Minggu, 09 Maret 2014

PROTA TK KLP B



A.  Nilai agama dan moral
Tingkat Capaian perkembangan
Capaian perkembangan
Indikator
1. Mengenal agama yng dianut
1.1. Mengenal macam-macam agama
1. Menyebut macam-macam agama yang ada di indonesia
2. Menyebutkan agama yang dianut
3. Menyanyikan lagu-lagu keagamaan
4. Bersyair yang bernafaskan agama
1.2. Mengenal tempat-tempat ibadah
5. Menyebutkan tempat-tempat ibadah
6. Menunjukan tempat-tempat ibadah
1.3. Mengenal kitab suci agama yang dianut
7. Menyebutkan macam-macam kitab suci
8. Menyebutkan nama kitab suci agama yang dianut
2. Membiasakan diri beribadah
2.1. Terbiasa melakukan ibadah sesuai aturan menurut keyakian
9. Menirukan gerakan ibadah sesuaia aturan menurut keyakinanya
10. Menyebutkan waktu beribadah
11. Melaksanakan kegiatan beribadah sesuai aturan menurut keyakinannya
2.2. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan menurut keyakinannya
12. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
13. Menngenal dan mempraktekakan doa sehari-hari
3. Memahami perilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat, dsb)
3.1. Terbiasa berperilaku sopan santun
14. Berbuat baik terhadap semua makhluk ciptaan Tuhan
15. Berbicara dengan sopan
16. Berbicara dengan ramah
17. Berpakaian rapi dan sopan
18. Selalu mengucapkan terimakasih jika memperoleh sesuatu
19. Membiasakan mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain
3.2. Terbiasa berperilaku saing hormat menghormati
20. Mendengarkan dan memperhatikan orang lain berbicara
21. Mau meminta dan memberi maaf
22. Menghormati teman dan orang lain yang lebih tua
23. Senang bermain dengan teman
3.3. Memiliki perilaku yang mulia
24. Bersikap jujur
25. Suka menolong orang lain
26. Saling membantu sesama teman
27. Mau bekerja sama
4. Membedakan perilaku baik dan buruk
4.1. Membedakan perbuatan baik dan buruk
28. Menyebutkan mana yang benar dan salah pada suatu persoalan
29. Menunjukan perbuatan-perbuatan yang benar dan yang salah
30. Menyebutkan perbuatan yang baik dan yang buruk
4.2. Melakukan kegiatan yang baik dan bermanfaat
31. Berlaku baik pada saat bermain atau melakukan kegiatan dengan orang lain
32. Berbuat baik terhadap sesama
33. Menjaga atau memelihara lingkunngan
34. Berperilaku hidup hemat
35. Membedakan dan menyayangi ciptaan Tuhan
5. Mengenal ritual da hari besar agama
5.1. Mengenal ritual dan hari besar agama
36. Menyebutkan hari-hari besar keagamaan
37. Mau terlibat dalam acara keagamaan
6. Menghormati agama orang lain
6.1. Menghormati agama orang lain
38. Menghormati teman yang sedanng melakukan kegiatan beribadah
39. Dapat hidup berdampingan dengan teman yang beragama lain
40. Menghormati perayaan hari besar agama lain


B.  Sosial, Emosional, dan Kemandirian
Tingkat capaian perkembangan
Capaian perkembangan
Indikator
1. Bersikap kooperatif dengan teman
1.1. Bersikap kooperatif
1. Dapat melaksanakan tugas kelompok
2. Dapat bekerja sama dengan teman
3. Mau bermain denngan teman
2. Menunjukkan sikap toleran
2.1. Menunjukkan sikap toleran
4. Mau meminjamkan miliknya
5. Mau berbagi dengan teman
6. Saling membantu antara teman
3. Menekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias, dll)
3.1. Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias, dll)
7. Sabar menunggu giliran
8. Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar
9. Senang ketika mendapatkan sesuatu
10. Antusias ketika melakukan kegiatan yang diinginkan
4. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai denngan nilai sosial budaya setempat
4.1. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
11. Memberi dan membalas salam
12. Berbicara dengan tidak berteriak
5. Memahami peraturan
5.1. Memahami peraturan
13. Datang kesekolah tepat waktu
14. Mentaati tata tertib sekolah
15. Mentaati tata tertib atau aturan di kelas
16. Mentaati peraturan sekolah
6. Menunjukkan rasa simpati
6.1. Menunjukkan rasa simpati
17. Menghibur teman yang sedih
18. Mendoakan teman yang sakit
7. Memiliki sikap gigih (tidak m. udah menyerah)
7.1. Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
19. Melaksanakan tugas sendiri sampai selesai
20. Dapat menerima kritik
21. Berani bertanya dan menjawab pertanyaan
22. Bertanggung jawab akan tugasnya
8. Bangga terhadap hasil karya sendiri
8.1. Bangga tehadap hasil karya sendiri
23. Menunjukkan kebanggaan terhadap hasi karyanya sendiri
24. Memelihara hasil karyanya sendiri
9. Menghargai keunggulan orang lain
9.1. Menghargai keunggulan orang lain
25. Dapat memuji teman atau orang lain
26. Menghargai hasil karya orang lain
27. Menghargai keunggulan teman atau orang lain


C.   BAHASA
Tingkat capaian perkembangan
Capaian perkembangan
Indikator
Menerima bahasa
1.  Mengerti perintah secara bersamaan
1.1. Memahami perintah secara bersamaan
1. Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar
2. Meniru kembali 4-5 urutan kata
3. Mendengarkan dan menceritakan kembali secara urut
2. Mengulang kalimat yang lebih kompleks
2.1. Mengulang kalimat yang lebih kompleks
4. Menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana dengan urut
5. Meniru kalimat sederhana
6. Mengulang kalimat yang telah didengarnya
3. Memahami aturan dalam suatu permainan
3.1. Memahami aturan dalam suatu permainan
7. Mengungkapkan aturan suatu permainan
8. Mentaati aturan permainan
♣ Mengungkapkan bahasa
1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
1.1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
9. Menunjukkan posisi suatu benda (diatas, dibawah, depan, belakang, dst)
10. Menjawab pertanyaan tentang pertanyaan atau informasi
11. Memberikan keterangan informasi tentang kejadian yang pernah dialami
12. Menjawab pertanyaan tentang apa, dimana, bagaimana, dsb
2. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
2.1. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
13. Membedakan macam-macam suara
14. Menyebutkan berbagai bunyi atau suara tertentu
15. Mengelompokkan macam-macam gambar yang memiliki bunyi yang sama
3. Beerkomunikasi  secata lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca
3.1. Memiliki perbendaharaan kata yang digunakan untuk berkomunikasi ssehari-hari dan untuk kesiapan membaca, menulis, berhitung
16. Mengelompokkan kata-kata yang sejenis
17. Membaca cerita bergambar yang memiiki kalimat yang sederhana
18. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri
19. Menceritakan isi buku  dengan menunjukkan beberapa kata yang dikenalnya
20. Menyanyi lebih dari 20 lagu anak
21. Beerani bertanya secara sederhana
4. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap
4.1. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap
22. Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, dsb
23. Menceritakan sesuatu yang diperoleh dari pengalaman
24. Membuat sajak sederhana
25. Bercerita tentang suatu kejadian secara sederhana
26. Memberi keterangan tentang suatu hal
5. Memiliki kata untuk mengekspresikan ide kepada orang lain
5.1. Memiliki lebih banyak kata untuk mengekspresikan ide kepada orang lain
27. Melengkapi kalimat sederhana yang sudah dimulai oleh guru (misalya : kemarin ibu pergi ke…..)
28. Mau mengungkapkan pendapat secara sederhana
29. Menceritakan gerak pantomim kedalam bahasa lisan
6. Melanjutkan sebagian cerita atau dongeng yang telah diperdengarkan
6.1. Melanjutkan sebagian cerita / dongeng yang telah diperdengar kan
30. Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut
31. Mengurutkan dan menceritakan gambar seri
32. Melanjutkan cerita yang telah diperdengarkan oleh guru
33. Bercerita tentang gambar yang telah disediakan dengan menggunakan kata yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas
Keaksaraan
1. Menyebutkan simbol atau huruf yang dikenali
1.1. Menyebutkan simbol –simbol huruf yang sudah dikenal
34. Menyebutkan huruf vokal dan konsonan
35. Menebali huruf
36. Membuat gambar atau coretan tentang cerita mengenai gambar yang dibuat sendiri
2. Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
2.1. Mengenal suara huruf awal dari nama benda yang ada di sekitarnya
37. Menyebutkan nama-nama benda yang suara hurufnya sama
3. Menyebutkan kelompk gambar yang mempuyai bunyi huruf awal yang sama
3.1. Menyebutkan kelompok gsmbsr yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama
38. Menyebutkan kata yang memilliki huruf awal yang sama dan suku akhir yang sama
39. Menghubungkan gambar dengan kata yang sesuai
4. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
4.1. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
40. Membaca gambar yang memiliki kata atau kalimat sederhana
41. Menceritakan isi buku walaupun tidak sama tulisannya dengan apa yang diungkapkan
42. Menghubungkan tulisan  sederhana dengan simbol yang melambangkannya
43. Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dengan menunjukkan beberapa kata yang dikenalinya
44. Mengucapkan syair lagu, sambil diiringi senandung lagunya
5. Membaca nama sendiri
5.1. Membaca nama sendiri
45. Membaca nama sendiri dengan lengkap
6. Menulis nama sendiri
6.1. Menulis nama sendiri
46. Menulis nama sendiri denngan lengkap dan benar
D.  KOGNITIF
Tingkat capaian perkembangan
Capaian perkembangan
Indikator
♣ Pengetahuan umum dan sains
1.Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsinya
1.1. Mengenal benda berdasarkan fungsinya
1. Mengungkapkan kegunaan atau fungsi suatu benda
2. Menyebutkan dan menceritakan kegunaan suatu benda (air untuk minum, pensil untuk menulis, dll)
3. Menunjukkan dan mencari sebanyak-banyaknya benda berdasarkan fungsinya
1.2. Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi
4. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut fungsinya (misal : peralatan makan, peralatan mandi, dll)
5. Memasangkan benda sesuai dengan pasanganya berdasarkan pada fungsinya (piring denga nasi, kaos kaki dengan kaki, baju dengan orang)
2.Menunjukkan aktifitasyang bersifat eksploratif dan menyidik (seperti apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
2.1. Anak dapat memahami konsep-konsep sains sederhana
6. Mencoba dan menceritakann apa yang terjadi jika warna dicampur
7. Mencoba proses pertumbuhan tanaman yang tumbuh dari biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan
8. Mencoba dan menceritakan balon ditiup lalu dilepaskan
9. Mencoba benda-benda dimasukkan ke dalam air (mengapung, melayang, tenggelam)
10. Mencoba dan menceritakan benda-benda yang dijatuhkan (gaya gravitasi)
11. Percobaan benda-benda didekatkan dengan magnet
12. Pengamatan dengan kaca pembeasr
13. Mencoba dan membedakan bermacam-macam bau, rasa, suara
3. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
3.1. Memahami jenis perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
14. Menunjukkan waktu yang dikaitkan dengan jam
15. Membedakan dan menyatakan waktu 9pagi, siang, malam)

3.2. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan
16. Mengetahui nama-nama hari dalam satu minggu
17. Mengetahui nama-nama bulan dalam satu tahun
18. Membuat rencana kegiatan yang akan dilakukan
3.3. Melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan
19. Menceritakan kegiatan sehari-hari
20.Melaksanakan tugasa atau rencana yang sudah disusun tepat pada waktunya
4. Mengenal sebab akibat tentang lingkungan (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu basah)
4.1. Mengenal konsep sebab akibat tentang kejadian di lingkunganya
21. Menceritakan sebab terjadinya suatu peristiwa di lingkungan (bajir, hujan, pelangi, dsb)
22. Mengungkapkan sebab akibat (mengapa sakit gigi, mengapa kita lapar)
23. Mengungkapkanasal mula terjadinya sesuatu( terjadinya susu, beras, dll)
5. Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan( seperti ayo kita bermain, pura-pura seperti burung)
5.1. Mengenal jenis permainan
24. Menyebutkan jenis permainan tradisional dan kontemporer
25. Mengungkapkan cara bermain dalam sebuah permainan
5.2. Anak mempunyai inisiatif dalam memilih tema permainan
26. Melakukan permainan tradisional
27. Melakukan permainan kontemporer
28. Bermain peran
29. Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu atau cerita
30. Mengekspresikan gerakan dengan irama musik / lagu
6. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
6.1. Memecaahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
31. Mengerjakan maze (mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)
32. Menyusun kepingan puzle menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 kepingan)
33. Menunjukkan kejanggalan suatu gambar
34. Mampu mengambil keputusan secara sederhana
♣ Konsep bentuk, warna, ukuran, dan pola


1.Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran (lebih dari, kurang dari, dan paling/ter)
1.1. Mengenal perbedaan benda berdasarkan ukuran
35. Menyebutkan jenis-jenisukuran suatu benda
36. Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, penggaris, meteran
1.2. Membedakan benda berdasarkan ukuran (lebih dari, kurang dari, dan paling / ter)
37. Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnnnya, tidak sama, lebih banyak, lebih sedikit
38. Mengenal perbedaan panjang pendek, jauh dekat, tebal tipis, dst
39. Membedakan berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)
40. Mengisi dan menyebutkan isi wadah ( satu gelas, satu botol, dll yg diisi dengan air, biji-bijian dll)
2. Mengklasifikasikan benda brdasarkan warna, bentuk dan ukuran (tiga variasi)
2.1. Mengenal klasifikasi benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran (3 variasi)
41. Menyebutkan berbagai macam benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran
42. Menunjukkan dan mencari benda, hewan, tanaman, yang mempunyai bentuk, warna, atau menurut ciri tertentu
2.2. Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran (3 variasi)
43. Mengelompokkan benda 3 dimensi (benda yang sebenarnya) menurut ciriciri tertentu (warna, bentuk, ukuran)
44. Mengelompokkan benda denga berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu (warna, bentuk, ukuran)
2.3. Mengenal bentuk geometri
45. Menyebut dan menunjukan bentuk-bentuk geometri
46. Mengelompokan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, dll)
47. Menyebutkan dan menunjuk benda-benda yang berbentuk geometri
48. Memasangkan bentuk geometri  dengan benda 3 dimensi (benda sebenarnya) yg berbentuk geometri (lingkaran, segi tiga, dll)
3. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan yang lebih dari 2 variasi
3.1. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak dalam kelompoook yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan yang lebih dari 2 variasi
49. Memasangkan benda sesuai dengan pasanganya, jenisnya, persamaanya, bentuknya
50. Menunjukan, menngelompokan, benda yang jumlahnya sama, tidak sama, lebih banyak, lebih sedikit dari 2 kumpulan benda
51. Menyebutkan dan menceritakan perbedaan 2 buah benda
4. Mengenal pola ABCD ABCD
4.1. Mengenal berbagai macam pola
52. Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan (merah, putih, hijau)
53. Menyusun pola benda atau gambar berdasarkan pola yang sudah ditentukan
54. Meniru pola denngan  menggunakan berbagai benda
55. Meniru pola dengan menggunakan 4-8 kubus
5. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
5.1. Mengenal konsep benda berdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
56. Menyebutkan urutan benda dari ukuran yang paling kecil ke yang paling besar atau sebaliknya
57. Mengurutkan benda dari ukuran yang paling kecil ke yang paling besar atu sebaliknya
5.2. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
58. Menyusun benda dari besar ke kecil atau sebaliknya
59. Menyusun benda dari panjang pendek, atau sebaliknya
60. Menyusun benda dari rendah ke tinggi atau sebaliknya
♣ Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
1.Menyebutkann ambang bilangan 1-10
1.1. Mengenal konsep bilangan dari 1-10
61. Menyebutkan urutan bilangan dari 1-10
62. Menunjukan lambang bilangan dari 1-10
63. Meniru lambanng bilangan 1-10
1.2. Memahami bilangan
64. Membuat urutan bilangan 1-20 dengan benda-benda
65. Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda) sampai 20
66. Menyebutkan hasil penjumlahan dan pengurangan dengan benda sampai dengan 10
2. Mencocokan bilangan dengan la,bang bilangan
2.1. Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan
67. Mencocokan bilangan denan lambang bilangan
68. Menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 10
3. Mengenal berbagai macam lambanga huruf vokal dan konsonan
3.1. Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
69. Pengenalan huruf vokal dan konsonan
70. Mengenal lambang bilangan 1-20
71. Meniru berbagai lambang bilangan, huruf vokal dan konsonan

E.   FISIK MOTORIK
Tingkat Capaian Perkembangan
Capaian Perkembanga
Indikator
♣ Motorik kasar
1.Menirukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, kelincahan dan keseimbangan
1.1. Menggerakan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, kelincahan, keseimbangan dan melatih keberanian
1. Berjalan pada garis lurus dengan atau tanpa beban
2. Berjalan diatas papan titian dengan atau tanpa beban
3. Berjalan maju atau mundur sambil berjinjit 2-3 m sambil membawa beban
4. Meloncat dari ketinggian 30-50-cm
5. Memanjat, bergantung, berayun
6. Berdiri dengan posisi tumit diatas dengn seimbang dalam 20 detik
7. Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh
8. Merayap dan merangkak dengan berbsgsi variasi
9. Bermain dengan simpai
10. Bermain lompat dengan karet
2. Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala dan melakukan tarian / senam
2.1. Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala, dalam melakukan tarian
11. Mengekspresikan berbagai gerakan sesuai dengan irama musik/ ritmik dengan lentur
12. Mengekspresikan diri dalam gerakan bervariasi dengan lentur dan lincah
13. Gerakan bebas dengan irama musik
14. Menari tradisional sesuai / menuruut musik yang didengar (magetan kumandang, jaranan, dll)
15. Menari kontemporer / modern sesuai dengan musik yang didengar (burung kutilang, lihat kebunku)
2.2. Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala dalam melakkukan senam
16. Senam fantasi menirukan gerakan binatang dengan lincah
17. Senam fantasi menirukan gerakan tanaman dengan lincah
18. Senam fantasi menirukan gerakan tertentu (pesawat terbang, petani mencangkul, dll)
19. Senam menurut musik yang didengar (senam sehat ceria, senam reog, dll)
3. Melakukan permainan fisik dengan teratur
3.1. Melakukan permainan fisik denngan teratur
20. Berenang
21. Menendang bola kedepan dan kebelakang
22. Bermain sepak bola
23. Melakukan permainan fisik (petak umpet, bintang alihan, dll)
24. Bertepuk tangan denggan 3 pola
4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
4.1. Menggerakkan tangannya untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
25. Melempar dan menangkap bola besar, sedang, kecil ±1-2 M
26. Memantulkan bola besar, sedang kecil (diam ditempat)
27. Mampu memantulkan bola besar, sedang, kecil, sambil berjalan ± 1-2 M
28. Mampu memantulkan bola besar, sedang, kecil dengan memutar badan , mengayun lengan dan melangkah
29. Mampu melambungkan dan menangkaap bola / kantong biji-bbijian (diam di tempat)
30. Mampu melambungkan bola / kantung biji (sambil berjalan / bergerak)

5. Melakukan kegiatan kebersihan diri
TRIAS UKS
5.1. Melakukan kegiatan kebersihan diiri (pendidikan kesehatan)

31. Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan (makan, mandi menyisir rambut, dll)
32. Membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan (mandi, buang air kecil, dll)
33. Menggosok gigi secara rutin
34. Menjaga kebersihan diri sendiri, kebersihan kuku, telinga
35. Membersihkan peralatan makan dan minum setelah digunakan
5.2. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
36. Membuang sampah pada tempatnya
37. Membedakan sampah basah dan kering
38. Menanam tanaman untuk keindahan sekolah
39. Mengembalikan mainan pada tempat yang sudah disediakan
Motorik halus
1.Menggambar sesuai dengan gagasanya
1.1. Menggambar bebas

40. Menggambar bebas dengan menggunakan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, crayon, spidol, arang dan bahan-bahan alam) dengan rapi
1.2. Menggambar dalam bentuk
41. Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga, segi empat
42. Menggambar bebas didalam bentuk lingkaran, sei tiga, segi empat
43. Mencetak dengan berbagai media (jari/ finger painting, pelepah pisang, daun, dll) dengan lebih rapi

2. Meniru bentuk
2.1. Meniru bentuk
44. Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
45. Meniru melipat kertas sederhana (1-7 lipatan)
46. Meniru membuat bentuk 3 dimensi
47. Membuat bentuk lingkaran, segi tiga, bujur sangkar dengan rapi
48. Mencocok bentuk
3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
3.1. Menciptakan sesuatu dengan berbagai media
49. Meronce 2-3 pola dengan berbagai media (manik-manik, sedotan, merjan)
50. Menganyam dengan berbagai media (kertas, kain perca, dll)
51. Menciptakan 3 bentuk banngunan dari balok
52. Menciptakan 3 bentuk dari kepingan geometri
53. Menciptakan bentuk dengan lidi, korek api, stik es krim,dll
54. Menciptakan berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, tanah liat, dsb
55. Membatik dan jumputan dari kertas, tisu, dll
3.2. Bereksplorasi dengan berbagai media
56. Permainan warna dengan berbagi media ( dengan craayon, cat air, pensil warna, dll)
57. Membuat berbagai bunyi dengan alat membentuk irama
58. Membuat mainan dengan tehnik merobek, melipat, mmenempel
59. Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapi
60. Mewarnai bentuk 3 dimensi dengan berbagi media
61. Melukis dengan berbagai media (pelepah pisang, daun, bulu ayam, dsb)
62. Melukis dengan jari (finger painting)
63. Membuat berbagai bentuk dari kertas, daun , kain, dll
4. Menggunakan alat tulis dengan benar
4.1. Menggunakan alat tulis dengan benar
64. Memegang pensil dengan benar ( antara ibu jari dan 2 jari)
65. Membuat berbagai macam coretan
66. Menulis lambang bilangan dan huruf
5. Menggunting sesuaai dengan pola
5.1. Menggunting sesuai dengan pola
67. Membuat mainan dengan tehnik menggunting, melipat dan menempel
68. Membuat mainan dengan tehnik menggunting, melipat, menempel menjadi bentuk 3 dimensi
69. Menggunting dengaan berbagai media berdasarkan bentuk / pola 9lurus, lengkung, zig-zag, dll)
6. Menempel gambar dengan tepat
6.1. Menempel gambar dengan tepat
70. Membuat gambar dengan tehnik kolase dengan berbagai media (kertas, ampas kelapa, bijibijian, dll)
71. Membuat gambar dengan tehnik mozaik dengan berbagai bentuk (lingkaran, segi tiga, dll)
72. Membuat gambar dengan tehnnnik montase dengan berbagai media (kertas koran, kain perca, dll)
7. Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
7.1. Gerakan menggambar secara detail
73. Menggambar sesuai pola
74. Menggambar orang ,binatang, tanaman ,benda dengan proporsional
Kesehatan fisik
1.Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
1.1. Memahami pertumbuhan dan perkembangan anak
75. Melakukan DDTK secara berkala
76. Melakukan penimbangan berat badan secara teratur
77. Mengukur berat badan dengan mennggunakan rumus (BB / U)
2. Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
2.1. Mengetahui kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
78. Mengukur tinggi badan secara berkala
79. Mengukur lingkar kepala secara berkala
3. Memiliki kesesuaian antara tinggi dan berat badan
3.1. Memahami kesesuaian antara tinggi dan berat badan
80. Memahami DDTK anak usia TK
81. Melakukan DDTK secara berkala (pemberian makan tambahan secara rutin)
82. Pemeriksaan UKS / kesehatan secara rutin