SEMESTER/MINGGU : 1/1
HARI/TANGGAL
: Senin , 2017
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB
TEMA : Diri Sendiri / Identitas
KD:1.2,
2.2,2.5, 3.5/4.5, 3.6/4.6,3.7.4.7,3.12.4.12,3.15.4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket.
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Aku ciptaan Tuhan, perkenalan diri, mewarnai
gambar, berhitung, lagu “aku adalah aku”, keaksaraan awal
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt. Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak
terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap tentang identitas diri
-perkenalan
Menyanyi lagu
aku adalah aku
- apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar anak laki laki dan anak peremouan
Anak senang menyanyi
Anak berani tampil kedepan (perkenalan)
|
Anak
dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area
Matematika
-menghitung dan menulis umur teman ( umurku 5 tahun, umur dina…..,
umur andi…..)
|
Mengasosiasikan
|
Buku tugas, pensil
|
Anak
dapat menulis angka dengan benar
|
|
|
|
|
|
Area Seni
-mewarnai gambar anak sesuai dengan jenis kelaminnya
|
Mengkomunikasikan
|
Gambar, krayon
|
Anak
dapat mewarnai gambar sesuai jenis kelaminnya
|
|
|
|
|
|
|
Area
baca tulis
-menulis namanya sendiri
|
Mengkomunikasikan
|
Buku tugas. pensil
|
Anak
dapat menulis namanya sendiri tanpa bantuan
|
|
|
|
|
|
Area
Musik
Menyanyikan
lagu “aku adalah aku” dengan iringan tepukan meja
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Bangku/ meja
|
Anak dapat bermain
music sederhana
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam
|
|
|
Sikap
berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan 2017
Kepala TK Guru
Klp. B
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/1
HARI/TANGGAL : Selasa , 2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri sendiri / Identitas
KD:1.2, 2.2,3.5/4.5, 3.6/4.6,3.7,4.7, 3.11.4.11,3.15.4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Identitas diri
: nama, umur, alamat, mengurutkan angka, keaksaraan awal , mengenal sikap
tertib, berkreasi dg adonan tepung
|
1.Penyambutan (SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg identitas diri
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar kue
ulang tahun lengkap dengan lilinnya
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area
Matematika
-mengurutkan angka 1 – 10 membuat bentuk kue ulang tahun
|
Mengkomunikasikan
Mengumpulkan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat mengurutkan angka dengan rapih
|
|
|
|
|
|
Area Musik
- Membuat kue ultah dari adonan tepung
|
Mengkomunikasikan
|
Adonan tepung,
cetakan
|
Anak dapat berkreasi dg adonan tepung
|
|
|
|
|
|
|
Area Baca Tulis
-melengkapi kalimat sederhana yg sudah dimulai guru (nama saya…,umur
saya…dst)
|
Mengasosiasikan
|
Buku tugas,
pensil
|
Anak dapat melengkapi kalimat sederhana
|
|
|
|
|
|
Area Agama
Memberi tanda ( V) pada gambar anak yg tertib dan tanda ( X) yg tdk tertib
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
|
Anak
mengenal perilaku tertib dan tidak tertib
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, 2017 Kepala
TK Guru Klp. B
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/1
HARI/TANGGAL : rabu , 2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri Sendiri/ Identitas
KD:1.2, 2.2,2.3,2.8,3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.7,4.7,3.11.4.11,3.15.4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Identitas
Diri:ciri-ciri
Membilang,
bermain plastisin, memasangkan gambar, menebalkan tulisan, bermain Siapa Aku
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg cirri khas/ cirri - ciriku
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Poster AKU
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Matematika
-membilang/ menghitung jumlah anak laki – laki dan anak perempuan
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja,
pensil
|
Anak dapat membilang dengan benar
|
|
|
|
|
|
Area Motorik halus
- Meniru menulis angka 11-20
|
Mengkomunikasikan
|
Buku tulis , pensil
|
Anak dapat meniru menulis angka 1-20
|
|
|
|
|
|
|
Area Seni
-membuat bentuk “AKU” dengan plastisin/ clay
|
Mengkomunikasikan
|
Plastisin/
clay
|
Anak dapat membuat bentuk Aku dari plastisin
|
|
|
|
|
|
Area Bahasa
Memasangkan gambar Aku dan seragam sekolahku
|
Mengumpulkan
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja, spidol
|
Anak
memasangkan gambar dengan pasangannya
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, 2017
Kepala TK Guru Klp. B
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/11
HARI/TANGGAL : Kamis , 2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri Sendiri / Identitas
KD:1.2,2.2,2.3, 3.5/4.5, 3.2/4.2,3.7,4.7, 3.12/4.12,3.15,4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Identitas Diri
Perbedaan anak
laki –laki dan perempuan, melipat kertas, melengkapi gambar,
Menulis/keaksaraan awal
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg cirri – cirri temanku
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar anak
laki – laki dan anak perempuan
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
-
|
|
|
|
|
|
|||
Area
Matematika
-mencari 4 perbedaan pada gambar anak laki – laki dan anak perempuan
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat mencari 4 perbedaan gambar
|
|
|
|
|
|
Area Seni
- melipat bentuk seragam sekolahku
|
Mengkomunikasikan
|
Kertas lipat
|
Anak dapat melipat bentuk seragam sekolah
|
|
|
|
|
|
|
Area Baca Tulis
-menulis nama teman – teman kesayanganku
|
Mengasosiasikan
|
Buku tugas,
pensil
|
Anak dapat menuliskan nama teman kesayangannya
|
|
|
|
|
|
Area Motorik Halus
Melengkapi gambar temanku yang belum sempurna
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Gambar, pensil
|
Anak dapat
melengkapi gambar dg rapih
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, 2017
Kepala TK Guru Klp. B
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/1
HARI/TANGGAL : Jumat , 2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri Sendiri / Identitas
KD:1.2,2.4,2.5, 3.5/4.5, 3.7,4.7, 3.10/4.10, 3.12/4.12
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Identitas Diku
Rajin
beribadah, sikap toleransi, memasangkan gambar, mengurutkan nomer 1- 4 pada
cerita gambar seri
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg agamaku
dan tempat ibadahku
- menyanyi Islam agamaku
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar Tempat ibadah
Replika tempat
ibadah
Anak senang
menyanyi
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
-
|
|
|
|
|
|
|||
Area Agama
-memberi warna hijau pada gambar
anak yang toleransi beragama dan merah yang tidak mempunyai toleransi agama
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja, krayon hijau, krayon merah
|
Anak dapat mempunyai rasa toleransi, dapat membedakan sikap toleransi dan tidak toleransi
|
|
|
|
|
|
Area Matematika
- menghitung jumlah gambar anak yg beribadah
|
Mengasosiasikan
|
LKS, pensil
|
Anak dapat menghitung dengan benar
|
|
|
|
|
|
|
Area Bahasa
-memasangkan gambar anak dg tempat ibadah
|
Mengasosiasikan
|
LKS, pensil, replika tempat ibadah
|
Anak dapat memasangkan gambar
|
|
|
|
|
|
Area Drama
Mengurutkan cerita gambar seri dan menceritakan
kembali dg ekspresi
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Cerita gambar
seri
|
Anak dapat mengurutkan cerita gambar seri
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, 2017
Kepala TK Guru
Klp. B
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/11
HARI/TANGGAL : Sabtu , 2017
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Diri Sendiri / Identitas
KD:1.2,2.3, 3.3/4.3,3.7,4.7,3.8,4.8,3.15,4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Identitas Diri
Mengenal
bahasa inggris , menggambar, jalan-jalan, lagu badan aku amat gaya, mewarnai
gambar, bermain tebak siapa aku
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg alamat
rumah
-Menyanyi lagu Little Indian
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
Mengasosiasikan
|
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Motorik
--
jalan – jalan disekitar lingkungan sekolah
|
Mengamati, Menanya
Mengkomunikasikan
|
Lingkungan sekitar TK
|
Anak dapt
berlaku tertib saat jalan - jalan
|
|
|
|
|
|
Area Motorik halus
- merwarnai gambar BOY untuk anak laki – laki dan GIRL untuk anak
perempua
|
Mengkomunikasikan
|
Gambar ,
krayon
|
Anak dapat mewarnai gambar dengan rapih
|
|
|
|
|
|
|
Area Baca Tulis
-menyalin tulisan BOY = anak laki – laki dan GIRL = anak perempuan
|
Mengasosiasikan
|
Buku tugas,
pensil
|
Anak dapat menyalin tulisan boy dan girl dengan benar
|
|
|
|
|
|
Area Fisik Motorik
Bermain Tebak Siapa AKU (Si Buta)”
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Alat music
perkusi
|
Anak dapat menyanyi lagu “little Indian” dg music perkusi
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, 2017
Kepala TK Guru Klp. B