Kamis, 03 Agustus 2017

RPPH KLP B Tema Diri Sendiri Sub Tema Identitas (1 minggu)



SEMESTER/MINGGU  :  1/1
HARI/TANGGAL : Senin ,     2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri Sendiri / Identitas
KD:1.2, 2.2,2.5, 3.5/4.5, 3.6/4.6,3.7.4.7,3.12.4.12,3.15.4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Aku  ciptaan Tuhan, perkenalan diri, mewarnai gambar, berhitung, lagu “aku adalah aku”, keaksaraan awal
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap tentang identitas diri
-perkenalan
Menyanyi lagu aku adalah aku
- apersepsi
Mengamati
Menanya

Gambar anak laki laki dan anak peremouan
Anak senang menyanyi
Anak berani tampil kedepan (perkenalan)
Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti







Area Matematika
-menghitung dan menulis  umur teman ( umurku 5 tahun, umur dina….., umur andi…..)
Mengasosiasikan
Buku tugas, pensil
Anak dapat menulis angka dengan benar




Area Seni
-mewarnai gambar anak sesuai dengan jenis kelaminnya
Mengkomunikasikan
Gambar, krayon
Anak dapat mewarnai gambar sesuai jenis kelaminnya





Area baca tulis
-menulis namanya sendiri
Mengkomunikasikan
Buku tugas. pensil
Anak dapat menulis namanya sendiri tanpa bantuan





Area Musik
Menyanyikan lagu “aku adalah aku” dengan iringan tepukan meja
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
Bangku/ meja
Anak  dapat bermain music sederhana





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan        2017
            Kepala TK                                                                                                                                           Guru Klp. B






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/1
HARI/TANGGAL : Selasa  ,          2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri sendiri / Identitas
KD:1.2, 2.2,3.5/4.5, 3.6/4.6,3.7,4.7, 3.11.4.11,3.15.4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Identitas diri : nama, umur, alamat, mengurutkan angka, keaksaraan awal , mengenal sikap tertib, berkreasi dg adonan tepung
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap ttg identitas diri
- apersepsi
Mengamati
Menanya

Gambar kue ulang tahun lengkap dengan lilinnya
Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti







Area Matematika
-mengurutkan angka 1 – 10 membuat bentuk kue ulang tahun
Mengkomunikasikan
Mengumpulkan
Lembar kerja
Anak dapat mengurutkan angka dengan rapih




Area Musik
- Membuat kue ultah dari adonan tepung
Mengkomunikasikan
Adonan tepung, cetakan
Anak dapat berkreasi dg adonan tepung





Area  Baca Tulis
-melengkapi kalimat sederhana yg sudah dimulai guru (nama saya…,umur saya…dst)
Mengasosiasikan  
Buku tugas, pensil
Anak dapat melengkapi kalimat sederhana





Area  Agama
Memberi tanda  ( V)  pada gambar anak yg  tertib dan tanda ( X)  yg  tdk tertib
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
Lembar kerja
Anak mengenal perilaku tertib dan tidak tertib





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,                 2017                Kepala   TK                                                                                                                                         Guru Klp. B








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/1
HARI/TANGGAL : rabu ,          2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri Sendiri/ Identitas
KD:1.2, 2.2,2.3,2.8,3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.7,4.7,3.11.4.11,3.15.4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Identitas Diri:ciri-ciri
Membilang, bermain plastisin, memasangkan gambar, menebalkan tulisan, bermain Siapa Aku
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap ttg cirri khas/ cirri - ciriku
- apersepsi
Mengamati
Menanya

Poster AKU
Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti







Area  Matematika
-membilang/ menghitung jumlah anak laki – laki dan anak perempuan

Mengasosiasikan
Lembar kerja, pensil
Anak dapat membilang dengan benar




Area  Motorik halus
- Meniru menulis angka 11-20
Mengkomunikasikan
Buku tulis , pensil
Anak dapat meniru menulis angka 1-20





Area Seni
-membuat bentuk “AKU” dengan plastisin/ clay
Mengkomunikasikan
Plastisin/ clay
Anak dapat membuat bentuk Aku dari plastisin





Area  Bahasa
Memasangkan gambar Aku dan seragam sekolahku
Mengumpulkan
Mengasosiasikan
Lembar kerja, spidol
Anak memasangkan gambar dengan pasangannya





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,        2017               
Kepala TK                                                                                                                                           Guru Klp. B







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/11
HARI/TANGGAL : Kamis  ,  2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri Sendiri / Identitas
KD:1.2,2.2,2.3, 3.5/4.5, 3.2/4.2,3.7,4.7, 3.12/4.12,3.15,4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Identitas Diri
Perbedaan anak laki –laki dan perempuan, melipat kertas, melengkapi gambar,
Menulis/keaksaraan awal
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap ttg cirri – cirri temanku
- apersepsi
Mengamati
Menanya

Gambar anak laki – laki dan anak perempuan
Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti
-







Area Matematika
-mencari 4 perbedaan pada gambar anak laki – laki dan anak perempuan
Mengasosiasikan
Lembar kerja
Anak dapat mencari 4 perbedaan gambar




Area  Seni
- melipat bentuk seragam sekolahku
Mengkomunikasikan
Kertas lipat
Anak dapat melipat bentuk seragam sekolah





Area Baca Tulis
-menulis nama teman – teman kesayanganku
Mengasosiasikan
Buku tugas, pensil
Anak dapat menuliskan nama teman kesayangannya





Area  Motorik Halus
Melengkapi gambar temanku yang belum sempurna
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
Gambar, pensil
Anak dapat melengkapi gambar dg rapih





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,      2017               
Kepala TK                                                                                                                                           Guru Klp. B







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/1
HARI/TANGGAL : Jumat  ,             2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri Sendiri / Identitas
KD:1.2,2.4,2.5, 3.5/4.5, 3.7,4.7, 3.10/4.10, 3.12/4.12
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Identitas Diku
Rajin beribadah, sikap toleransi, memasangkan gambar, mengurutkan nomer 1- 4 pada cerita gambar seri
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap ttg  agamaku dan tempat ibadahku
- menyanyi Islam agamaku
- apersepsi
Mengamati
Menanya

Gambar Tempat ibadah
Replika tempat ibadah
Anak senang menyanyi
Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti
-







Area  Agama
-memberi warna  hijau pada gambar anak yang toleransi beragama dan merah yang tidak mempunyai toleransi agama
Mengasosiasikan
Lembar kerja, krayon hijau, krayon merah
Anak dapat mempunyai rasa toleransi, dapat membedakan sikap  toleransi dan tidak toleransi




Area  Matematika
- menghitung jumlah gambar anak yg beribadah
Mengasosiasikan
LKS, pensil
Anak dapat menghitung dengan benar





Area Bahasa
-memasangkan gambar anak dg tempat ibadah
Mengasosiasikan
LKS,  pensil, replika tempat ibadah
Anak dapat memasangkan gambar





Area  Drama
Mengurutkan cerita gambar seri dan menceritakan kembali dg ekspresi
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
Cerita gambar seri
Anak dapat mengurutkan cerita gambar seri





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,      2017               
Kepala TK                                                                                                                                           Guru Klp. B




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/11
HARI/TANGGAL : Sabtu  ,           2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri Sendiri / Identitas
KD:1.2,2.3, 3.3/4.3,3.7,4.7,3.8,4.8,3.15,4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Identitas Diri
Mengenal bahasa inggris , menggambar, jalan-jalan, lagu badan aku amat gaya, mewarnai gambar, bermain tebak siapa aku
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap ttg  alamat rumah
-Menyanyi lagu Little Indian
- apersepsi
Mengamati
Menanya
Mengasosiasikan


Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti







Area  Motorik
-- jalan – jalan disekitar lingkungan sekolah
Mengamati, Menanya
Mengkomunikasikan
Lingkungan sekitar TK
Anak dapt berlaku tertib saat jalan - jalan




Area  Motorik halus
- merwarnai gambar BOY untuk anak laki – laki dan GIRL untuk anak perempua
Mengkomunikasikan
Gambar , krayon
Anak dapat mewarnai gambar dengan rapih





Area Baca Tulis
-menyalin tulisan BOY = anak laki – laki dan GIRL = anak perempuan
Mengasosiasikan
Buku tugas, pensil
Anak dapat menyalin tulisan boy dan girl dengan benar





Area  Fisik Motorik
Bermain Tebak Siapa AKU (Si Buta)”
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
Alat music perkusi
Anak dapat menyanyi lagu “little Indian” dg music perkusi





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,       2017               
Kepala TK                                                                                                                                           Guru Klp. B