 urutan cerita gambar seri
Memberi tanda
V pada gambar anak yg sopan menerima telepon dan X yang tidak memberi warna
pada gambar anak yang sopan menerima telepon
Menghubungkan
gambar telepon dg perangkat bagian dari telepon
|
SELASA
|
Anak dapat :
1.
menyebutkan
manfaat surat
2.
menyanyikan
lagu baru
3.
membuat surat
4.
mengenal macam benda pos
5.
mengeposkan surat
|
Pembelajaran langsung
|
1.2., 2.2,
2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, membuat surat untuk
ibu kunjungan ke kantor pos
|
Manfaat surat
Bercakap cakap
tentang manfaat surat
Menyanyikan
lagu “aku tukang pos”
Membuat surat
Mengenal benda pos
Praktek langsung : mengeposkan surat ke kantor pos
|
RABU
|
Anak dapat :
1.
menyebutkan
manfaat TV
2.
membedakan
sikap benar dan tidak
3.
mengurutkan
gambar TV
4.
menccocok
gambar TV
|
Pembelajaran langsung
|
1.2., 2.2,
2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menebak kata,
keaksaraan awal, mengurutkan benda, mencocok gambar
|
Manfaat
televisi
Bercakap –
cakap tentang manfaat televisi
Memindah kata
pada kotak kata yang sudah ada huruf akhirnya
Memberi tanda
V pada anak yang benar sikap melihat TV dan X yang tidak benar
Mengurutkan
gambar TV dari yang terbesar ke yang terkecil
Mencocok
gambar bentuk TV dengan rapih
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1.
membuat kreasi
dari plastisin
2.
mencari kata
acak
3.
membandingkan
2 kumpulan benda
4.
membedakan
sikap baik dan tidak
|
Pembelajaran langsung
|
1.2., 2.2,
2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menebak kata,
menunjuk dua kumpulan benda (≥ dan≤), mengenal baik dan buruk
|
Manfaat radio
Membuat bentuk
radio dari palstisin
Mencari dan
melingkari kata pada kotak kata acak yang ada hubungan dengan radio
Memberi
tanda (≥ dan≤),pada dua kumpulan
gambar benda
Menebali kata
S pada gambar anak yang dapat berbagi mendengarkan radio dan TS yang tidak
bisa berbagi
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1.
menghafal
surat Al Asr
2.
mengenal macam
kitab suci
3.
mewarnai
gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.6, 2.14
3.1/4.1, , 3.14/4.14,
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menghubungkan
gambar dan tulisan, mengenal kitab suci, mewarnai gambar
|
Macam alat
komunikasi
Hafalan surat
AL Asr”
Memberi tanda
V pada gambar yang sesuai (Kitab Al-Qur”an) dan tanda X pada gambar yg tdk
sesuai
Menyebutkan
dan menuliskan nama kitab suci (AlQuran, Injil, taurat, tripitaka)
Mewarnai
gambar anak yang sedang rajin mengaji
|
SABTU
|
Anak dapat :
1.
memanfaatkan limbah
2.
menulis surat
3.
keaksaraan
awal
4.
bermain pasir
|
Pembelajaran langsung dan tidak langsung
|
2.2, 2.3, 2.8, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.15.4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahumengenal benda, karya seni,
|
Puncak Tema
Praktek
langsung membuat telepone dari kaleng
Membuat surat
untuk temanku
Melukis diatas pasir
Bermain tebak
kata
|