INSTRUMEN
IDENTIFIKASI ANAK DISABILITAS
I. HAMBATAN
PENGLIHATAN
NO
|
PERNYATAAN
|
|
1.
|
Penglihatan
kabur, tidak mampu mengenal orang dewasa pada jarak 6 meter.
|
|
2.
|
Kesulitan mengambil benda kecil di dekatnya.
|
|
3.
|
Sering meraba dan tersandung waktu berjalan.
|
|
4.
|
Bagian bola mata
yang hitam berwarna keruh/ bersisik/ kering
|
|
5.
|
Mata selalu
bergoyang.
|
|
6.
|
Terus menerus mengeluarkan air mata dan kotoran.
|
|
7.
|
Melihat pada
jarak yang sangat dekat.
|
|
8.
|
Kerusakan nyata pada kedua bola mata.
|
|
9.
|
Tidak bereaksi
bila kedua mata disorot lampu atau senter.
|
II. HAMBATAN
PENDENGARAN
NO
|
PERNYATAAN
|
|
1.
|
Sering memiringkan kepala dalam usaha mendengar.
|
|
2.
|
Tidak ada reaksi terhadap bunyi/ suara di dekatnya.
|
|
3.
|
Sering menggunakan isyarat dalam berkomunikasi.
|
|
4.
|
Sering kurang tanggap bila diajak bicara.
|
|
5.
|
Perkembangan bahasa terlambat.
|
|
6.
|
Mengeluarkan cairan dari lubang telinga.
|
|
7.
|
Tidak merespon panggilan atau suara yang keras.
|
|
8.
|
Tidak mampu mendengar sama sekali.
|
III.
HAMBATAN INTELEKTUAL
NO
|
PERNYATAAN
|
|
1.
|
Perkembangan bicara yang terlambat dibandingkan
anak lain yang seusia
|
|
2.
|
Perkembangan motorik (tengkurap, duduk, berjalan) yang terlambat
dibandingkan dengan anak lain yang seusia.
|
|
3.
|
Apatis, acuh tak acuh atau sulit bermain dengan teman yang seusia.
|
|
4.
|
Sulit belajar membaca dan berhitung.
|
|
5.
|
Sulit memahami pembicaraan orang lain.
|
|
6.
|
Mudah marah tanpa sebab yang jelas.
|
|
7.
|
Pernah sekolah dan tidak naik kelas atau putus sekolah.
|
IV. HAMBATAN GERAK DAN FISIK
NO
|
PERNYATAAN
|
|
1.
|
Jari-jari tangan
kaku dan sulit untuk menggenggam.
|
|
2.
|
Tangan dan/ atau kaki tidak sempurna atau lebih kecil dari biasanya.
|
|
3.
|
Kesulitan dalam bergerak (tidak sempurna, tidak lentur dan tidak
terkendali).
|
|
4.
|
Tangan dan/ atau kaki lemah, kaku, lumpuh dan layu.
|
|
5.
|
Tidak dapat menjaga keseimbangan badan.
|
|
6.
|
Kesulitan koordinasi motorik
halus (memasang dan melepas
kancing baju).
|
V. HAMBATAN KOMUNIKASI DAN BICARA
NO
|
PERNYATAAN
|
|
1.
|
Bicara gagap
|
|
2.
|
Bicara tidak
jelas
|
|
3.
|
Mengucap dengan suara sengau
|
|
4.
|
Kurang memahami pembicaraan orang.
|
|
5.
|
Perkembangan bicara sangat terlambat
|
|
6.
|
Tidak bisa berbicara
|
VI. HAMBATAN
EMOSI DAN SOSIAL
NO
|
PERNYATAAN
|
|
1.
|
Bertindak
semaunya sendiri atau sulit diatur
|
|
2.
|
Suka melawan
atau menentang orang dewasa (orang tua dan guru)
|
|
3.
|
Mudah
tersinggung dan mudah marah
|
|
4.
|
Sering
bertengkar atau berkelahi
|
|
5.
|
Sering melanggar
aturan
|
|
6.
|
Sulit diterima
oleh teman-teman sebayanya
|
VII. KURANG
PERHATIAN DAN HIPERAKTIF
NO
|
PERNYATAAN
|
|
1.
|
Selalu gelisah
|
|
2.
|
Perhatian mudah
beralih
|
|
3.
|
Tidak mendengarkan bila diajak bicara
|
|
4.
|
Sering kehilangan benda-benda penting yang dibawanya
|
|
5.
|
Suka berlari-lari atau memanjat tanpa tujuan yang jelas
|
|
6.
|
Tidak bisa duduk tenang
|
|
7.
|
Sulit menunggu giliran
|
|
8.
|
Sering mengganggu teman
|
VIII.
AUTISME
NO
|
PERNYATAAN
|
|
1.
|
Tidak peduli
dengan lingkungan, asyik dengan dunianya sendiri.
|
|
2.
|
Menghindari
kontak mata.
|
|
3.
|
Perilakunya aneh
dan diulang-ulang.
|
|
4.
|
Terpaku pada rutinitas, sulit menerima perubahan.
|
|
5.
|
Kalau marah
tidak terkendali.
|
|
6.
|
Perkembangan
komunikasi dan bahasa sangat terlambat.
|
|
7.
|
Tidak mampu
merawat diri sendiri.
|
|
8.
|
Tidak pernah mengambil inisiatif bermain bersama dengan teman.
|