Kamis, 26 November 2015

STRUKTUR KURIKULUM TAMAN KANAK-KANAK “HEBAT”



STRUKTUR KURIKULUM TAMAN KANAK-KANAK “HEBAT”

Bidang/Aspek Perkembangan
Ranah Pengembangan
Alokasi Waktu
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Nilai Moral dan Agama


KI. 1: Menerima ajaran agama yang dianutnya


KI. 2:  Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, guru, dan teman.

















KI. 3: Mengenal diri, keluarga, teman, guru, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indera (melihat, men-dengar, menghidu, me-rasa, meraba), mena-nya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi/mengasosiasikan, dan mengkomu-nikasikan melalui kegiatan main












KI 4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
















1.1. Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
Alokasi waktu pembelajaran dalam seminggu sebanyak 6 hari @ 3,5 jam @ 30 menit
1.2. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
Motorik




2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri.
Sosial Emosional




2.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.7. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.8. Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
2.10. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
Kognitif

















2.11. Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
2.12. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman
3.1. Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
3.2. Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
3.3. Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
3.4. Mengetahui cara hidup sehat
3.5. Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
3.6. Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.7. Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.8. Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9. Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
3.10. Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11. Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12. Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
3.13. Mengenal emosi diri dan orang lain
3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
3.15. Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
Bahasa



4.1. Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
4.2. Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
4.4. Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
4.6. Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
4.7. Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.8. Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
Seni
4.9. Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
4.10. Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.11. Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

4.12. Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
4.13. Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
4.14. Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media

Ekstra Kurikuler :

Mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang telah disiapka lembaga sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
1.      TPA (bagi anak muslim) dan kgt rohani ( anak yang non mulim)
2.      Drum Band
3.      Melukis
4.      Menari
5.      Berenang
6.      UKS
7.      komputer





PRODRAM semester TK “HEBAT”
Tahun 2015 - 2016
No
Tema
Sub. Tema
kompetensi dasar (KD)
Waktu
SEMESTER I
1
Diri Sendiri
1.      identitas  (tubuhku, ciri – ciri)
2.      kesukaanku/ hobby
3.      kebutuhanku (makanan, minuman, pakaian)
1.1. Mempercayai  adanya Tuhan  melalui ciptaanNya
1.2.Menghargai diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur  kepada Tuhan
2.1 memiliki perilaku hidup sehat
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.8 memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.1 / 4.1 Mengenal Kegitan beribadah sehari – hari
3,3./4,3 Mengenal anggota tubuh , fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.4/4.4 Mengetahui cara hidup sehat
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam (hewan. Tanaman, cuaca, tanah, air, dll)
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.14/4.14 Mengenal kebutuhan dan keinginan dan minat diri
Minggu pertama bulan agustus  sampai minggu  kedua  bulan  september  2015 (5 minggu)


Cat” minggu ketiga  bulan agustus peringatan HUT RI
2.
Lingkunganku
1.      rumahku ( alamat rumah, yang tinggal di rumah : keluargaku)
2.      sekolahku ( alamat sekolahku, yang ada di sekolahku : kepala TK, guru, teman,dll)
3.      tempat wisata di tempatku  : telaga sarangan)
1.1 Mempercayai  adanya Tuhan  melalui ciptaanNya
1.2.      Menghargai diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur  kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.8 memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.2/4.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
3.7/4.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.15/4.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

Minggu ketiga bulan september sampai minggu ketiga bulan okyober 2015 ( 4 minggu)
3
Tanaman
1.      buah : pisang, mangga
2.      sayur : bayam/ wortel
1.1.      Mempercayai  adanya Tuhan  melalui ciptaanNya
1.2.      Menghargai diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur  kepada Tuhan
2.1 memiliki perilaku hidup sehat
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
3.4/4.4 Mengetahui cara hidup sehat

3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.6/ 4.6 Mengenal benda – benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri – ciri lainnya)
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam (hewan. Tanaman, cuaca, tanah, air, dll)
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.15/4.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

Minggu keempat bulan oktober  sampai minggu kedua  bulan nopember 2015 ( 3 minggu)
4
Binatang
1.      ayam
2.      ikan
3.      kambing
1.1.      Mempercayai  adanya Tuhan  melalui ciptaanNya
1.2.      Menghargai diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur  kepada Tuhan
2.1 memiliki perilaku hidup sehat
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
3.4/4.4 Mengetahui cara hidup sehat
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.6/ 4.6  Mengenal benda – benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri – ciri lainnya)
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam (hewan. Tanaman, cuaca, tanah, air, dll)
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.15/4.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
Minggu ketiga  bulan nopember sampai minggu kedua bulan desember 2015 ( 4 minggu)
  Cat : minggu keempat Peringatan Hari Ibu, libur hari natal dan tahun baru
SEMESTER 2
1
Pekerjaan
1.      petani
2.      guru
3.      polisi
1.2.      Menghargai diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur  kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari ‘ hari untuk melatih kedisiplinan
2. 12 Memiliki  perilaku  yang mencerminkan sikap tanggung jawab
3,3./4,3 Mengenal anggota tubuh , fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.9/4.9 Mengenal tekhnologi sederhana (peralatan rumah  tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan dll)
3.10/4.10  Memahami bahasa resptif (menyimak dan membaca)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.14/4.14 Mengenal kebutuhan dan keinginan dan minat diri





Minggu ketiga januari sampai minggu kedua februari 2016 ( 4 minggu)
2
Kendaraan
1.      bis
2.      kereta api
3.      pesawat
1.2.      Menghargai diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur  kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari ‘ hari untuk melatih kedisiplinan
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar ( mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.10 memiliki  perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.7/4.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) 3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal





Minggu ketiga februari sampai minggu ketiga maret 2016 ( 4 minggu)
3
Alat komunikasi
1.      televisi
2.      hp/ telepon

1.2.      Menghargai diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur  kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu

2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar ( mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman
3.2/4.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia3.9/4.9 Mengenal tekhnologi sederhana (peralatan rumah  tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan dll)
3.10/4.10  Memahami bahasa resptif (menyimak dan membaca)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal


Minggu ketiga maret sampai minggu pertama april 2016 ( 2 minggu)

Catatan :
Minngu kedua Peringatan Hari Kartini
4
Tanah Airku
1.      negaraku ( nama negara, atribut  negara)
2.      kota kelahiranku ) nama kota, bupati, nama desa, camat, lurah,  yang khas dari kotaku. desaku)
1.2.      Menghargai diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur  kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari ‘ hari untuk melatih kedisiplinan
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.7/4.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal


Minggu ketiga april sampai minggu  pertama mei   2016  (3minggu)
5
Alam Semesta
1.      benda langit ( matahari, bulan, bintang)
2.      hujan ( tanda akan turun hujan, banjir)
3.      gunung meletus
1.1.      Mempercayai  adanya Tuhan  melalui ciptaanNya
1.2.      Menghargai diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur  kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.9 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta banyuannya
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam (hewan. Tanaman, cuaca, tanah, air, dll)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.13/4.13 Mengenal emosi diri dan orang lain


Minggu  kedua mei sampai minggu keempat mei 2016 ( 3 minggu)
JUNI  PERSIPAN PELEPASAN ANAK KELOMPOK B
a.      Muatan Lokal
1.      Baca tulis Al-Qur’an (BTQ)Tujuan :
Menanamkan dan mengembangkan baca tulis Al-Qur’an secara sederhana pada peserta didik
2.      Bahasa Inggris
Tujuan :
Mengembangkan komunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas dan menambah perbendaharaan kata pada peserta didik
3.      Komputer Kids.
Tujuan :
Agar peserta didik memiliki keterampilan dalam mengoperasikan komputer secara sederhana dan terbatas melalui permainan yang mendidik.
4.      Outdoor Learning dan Out Bound
Tujuan :
Memberikan pengalaman pembelajaran yang kongkrit terkait dengan indikator dan tema.

b.      Pengembangan Diri
Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat setiap peserta didik sesuai kondisi sekolah dalam ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi, kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan bakat peserta didik.
Berdasarkan kondisi objektif Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sedati dan kebutuhan masyarakat, kegiatan pengembangan diri yang dipilih dan ditetapkan adalah sebagai berikut.

1.      Mengembangkan Kegiatan Keagaman :
a.       Praktek ibadah sholat (Sholat Dhuka), Pondok Ramadhan. Pelaksanaan Idul Qurban, Maulud Nabi dan Isro’Mi’roj.
            Tujuan :
      Menanamkan dan mengembangkan Aqidah dan  ibadah pada peserta didik
b.       Menanamkan pendidikan agama kristen bagi peserta didik non muslim.
2.      UKS
Tujuan :
a)      Sebagai wahana bagi peserta didik untuk membiasakan diri hidup sehat dalam arti fisik, mental, dan social sejak dini.
b)      Melatih peserta didik agar terampil dan mandiri menjaga kebersihan
3.      Mengembangkan seni tari, seni rupa, seni suara, dan drum band
       Tujuan :
       Mengembangkan bakat dan potensi anak didik di bidang seni tari, lukis dan   seni suara.
Mekanisme Pelaksanaan
1.      Kegiatan Pengembangan diri dilaksanakan di luar jam pembelajaran melalui kegiatan Ekstrakurikuler yang dibina oleh guru, pelatih yang memiliki kualitas yang baik berdasarkan surat keputusan kepala sekolah.
2.      Jadwal Kegiatan
No.
Jenis Kegiatan
Hari
Waktu
1.
Keagamaan
a.       Praktek sholat, Baca surat atau hadist pendek dll
b.      Pendidikan Agama Kristen bagi non muslim
Jum’at


07.00-07.30

2.
Drum Band
Senin

10.00 - 11.00
3.
Seni tari, seni lukis, dan seni musik
Selasa,Kamis dan Jum’at

3.      Alokasi Waktu
Kegiatan pengembangan diri (terprogram) hanya diberikan mulai di kelas A dan B dialokasikan 2 jam pelajaran (ekuivalen 2 x 30 menit)

4.      Pengembangan diri yang berhubungan dengan bimbingan pribadi, sosial, dan belajar dilaksanakan dalam program Bimbingan Konseling dan pelaksanaannya terpadu atau di luar proses pembelajaran.