RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN /
KELOMPOK B
TEMA :
TANAH AIR/ NEGARAKU
HARI
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
1.1, 2.2,2.3 ,
3.5/ 4.5, 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Negaraku ciptaan Tuhan, bendera Indonesia, hadist
mencintai negara, lagu bendera merah putih, perbuatan baik dan buruk
|
Negaraku :
Negaraku
ciptaan Tuhan, bercakap – cakap tentang negara indonesia/ bendera indonesia.
Menirukan
menulis hadist mencintai negara ( Cinta Negara adalah sebagaian dari iman),
mewarnai
gambar pejuang memegang bendera,
memberi tanda
V pada gambar anak yang bersikap hormat pada bendera dan tanda X yang tidak
hormat.
Menghitung
jumlah gambar bendera merah putih pada kumpulan gambar macam – macam bendera
Menyanyi lagu
Bendera Merah Pitih
|
SELASA
|
1.2., 2.2, 3.5/ 4.5 3.6/4.6, 3.11/4.11, 3.15/4.15
|
Lambang negara
mengenal suara huruf dari benda, mewarnai gambar burung garuda , menghitung benda, menebalkan huruf, membedakan gambar
|
Lambang Negara
: Burung Garuda
Bercakap-
cakap tentang lambang negara
Mewarnai gambar
burung garuda
Menghitung
jumlah bulu pada gambar burung garuda
Menghubungkan
gambar dengan tulisannya
Memberi warna
hijau pada gambar burung ciptaan Tuhan dan warna merah yang bukan ciptaan
Tuhan
|
RABU
|
1.2, 2.6, 2.8,
3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.11/4.11, 3.12/4.12,
3.15/4.15
|
Ibu Kota
Negara , tugu/ Monumen Nasional/ Monas, mengurutkan gambar benda, mencari
kata awalan Ja , memberi warna hijau sikap baik dan buruk
|
Ibu Kota
Negara
Bercakap –
cakap tentang ibu kota negara : Jakarta
Membuat
monumen nasional (Monas) dari plastisisn/ clay
Mengurutkan
gambar monas dari yang terkecil – gambar terbesar
Menyebutkan
dan menuliskan kata yang mempunyai awalan Ja: Jakarta, Jago, Jalan, Jantung, Jagung, Jambu, Jasa, Janji
Meembuat monas dari balok
|
KAMIS
|
1.2, 2.2, 2.3,
3.6/4.6, 37/4.7, 3.11/4.11 3.15/4.15
|
Presiden &
wakil Presiden :
Melipat bentuk
sederhana, tanya jawab, menebalkan huruf, Maze, lagu aku anak indonesia,
membedakan benar salah
|
Presiden dan
wakil Presiden
Tanya jawab
tentang nama presiden dan wakil presiden indonesia
Menyanyi lagu
aku anak Indonesia
Melipat bentuk
pigura untuk menempel foto presiden Indonesia
Mencari jejak
jalan menuju istana negara
foto presiden
dan tanda X yang salah memasang foto presiden Memberi tanda V pada gambar
anak yang benar memasang
Menebalkan
huruf nama presiden dan wakil presiden
sesuai gambar
|
JUMAT
|
1.2, 2.4, 2.5,
3.5/4.5, 3.10/4.10, 3.12/4.12
|
Dasar Negara :
Pancasila
Membaca sila
pancasila, memberi nomer dengan urut 1-5,
lagu garuda pancasila, mengelompokkan gambar, mencari kata yang
mempunyai akhiran A
|
Dasar Negara
Membaca sila – sila dari pancasila
Menghubungkan
gambar sila pancasila dengan urutan angka 1 – 5
Memberi warna
merah pada gambar sila pancasila pada kumpulan gambar lainnya
Menyebutkan
dan menuliskan kata yang mempunyai akhiran A : Garuda, pancasila, juara, bendera, jakarta, kota, selasa, mata,kaca
Menyanyi lagu
garuda pancasila
|
SABTU
|
2.3, 2.8, 3.3/4.3, 3.15/4.15
|
Merangkai
bendera merah putih , kolase monas, mewarnai gambar burung garuda dengan
media spidol.
|
Puncak Tema
Negaraku :
Merangkai
bendera merah putih plastik/ kertas untuk hiasan gantung teras kelas.
Kolase tugu
monas dengan media sobekan kertas
Mewarnai
gambar burung garuda dengan media spidol
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : TANAH AIR/ Budaya
HARI
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
1.2, 2.2, 2.5, 3.5/4.5, 3.7/4.7, 3.12/4.12,
3.15/4.15
|
Budaya Indonesia;
Lagu suku bangsa, menulis suku bangsa
Menebalkan huruf,
menghormati agama orang lain, rumah adat
|
Budaya Indonesia :
Bercakap – cakat tentang suku bangsa indonesia
Menyanyi lagu suku bangsa
Menyebutkan dan menuliskan suku bangsa yang
dikenal anak
Menebalkan kata Islam bila anak beragama islam dan
kristen bila anak beragama kristen pada gambar yang ada
Mewarnai gambar anak beribadah sesuai dengan agama yang
dianutnya
Menyusun pola rumah adat sesuai dengan urutannya
|
SELASA
|
1.2, 2.2, 2.6, 3.5/4.5, 3.7/4.7, 3.11/4.11,
3.14/4.14, 3.15/4.15
|
Karnafal : Peringatan Hari Besar Nasional
Mematuhi tata tertib, menghitung benda/ gambar,
mewarnai gambar, mengurutkan cerita gambar seri
|
Karnaval :Peringatan Hari Besar Nasional
Memberi warna hijau pada gambar anak yg tertib
dalam barisan karnaval dan warna merah yang tidak tertib
Menghitung jumlah anak yang tertib dalam barisan
karnaval
Mengurutkan gambar 1 – 4 pada cerita gambar seri
Mewarnai gambar cerita gambar seri
|
RABU
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9,
3.12/4.12/3.15/4.15
|
Seni Budaya
Membedakan sikap baik dan buruk, melipat bentuk
kipas, menceritakan gambar, menghubungkan gambar dan tulisan/ alat musik
|
Seni Budaya
Bercakap – cakap tentang seni budaya indonesia
Melipat bentuk kipas menempelkan pada gambar
penari kipas
Menebalkan tulisan baik pada sikap anak yg baik
dan buruk bila sikapnya buruk
Menghubungkan gambar alat musik dengan tulisannya (gamelan,
seruling, angklung, kolintang)
|
KAMIS
|
1.2, 2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.10/4.10, 3.15/4.15
|
Seni Budaya
Membatik, mengelompokkan gambar, memasangkan
gambar baju adat dengan tulisannya, meniru lambang bilangan 1 - 10
|
Seni Budaya :
Tanya jawab tentang baju adat
Meneruskan gambar batik sesuai contoh gambar
Meneglompokkan gambar alat untuk membatik
Memasangkan gambar baju adat dengan tulisannya (
jawa, bali, betawi, madura)
Membantu menuliskan nomor urut peserta lomba
busana daerah 1 - 10
|
JUMAT
|
1.2, 2.2, 2.6, 3.1/4.1, 3.2/4.2, 3.5/4.5.
3.15/4.15
|
Agama di Indonesia
Mengenal macam agama di Indonesia
Memasangkan gambar, mengenal sikap baik dan buruk,
mewarnai gambar
|
Agama di Indonesia:
Menyebutkan dan menuliskan agama di Indonesia
(isla, kristen,/katolik, hindu, budha)
Memasangkan gambar anak yg mau beribadah dengan
gambar tempat ibadah (masjid, gereja, pura, wihara)
memberi tanda V pada gambar anak yg tidak
mengganggu temannya beribadah dan X yang
mengganggu,
mewarnai
gambar anak yang tidak mengganggu temannya beribadah
|
SABTU
|
1.2, 2.2, 2.4, 3.3/4.3, 3.15/4.15
|
Band sekolah
|
Puncak Tema Negaraku :
Praktek langsung membuat alat musik dari limbah. (
membuat alat musik perkusi botol diisi dengan biji- bijian, botol diisi denga
air yang tingginya tidak sama, membuat gitar dari kardus sepatu yang diberi
tali/karet/ pentil, membuat drum dari kaleng susu/ roti bekas) anak – anak
menyanyi dan memainkan musik bersama
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : TANAH AIR/ Kehidupan di kotaku/ desaku
HARI
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
1.1, 2.5, 2.6, 3.2/4.2, 3.5/4.5, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Kotaku : Magetan
Menceritakan pengalaman, menggambar kotaku, mengenal
perbuatan baik dan buruk, menghitung benda, melengkapi kalimat
|
Kotaku Magtan:
Berbagi pengalaman pergi ke alun – alun magetan
Menggambar kota magetan
Memberi warna hijau pada gambar anak yang menjaga
kebersihan lingkungan alun – alun dan merah yg tidak
Menghitung jumlah anak yang tertib/ menjaga
lingkungan dan yang tidak tertib/ tidak menjaga lingkungan
|
SELASA
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.7/4.7,
3.12/4.12
3.15/4.15
|
Kehidupan didesa:
Membuat gubuk dari batang korek api, menghitung
benda, mengelompokkan gambar, membuat kata dg awalan pe
|
Kehidupan didesa :
Bercakap – cakap tentang petani di desaku
Membuat gubuk petani dari batang korek api sesuai
sketsa gambar
Menghitung jumlah batang korek api yg dibuat gubuk
petani
Memberi warna merah pada gambar alat yang digunakan petani
Menyebutkan dan menuliskan kata yang berwalan pe : Petani, pelayan, pemburu, penjahit,
peluru, pedati, pendekar, pedagang
|
RABU
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.10/4.10,
3/15/4.15
|
Kehidupan di desa :
Menggambar ikan , mewarnai gambar, menghitung
benda, cerita gambar seri
|
Desaku:
Bercakap – cakap tentang nelayan didesaku
Menggambar ikan pada jala nelayan
Mewarnai gambar nelayan yang sedang menjala ikan
dg media krayon / pastel
Menghitung jumlah ikan tangkapan nelayan
Mengurutkan cerita gambar seri 1- 4 kegiatan
nelayan
|
KAMIS
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.10/4.10,
3/15/4.15
|
Produk unggulan desaku
Membedakan benda/ gambar, menceritakan
gambar, menghubungkan hasil olahan
kulit,
|
Produk unggulan desaku :
Tanya jawab tentang olahan kulit
Mencari 4
perbedaan pada 2 gambar pabrik
kulit
Menceritakan gambar desaku yang kucinta
Menghubungkan hasil olahan kulit
Membuat gambar tas kulit dg media krayon putih dan
pensil
|
JUMAT
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.12/4.12
3/15/4.15
|
Kehidupan didesaku : gotong royong mewarnai
gambar, menghitung gambar/ benda, menyebutkan nama benda
|
Kehidupan didesaku : gotong royong
Mewarnai gambar kegiatan kerja bakti didesa
Menghitung jumlan anak yang mau bekerja bakti dan
jumlah anak yang tidak mau kerja bakti
Menyebutkan dan menulis nama alat kebersihan
|
SABTU
|
1.1, 1.2, 2.2, 2.3, 2.6, 3.6/4.6. 3.7/4.7.
3.15/4.15
|
Jalan – Jalan : mengenal lingkungan
|
Puncak Tema Kehidupan di desaku :
Jalan –
jalan sambil mengamati apa yang ditemui di jalan.
Menuliskan / menggambar pengalaman jalan – jalan
Bermain tebak
gambar
|