STRUKTUR KURIKULUM
TAMAN KANAK-KANAK “HEBAT”
Bidang/Aspek Perkembangan
|
Ranah Pengembangan
|
Alokasi Waktu
|
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
||
Nilai Moral dan Agama
|
KI. 1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
KI. 2:
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis,
percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu
menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga,
guru, dan teman.
KI. 3: Mengenal diri, keluarga, teman, guru,
lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan
satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indera (melihat, men-dengar,
menghidu, me-rasa, meraba), mena-nya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi/mengasosiasikan, dan mengkomu-nikasikan melalui kegiatan main
KI 4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
|
1.1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
Alokasi waktu pembelajaran dalam seminggu
sebanyak 6 hari @ 3,5
jam @ 30 menit
|
1.2. Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada
Tuhan.
|
|||
Motorik
|
2.1. Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
||
2.2. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
|||
2.3. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
|||
2.4. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
|||
2.5. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri.
|
|||
Sosial Emosional
|
2.6. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan
|
||
2.7. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar
ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
|||
2.8. Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
|||
2.9. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta
bantuannya
|
|||
2.10. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
|
|||
Kognitif
|
2.11. Memiliki
perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
||
2.12. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
|||
2.13. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman
|
|||
3.1. Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
|
|||
3.2. Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
|||
3.3. Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus
|
|||
3.4. Mengetahui
cara hidup sehat
|
|||
3.5. Mengetahui
cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
|||
3.6. Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
|||
3.7. Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
|
|||
3.8. Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|||
3.9. Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
|
|||
3.10. Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
|||
3.11. Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
|||
3.12. Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
|
|||
3.13. Mengenal
emosi diri dan orang lain
|
|||
3.14. Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
|||
3.15. Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
|||
|
4.1. Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
||
4.2. Menunjukkan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
|||
4.3. Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
|||
4.4. Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
|||
4.5. Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
|
|||
4.6. Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
melalui berbagai hasil karya
|
|||
4.7. Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
|
|||
4.8. Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|||
|
4.9. Menggunakan
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
||
4.10. Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
|||
4.11. Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
|||
4.12. Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
|||
4.13. Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
|||
4.14.
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
|||
4.15. Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
|||
Ekstra Kurikuler :
|
Mengikuti
kegiatan ekstra kurikuler yang telah disiapka lembaga sesuai dengan waktu
yang telah ditentukan
|
1. TPA (bagi anak
muslim) dan kgt rohani ( anak yang non mulim)
2. Drum Band
3. Melukis
4. Menari
5. Berenang
6. UKS
7. komputer
|
PRODRAM semester TK “HEBAT”
Tahun 2015 - 2016
No
|
Tema
|
Sub. Tema
|
kompetensi
dasar (KD)
|
Waktu
|
SEMESTER
I
|
||||
1
|
Diri Sendiri
|
1.
identitas (tubuhku, ciri – ciri)
2.
kesukaanku/ hobby
3.
kebutuhanku (makanan,
minuman, pakaian)
|
1.1. Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.2.Menghargai diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
2.1 memiliki perilaku hidup sehat
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.8 memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.1 / 4.1 Mengenal Kegitan beribadah sehari – hari
3,3./4,3 Mengenal anggota tubuh , fungsi dan gerakannya untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.4/4.4 Mengetahui cara hidup sehat
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam (hewan. Tanaman, cuaca, tanah, air, dll)
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.14/4.14 Mengenal kebutuhan dan keinginan dan minat diri
|
Minggu pertama
bulan agustus sampai minggu kedua bulan
september 2015 (5 minggu)
Cat” minggu
ketiga bulan agustus peringatan HUT RI
|
2.
|
Lingkunganku
|
1.
rumahku ( alamat rumah, yang
tinggal di rumah : keluargaku)
2.
sekolahku ( alamat sekolahku,
yang ada di sekolahku : kepala TK, guru, teman,dll)
3.
tempat wisata di
tempatku : telaga sarangan)
|
1.1 Mempercayai
adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.8 memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.2/4.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak
mulia
3.7/4.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman,
tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.15/4.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
Minggu ketiga bulan
september sampai minggu ketiga bulan okyober 2015 ( 4 minggu)
|
3
|
Tanaman
|
1.
buah : pisang, mangga
2.
sayur : bayam/ wortel
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.1 memiliki perilaku hidup sehat
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
3.4/4.4 Mengetahui cara hidup sehat
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari –
hari dan bersikap kreatif
3.6/ 4.6 Mengenal benda – benda disekitarnya (nama,
warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri – ciri
lainnya)
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam (hewan. Tanaman,
cuaca, tanah, air, dll)
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.15/4.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
Minggu keempat
bulan oktober sampai minggu kedua bulan nopember 2015 ( 3 minggu)
|
4
|
Binatang
|
1.
ayam
2.
ikan
3.
kambing
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.1 memiliki perilaku hidup sehat
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
3.4/4.4 Mengetahui cara hidup sehat
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari –
hari dan bersikap kreatif
3.6/ 4.6 Mengenal benda – benda disekitarnya (nama,
warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri – ciri
lainnya)
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam (hewan. Tanaman,
cuaca, tanah, air, dll)
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.15/4.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
Minggu ketiga
bulan nopember sampai minggu kedua bulan desember 2015 ( 4 minggu)
Cat : minggu
keempat Peringatan Hari Ibu, libur hari natal dan tahun baru
|
SEMESTER 2
|
||||
1
|
Pekerjaan
|
1.
petani
2.
guru
3.
polisi
|
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya
diri
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari ‘ hari untuk melatih kedisiplinan
2. 12 Memiliki
perilaku yang mencerminkan
sikap tanggung jawab
3,3./4,3 Mengenal anggota tubuh , fungsi dan gerakannya
untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari –
hari dan bersikap kreatif
3.9/4.9 Mengenal tekhnologi sederhana (peralatan
rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan dll)
3.10/4.10
Memahami bahasa resptif (menyimak dan membaca)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa
secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.14/4.14 Mengenal kebutuhan dan keinginan dan minat
diri
|
Minggu ketiga januari sampai minggu kedua februari 2016
( 4 minggu)
|
2
|
Kendaraan
|
1.
bis
2.
kereta api
3.
pesawat
|
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari ‘ hari untuk melatih kedisiplinan
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (
mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk
melatih kedisiplinan
2.10 memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang
lain
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari –
hari dan bersikap kreatif
3.7/4.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman,
tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) 3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
|
Minggu ketiga
februari sampai minggu ketiga maret 2016 ( 4 minggu)
|
3
|
Alat komunikasi
|
1. televisi
2. hp/ telepon
|
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (
mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk
melatih kedisiplinan
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah
hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman
3.2/4.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak
mulia3.9/4.9 Mengenal tekhnologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan dll)
3.10/4.10
Memahami bahasa resptif (menyimak dan membaca)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
|
Minggu ketiga maret sampai minggu pertama april 2016 (
2 minggu)
Catatan :
Minngu kedua Peringatan Hari Kartini
|
4
|
Tanah Airku
|
1. negaraku ( nama negara, atribut
negara)
2. kota kelahiranku ) nama kota, bupati, nama desa, camat, lurah, yang khas dari kotaku. desaku)
|
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari ‘ hari untuk melatih kedisiplinan
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari –
hari dan bersikap kreatif
3.7/4.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman,
tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
|
Minggu ketiga
april sampai minggu pertama mei 2016
(3minggu)
|
5
|
Alam Semesta
|
1. benda langit ( matahari, bulan, bintang)
2. hujan ( tanda akan turun hujan, banjir)
3. gunung meletus
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.9 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli
dan mau membantu jika diminta banyuannya
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari –
hari dan bersikap kreatif
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam (hewan. Tanaman,
cuaca, tanah, air, dll)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.13/4.13 Mengenal emosi diri dan orang lain
|
Minggu kedua mei sampai minggu keempat mei 2016 (
3 minggu)
|
JUNI PERSIPAN PELEPASAN ANAK KELOMPOK B
|
a. Muatan
Lokal
1.
Baca
tulis Al-Qur’an (BTQ)Tujuan :
Menanamkan dan mengembangkan baca tulis Al-Qur’an secara sederhana pada peserta didik
2.
Bahasa
Inggris
Tujuan
:
Mengembangkan
komunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas dan menambah perbendaharaan kata
pada peserta didik
3.
Komputer
Kids.
Tujuan
:
Agar
peserta didik memiliki keterampilan dalam mengoperasikan komputer secara
sederhana dan terbatas melalui permainan yang mendidik.
4.
Outdoor
Learning dan Out Bound
Tujuan
:
Memberikan
pengalaman pembelajaran yang kongkrit terkait dengan indikator dan tema.
b. Pengembangan
Diri
Pengembangan diri bertujuan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat setiap peserta didik
sesuai kondisi sekolah dalam ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri
dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah
diri pribadi, kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan bakat peserta didik.
Berdasarkan kondisi objektif
Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sedati dan kebutuhan masyarakat,
kegiatan pengembangan diri yang dipilih dan ditetapkan adalah sebagai berikut.
1.
Mengembangkan
Kegiatan Keagaman :
a.
Praktek
ibadah sholat (Sholat Dhuka), Pondok Ramadhan. Pelaksanaan Idul Qurban, Maulud
Nabi dan Isro’Mi’roj.
Tujuan :
Menanamkan dan mengembangkan Aqidah
dan ibadah pada peserta didik
b.
Menanamkan pendidikan agama kristen bagi
peserta didik non muslim.
2.
UKS
Tujuan
:
a)
Sebagai
wahana bagi peserta didik untuk membiasakan diri hidup sehat dalam arti fisik,
mental, dan social sejak dini.
b)
Melatih
peserta didik agar terampil dan mandiri menjaga kebersihan
3.
Mengembangkan
seni tari, seni rupa, seni suara, dan drum band
Tujuan :
Mengembangkan bakat dan potensi anak
didik di bidang seni tari, lukis dan
seni suara.
Mekanisme Pelaksanaan
1.
Kegiatan
Pengembangan diri dilaksanakan di luar jam pembelajaran melalui kegiatan
Ekstrakurikuler yang dibina oleh guru, pelatih yang memiliki kualitas yang baik
berdasarkan surat keputusan kepala sekolah.
2.
Jadwal
Kegiatan
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Hari
|
Waktu
|
1.
|
Keagamaan
a.
Praktek
sholat, Baca surat atau hadist pendek dll
b.
Pendidikan
Agama Kristen bagi non muslim
|
Jum’at
|
07.00-07.30
|
2.
|
Drum
Band
|
Senin
|
10.00 - 11.00
|
3.
|
Seni
tari, seni lukis, dan seni musik
|
Selasa,Kamis dan Jum’at
|
3.
Alokasi
Waktu
Kegiatan
pengembangan diri (terprogram) hanya diberikan mulai di kelas A dan B
dialokasikan 2 jam pelajaran (ekuivalen 2 x 30 menit)
4.
Pengembangan
diri yang berhubungan dengan bimbingan pribadi, sosial, dan belajar dilaksanakan
dalam program Bimbingan Konseling dan pelaksanaannya terpadu atau di luar
proses pembelajaran.