SEMESTER/MINGGU : 2/11
HARI/TANGGAL
: Selasa , 2017
KELOMPOK/USIA
: A/ 4-5tahun
TEMA/SUB
TEMA : Alat Komunikasi / manfaat alat
komunikasi
KD: 1.2, ,2.2, 2.5 3.5/ 4.5, 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket.
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Sikap
bersyukur/ menghargai, prilaku ingin tahu, prilaku kreatif, mengelompokkan gambar, melengkapi angka, bermain plastisin
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt. Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak
terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap ttg manfaat alat komunikasi
- apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar
alat komunikasi
(HandPhone)
|
Anak
dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area
Matematika
- Melengkapi angka
0-9 pada keyboard
telepon
|
Mengasosiasikan
|
Lembar
kerja,
pensil
|
Anak
dapat melengkapi angka 0 -9 pada keyboard telepon
|
|
|
|
|
|
Area Bahasa
- Memberi
nomer 1-4 urutan cerita gambar seri “menelepon nenek”
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja, pensil
|
Anak
dapat mengurutkan cerita gambar seri
|
|
|
|
|
|
|
Area
Baca tulis
- membuat bentuk telepon dari plastisin
|
Mengasosiasikan
Mengkomunikasikan
|
Plastisin
|
Anak
dapat berkreasi dengan plastisin
|
|
|
|
|
|
Area
Agama
Memberi tanda
V pada gambar anak yg sopan menerima telepon dan X yang tidak memberi warna
pada gambar anak yang sopan menerima telepon
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja, krayon
|
Anak dapat
mengenal sikap sopan santun ?menghargai orang lain
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam
|
|
|
Sikap
berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, 2017 Kepala
TK Guru Klp. A
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 2/11
HARI/TANGGAL : selasa , 2017
KELOMPOK/USIA : A/ 4-5 tahun
TEMA/SUB TEMA : Alat Komunikasi / manfaat alat komunikasi
KD: 1.2., 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.123.15/4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Sikap
bersyukur/ menghargai, menebali
kata, bermain plastisin, mengurutkan gambar, bermain musik
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg manfaat alat komunikasi
Menyanyi aku tukang pos
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar alat komunikasi
Benda/ alat komunikasi (surat)
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
Anak senang
menyanyi
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Motorik halus
- Menebali kata kentungan
|
Mengkomunikasikan
|
Buku hsil
karyaku hal 21
|
Anak dapat menebali dg rapih
|
|
|
|
|
|
Area Matematika
Mengurutkan gambar kentungan dari yang terkecil
sampai terpanjang
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja,
pensil
|
Anak dapat mengurutkan gambar
|
|
|
|
|
|
|
Area Seni
- Membuat kentongan dari
plastisin
|
Mengkomunikasikan
|
Tanah liat
|
Anak dapat berkreasi dg bahan alam
|
|
|
|
|
|
Area Agama
Praktek langsung membunyikan kentungan
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
kentongan
|
Anak bias
menirukan membunyikan kentongan
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, 2017 Kepala
TK Guru Klp. A
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 2/11
HARI/TANGGAL : rabu , 2017
KELOMPOK/USIA : A/ 4-5 tahun
TEMA/SUB TEMA : Alat Komunikasi / manfaat alat komunikasi
KD: 1.2., 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.123.15/4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Sikap
bersyukur/ menghargai, keaksaraan awal, mencocok gambar, menceritakan
gambar, bersikap rukun
|
1.Penyambutan (SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg Televisi
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar alat komunikasi
Televisi
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|
||
Area Bac Tulis
- Menebali kata menjaga kesehatan mata
|
Mengasosiasikan
|
Buku lincah
dan sehat hal 18
|
Anak dapat menebali dengan rapih
|
|
|
|
|
|
Area Agama
- Memberi tanda M pada
anak yang benar sikap melihat TV dan T yang
tidak benar
|
Mengasosiasikan
|
Buku suka
berteman hl 18
|
Anak dapat mengenal sikap benar dan salah
|
|
|
|
|
|
|
Area Seni
- Mencocok gambar bentuk TV dengan rapih
|
Mengkomunikasikan
|
Gambar, jarum
cocok
|
Anak dapat mencocok gambar dg rapih
|
|
|
|
|
|
Area Matematika
Mengelompokkan gambar yang berbetuk geometri
|
Mengumpulkan
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja, pensil
|
Anak mengelompokkan
gambar
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, 2017 Kepala
TK Guru Klp. A
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 2/11
HARI/TANGGAL : Jumat , 2017
KELOMPOK/USIA : A/ 4-5 tahun
TEMA/SUB TEMA : Alat Komunikasi / manfaat alat komunikasi
KD: 1.2., 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.123.15/4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Sikap bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu,
prilaku kreatif, menghitung benda, menebali kata, keaksaraan awal
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg manfaat alat komunikasi radio
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar alat komunikasi
Benda/ alat komunikasi Radio
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|
||
Area
Matematika
- Menghitung gambar alat komunikasi
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat menghitung dg benar
|
|
|
|
|
|
Area Baca Tulis
Meniru menulis kata yang mempunyai awalan RA radio,
raja, ratu, rasa, ramah
|
Mengkomunikasikan
|
Buku tugas,
pensil
|
Anak dapat meniru menulis kata dg awalan RA
|
|
|
|
|
|
|
Area Seni
- Menjiplak bentuk
radio
|
Mengkomunikasikan
|
Gambar, krayon
|
Anak dapat menjiplak gambar dg rapih
|
|
|
|
|
|
Area Balok
Bermain balok
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Balok
|
Anak dapat berkreasi
dg balok
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, 2017 Kepala
TK Guru Klp. A
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 2/11
HARI/TANGGAL : Sabtu , 2017
KELOMPOK/USIA : A/ 4-5tahun
TEMA/SUB TEMA : Alat Komunikasi / manfaat alat komunikasi
KD: 1.2., 2.2, 2.3, 2.8,
3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.15.4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menghubungkan
gambar dan tulisan, mengenal kitab suci, mewarnai gambar
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg manfaat alat komunikasi
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar
alat komunikasi
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|
||
Area IPA/SAINS
- Praktek langsung membuat telepone dari kaleng
|
Mengkomunikasikan
|
Kaleng bekas
susu, lem, kertas pembungkus, benang, tusuk gigi
|
Anak dapat membuat mainan telepon sendiri
|
|
|
|
|
|
Area Seni
Mewarnai gambar anak yang sedang rajin mengaji
|
Mengasosiasikan
mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
krayon
|
Anak dapat mewarnai gambar dg rapih
|
|
|
|
|
|
|
Area Motorik halus
- Menggambar alat komunikasi
diatas pasir
|
Mengkomunikasikan
|
pasir
|
Anak dapat menggambar di atas pasir
|
|
|
|
|
|
Area Baca Tulis
Menempel kartu kata sesuai gambar (senang – sedih)
|
Mengumpulkan
Mengasosiasikan
|
Buku mengenal
kalimat pendek hal 19
|
Anak dapat menempel
kartu kata dg benar
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, 2017 Kepala
TK Guru Klp. A