RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU :
2/.....
HARI/TANGGAL
: Senin,......
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/
Tempat Rekreasi
Sentra : Seni Budaya
KD: 1.2, 2.2,2.6, 2.12, 3.5/4.5,3.7, 4.7,
3.8, 4.8,3.11.4.11, 3.12, 4.12,3.14,4.14 3.15, 4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket./ Metode
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,melipat, menggmbar, kolase, member nama/ keaksaraan awal
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
||
Ø Doa Pag iBersama
|
P. Tugas
|
|
|
|
Semua
|
|
||
Ø Fisikmotorik
|
Demonstrasi
|
|
|
Semua
|
|
|||
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
||||
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
||||
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
|||
|
Doa sebelum Makan
|
P. Tugas
|
Sikap
berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|
|
Makan
Bersama
|
P.Tugas
|
|
Sikap makan
|
|
|
Semua
|
|
|
Bermain
Bebas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Story telling
|
Bercerita
|
Buku cerita
|
Dpt bercerita
|
|
|
|
|
|
Review materi
|
Tanya jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
BedahTema
|
Bercakap - cakap
|
gambar
|
Dpt menjawab
|
|
|
|
|
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Melipat dan menempel bentuk perahu
|
mengkomunikasikan
|
Kertas lipat lem buku merekat
|
Anak dapat melipat dan menempel
|
Vandi
Ardi,
kanza
|
Eka,
rafael,
arung
|
Rayhan , beril,abril,
,yusuf,zafira
|
Mario, risa fatah,rere, intan,aira
|
|
Menggambar tempat rekreasi yang disukai
|
mengkomunikasikan
|
Kertas Gambar, krayon
|
Anak dapat menggambar tempat rekreasi
|
|
|
Semua
|
|
|
.Kolase
gambar istana pasir
|
mengkomunikasikan
|
Gambar, sobekan kertas, lem
|
Anak dapat membuat gambar dg tehnik kolase
|
|
|
lainnya
|
Abril,rayhan,rere, yusuf, intan,
|
|
Memberi nama tempat rekreasi kesukaan dengan media spidol
|
Mengasosiasikan
|
Gambar
|
Anak dpt membeei nama tempat rekreasi
|
|
|
Semua
|
|
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa salam pulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Kelompok …
|
|
GURU
SENTRA Seni Budaya
|
|
Mengetahui
Kepala
TK
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU :
2/.....
HARI/TANGGAL
: Selasa,......
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
Sentra : Rancang Bangun/ Balok
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/
Alat Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/
4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket./
Metode
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
||
Ø Doa Pag iBersama
|
P. Tugas
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|
Ø Fisikmotorik
|
P. Tugas
|
Antusias
|
|
|
Semua
|
|
||
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
||||
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
||||
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
|||
|
Doa sebelum Makan
|
P.Tugas
|
Sikap
berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|
|
Makan
Bersama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bermain
Bebas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Story telling
|
Bercerita
|
Gambar
|
Dpt bercerita
|
|
|
Semua
|
|
|
Review materi
|
Tanya Jawab
|
Gambar
|
|
|
|
|
|
|
BedahTema
|
|
Gambar
|
Dpt menjawab
|
|
|
Semua
|
|
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Membuat perahu nelayan dari balok
|
Mengkomunikasikan
|
blok
|
Anak dapat membuat perahu dari balok
|
|
|
Semua
|
|
|
2.
Memasangkan
benda sesuai dengan bentuk geometri
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat memasangkan gambar
|
|
|
Semua
|
|
|
3.
Menebali
lingkaran untuk gambar benda yang ada
di pantai dan kotak untuk benda yang tidak ada di pantai
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat mengelompokkan gambar berdasarkan
fungsinya
|
|
|
Semua
|
|
|
4.
Menghitung
jumlah benda yang berbentuk geometri yang ada di pantai
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dpt menghitung benda
|
|
|
Semua
|
|
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa, salam pulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA Rancang Bangun
|
|
Mengetahui
Kepala
TK Negeri Pembina Kawedanan
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU :
2/.....
HARI/TANGGAL
: Rabu,......
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
Sentra : Alam
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/
Alat Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/
4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket./
Metode
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
|||||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
|||||||
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Ø Doa Pag iBersama
|
P. Tugas
|
|
Sikap Berdoa
|
|
|
Semua
|
|
||||
Ø Fisik
motorik
|
Demonstrasi
|
|
|
Semua
|
|
||||||
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
|||||||
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|||||||
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
||||||
|
Doa sebelum Makan
|
Sikap
berdoa
|
Ardi vandy
|
|
lainnya
|
|
|||||
|
Makan Bersama
|
|
|
Sikap Makan
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
Bermain
Bebas
|
|
|
Kerjasama
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Story telling
|
Bercerita
|
|
Dpt menceritakan
|
|
|
SEmua
|
|
|||
|
Review materi
|
Tanya Jawab
|
|
Dpt menjawab pertanyaan
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
BedahTema
|
Bercakap- cakap
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Menakar pasir dengan gelas plastik
|
mengasosiasikan
|
Gelas plastic, pasir
|
Anak dapat menakar
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
Menghitung
jumlah kerang
|
mengasosiasikan
|
kerang
|
Anak dapat menghitung kerang
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
Membuat istana
pasir
|
mengkomunikasikan
|
pasir
|
Anak dapat membuat istana pasir
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
Meniup plastik
gula (dijadikan pelampung)
|
mengkomunikasikan
|
Plastic gula
|
Anak dpt membuat meniup plastik
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Doa, salampulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA ALAM
|
|||||||||
|
Mengetahui
Kepala
TK Negeri Pembina Kawedanan
|
|
|||||||||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU :
2/.....
HARI/TANGGAL
: Kamis ......
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
Sentra : IMTAQ
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/Alat
t Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/
4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket./
Metode
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
|||||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
|||||||
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Ø Doa Pag iBersama
|
P. Tugas
|
|
Sikap Berdoa
|
|
|
Semua
|
|
||||
Ø Fisikmotorik
|
Demonstrasi
|
Antusias
|
|
|
Semua
|
|
|||||
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
|||||||
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|||||||
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
||||||
|
Doa sebelum Makan
|
Sikap
berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|||||
|
Makan Bersama
|
|
|
Sikap makan
|
|
|
|
|
|||
|
Bermain
Bebas
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Story telling
|
Bercerita
|
|
Dpt. Menceritakan
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
Review materi
|
Tanya jawab
|
|
Dpt menjawab pertanyaan
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
BedahTema
|
Bercakap - cakap
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
1.
Menebali
huruf (T) tempat rekreasi ciptaan Tuhan dan huruf (M) yg bukan
|
mengasosiasikan
|
Lembar Kerja
|
Anak dapat membedakan ciptaan Tuhan
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
2.
Mewarnai
gambar anak yang dapat menjaga kebersihan pantai
|
mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat
menunjukkan sikap tanggung jawab
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
3.
Mewarnai
kaligrafi “ Al/Ghaniy) dg tehnik garis
|
mengkomunikasikan
|
Gambar, spidol
|
Anak dapat mewarnai kaligrafi
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
4.
Membilang menghitung gambar benda di pantai (angka
arab)
|
mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dpt menghitung gambar
|
|
|
lainnya
|
Abril, rere rahan yusuf
|
|||
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Refleksi
|
Bercakap - cakap
|
|
Dpt menjawab
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Doa, salampulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA Seni Budaya
|
|||||||||
|
Mengetahui
Kepala
TK Negeri Pembina Kawedanan
|
|
|||||||||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU :
2/.....
HARI/TANGGAL
: Jumat,......
Sentra : Persiapan
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/
Tempat Rekreasi
KD:
1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket./
Metode
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
|||||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
|||||||
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Ø Doa Pag iBersama
|
P.Tugas
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
Semua
|
|
||||
Ø Fisikmotorik
|
Demonstrasi
|
Kaset/CD
|
Antusias ikut senam
|
|
|
Semua
|
|
||||
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
|||||||
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|||||||
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
||||||
|
Doa sebelum Makan
|
P.Tugas
|
Sikap
berdoa
|
|
|
Semua
|
|
||||
|
Makan
Bersama
|
P.Tugas
|
|
Sikap makan
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
Bermain
Bebas
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Story telling
|
Bercerita
|
Buku cerita
|
Dpt menceritakan
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
Review materi
|
Tanya awab
|
Gambar
|
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
BedahTema
|
Bercakap- cakap
|
gambar
|
Dpt menjawab
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Memberi warna kuning pada ember
yg isinya pasir sedikit dan warna hijau untuk ember yg isinya pasir banyak
|
mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat membandingkan
|
|
|
|
|
|||
|
Menyebutkan
dan menuliskan tempat rekreasi
|
Mengumpulkan informasi
|
Buku tugas, pensil
|
Anak dapat menyebutkan dan menulis
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
Menghitung
jumlah benda yang ada di pantai (sesuai gambar)
|
mengasosiasikan
|
Buku penunang
|
Anak dapat menghitung
|
|
|
Semua
|
|
|||
|
Melingkari
kata yang ada hubungannya dg pantai dikotak huruf acak
|
mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dpt melingkari kata
|
|
|
lainnya
|
|
|||
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Doa, salampulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA Persiapan
|
|||||||||
|
Mengetahui
Kepala
TK
|
|
|||||||||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU :
2/.....
HARI/TANGGAL
: Sabtu,......
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/
Tempat Rekreasi
KD:
1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket./
metode
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
||
Ø Doa Pag iBersama
|
P. Tugas
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|
Ø Fisikmotorik
|
Demonstrasi
|
CD
|
Antusias
|
|
|
Semua
|
|
|
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
||||
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
||||
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
|||
|
Doa sebelum Makan
|
P.Tugas
|
Sikap
berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|
|
Makan
Bersama
|
P.Tugas
|
|
Sikap makan
|
|
|
Semua
|
|
|
Bermain
Bebas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Story telling
|
Bercerita
|
Buku cerita
|
Dpt bercerita
|
|
|
Semua
|
|
|
Review materi
|
Tanya jawab
|
Gambar
|
Dpt menjawab pertanyaan
|
|
|
Semua
|
|
|
BedahTema
|
Bercerita
|
Gambar
|
|
|
|
|
|
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Praktek langsung : menangkap ikan di kolam
|
mengkomunikasikan
|
Kolam ikan, ikan
|
Anak berani menangkap ikan
|
|
|
Lainnya
|
Rayhan,beril, Rafael, fatah
|
|
Menghitung jumlah ikan tangkapan
|
mengasosiasikan
|
Ikan, ember plastik
|
Anak dapat menghitung jumlah ikan
|
|
|
Semua
|
|
|
Menggambar ikan
|
mengkomunikasikan
|
Buku gambar krayon
|
Anak dapat menggambar
|
|
|
Semua
|
|
|
Mewarnai gambar ikan
|
Mengkomuniukasikan
|
Gambar ikan
|
Anak dpt mewarnai gabar
|
|
|
Semua
|
|
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa, salampulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA Pengembangan Diri
|
|
Mengetahui
Kepala
TK
|
|