A. Nilai agama dan moral
Tingkat Capaian perkembangan
|
Capaian perkembangan
|
Indikator
|
1. Mengenal
agama yng dianut
|
1.1. Mengenal
macam-macam agama
|
1. Menyebut
macam-macam agama yang ada di indonesia
|
2. Menyebutkan
agama yang dianut
|
||
3. Menyanyikan
lagu-lagu keagamaan
|
||
4. Bersyair
yang bernafaskan agama
|
||
1.2. Mengenal
tempat-tempat ibadah
|
5. Menyebutkan
tempat-tempat ibadah
|
|
6. Menunjukan
tempat-tempat ibadah
|
||
1.3. Mengenal
kitab suci agama yang dianut
|
7. Menyebutkan
macam-macam kitab suci
|
|
8. Menyebutkan
nama kitab suci agama yang dianut
|
||
2. Membiasakan diri beribadah
|
2.1. Terbiasa melakukan
ibadah sesuai aturan menurut keyakian
|
9. Menirukan
gerakan ibadah sesuaia aturan menurut keyakinanya
|
10.
Menyebutkan waktu beribadah
|
||
11.
Melaksanakan kegiatan beribadah sesuai aturan menurut keyakinannya
|
||
2.2. Berdoa
sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan menurut keyakinannya
|
12. Berdoa
sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
|
|
13. Menngenal
dan mempraktekakan doa sehari-hari
|
||
3. Memahami
perilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat, dsb)
|
3.1. Terbiasa
berperilaku sopan santun
|
14. Berbuat
baik terhadap semua makhluk ciptaan Tuhan
|
15. Berbicara
dengan sopan
|
||
16. Berbicara
dengan ramah
|
||
17. Berpakaian
rapi dan sopan
|
||
18. Selalu
mengucapkan terimakasih jika memperoleh sesuatu
|
||
19.
Membiasakan mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain
|
||
3.2. Terbiasa
berperilaku saing hormat menghormati
|
20.
Mendengarkan dan memperhatikan orang lain berbicara
|
|
21. Mau
meminta dan memberi maaf
|
||
22. Menghormati
teman dan orang lain yang lebih tua
|
||
23. Senang
bermain dengan teman
|
||
3.3. Memiliki
perilaku yang mulia
|
24. Bersikap
jujur
|
|
25. Suka
menolong orang lain
|
||
26. Saling
membantu sesama teman
|
||
27. Mau
bekerja sama
|
||
4. Membedakan
perilaku baik dan buruk
|
4.1.
Membedakan perbuatan baik dan buruk
|
28.
Menyebutkan mana yang benar dan salah pada suatu persoalan
|
29. Menunjukan
perbuatan-perbuatan yang benar dan yang salah
|
||
30.
Menyebutkan perbuatan yang baik dan yang buruk
|
||
4.2. Melakukan
kegiatan yang baik dan bermanfaat
|
31. Berlaku
baik pada saat bermain atau melakukan kegiatan dengan orang lain
|
|
32. Berbuat
baik terhadap sesama
|
||
33. Menjaga
atau memelihara lingkunngan
|
||
34.
Berperilaku hidup hemat
|
||
35. Membedakan
dan menyayangi ciptaan Tuhan
|
||
5. Mengenal
ritual da hari besar agama
|
5.1. Mengenal
ritual dan hari besar agama
|
36.
Menyebutkan hari-hari besar keagamaan
|
37. Mau
terlibat dalam acara keagamaan
|
||
6. Menghormati
agama orang lain
|
6.1.
Menghormati agama orang lain
|
38. Menghormati
teman yang sedanng melakukan kegiatan beribadah
|
39. Dapat
hidup berdampingan dengan teman yang beragama lain
|
||
40.
Menghormati perayaan hari besar agama lain
|
B. Sosial, Emosional, dan Kemandirian
Tingkat
capaian perkembangan
|
Capaian
perkembangan
|
Indikator
|
1. Bersikap kooperatif dengan
teman
|
1.1. Bersikap
kooperatif
|
1. Dapat
melaksanakan tugas kelompok
|
2. Dapat
bekerja sama dengan teman
|
||
3. Mau bermain
denngan teman
|
||
2. Menunjukkan sikap toleran
|
2.1.
Menunjukkan sikap toleran
|
4. Mau meminjamkan miliknya
|
5. Mau berbagi dengan teman
|
||
6. Saling membantu antara teman
|
||
3.
Menekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih,
antusias, dll)
|
3.1.
Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih,
antusias, dll)
|
7. Sabar menunggu giliran
|
8. Mengendalikan emosi dengan
cara yang wajar
|
||
9. Senang ketika mendapatkan
sesuatu
|
||
10. Antusias ketika melakukan
kegiatan yang diinginkan
|
||
4. Mengenal
tata krama dan sopan santun sesuai denngan nilai sosial budaya setempat
|
4.1. Mengenal
tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
|
11. Memberi dan membalas salam
|
12. Berbicara dengan tidak
berteriak
|
||
5. Memahami peraturan
|
5.1. Memahami
peraturan
|
13. Datang kesekolah tepat
waktu
|
14. Mentaati tata tertib
sekolah
|
||
15. Mentaati tata tertib atau
aturan di kelas
|
||
16. Mentaati peraturan sekolah
|
||
6. Menunjukkan rasa simpati
|
6.1.
Menunjukkan rasa simpati
|
17. Menghibur teman yang sedih
|
18. Mendoakan teman yang sakit
|
||
7. Memiliki
sikap gigih (tidak m. udah menyerah)
|
7.1. Memiliki
sikap gigih (tidak mudah menyerah)
|
19. Melaksanakan tugas sendiri
sampai selesai
|
20. Dapat menerima kritik
|
||
21. Berani bertanya dan
menjawab pertanyaan
|
||
22. Bertanggung jawab akan
tugasnya
|
||
8. Bangga
terhadap hasil karya sendiri
|
8.1. Bangga
tehadap hasil karya sendiri
|
23. Menunjukkan kebanggaan
terhadap hasi karyanya sendiri
|
24. Memelihara hasil karyanya
sendiri
|
||
9. Menghargai
keunggulan orang lain
|
9.1.
Menghargai keunggulan orang lain
|
25. Dapat memuji teman atau
orang lain
|
26. Menghargai hasil karya
orang lain
|
||
27. Menghargai keunggulan teman
atau orang lain
|
C.
BAHASA
Tingkat
capaian perkembangan
|
Capaian
perkembangan
|
Indikator
|
♣ Menerima bahasa
|
||
1. Mengerti perintah secara bersamaan
|
1.1. Memahami
perintah secara bersamaan
|
1. Melakukan 3-5 perintah
secara berurutan dengan benar
|
2. Meniru kembali 4-5 urutan
kata
|
||
3. Mendengarkan dan
menceritakan kembali secara urut
|
||
2. Mengulang
kalimat yang lebih kompleks
|
2.1. Mengulang
kalimat yang lebih kompleks
|
4.
Menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana dengan urut
|
5. Meniru
kalimat sederhana
|
||
6. Mengulang
kalimat yang telah didengarnya
|
||
3. Memahami
aturan dalam suatu permainan
|
3.1. Memahami
aturan dalam suatu permainan
|
7.
Mengungkapkan aturan suatu permainan
|
8. Mentaati
aturan permainan
|
||
♣ Mengungkapkan bahasa
|
||
1. Menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks
|
1.1. Menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks
|
9. Menunjukkan
posisi suatu benda (diatas, dibawah, depan, belakang, dst)
|
10. Menjawab
pertanyaan tentang pertanyaan atau informasi
|
||
11. Memberikan
keterangan informasi tentang kejadian yang pernah dialami
|
||
12. Menjawab
pertanyaan tentang apa, dimana, bagaimana, dsb
|
||
2. Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
|
2.1.
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
|
13. Membedakan
macam-macam suara
|
14.
Menyebutkan berbagai bunyi atau suara tertentu
|
||
15.
Mengelompokkan macam-macam gambar yang memiliki bunyi yang sama
|
||
3.
Beerkomunikasi secata lisan, memiliki
perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca
|
3.1. Memiliki
perbendaharaan kata yang digunakan untuk berkomunikasi ssehari-hari dan untuk
kesiapan membaca, menulis, berhitung
|
16.
Mengelompokkan kata-kata yang sejenis
|
17. Membaca
cerita bergambar yang memiiki kalimat yang sederhana
|
||
18. Bercerita
tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri
|
||
19.
Menceritakan isi buku dengan
menunjukkan beberapa kata yang dikenalnya
|
||
20. Menyanyi
lebih dari 20 lagu anak
|
||
21. Beerani
bertanya secara sederhana
|
||
4. Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap
|
4.1. Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap
|
22. Bercerita
menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, dsb
|
23.
Menceritakan sesuatu yang diperoleh dari pengalaman
|
||
24. Membuat
sajak sederhana
|
||
25. Bercerita
tentang suatu kejadian secara sederhana
|
||
26. Memberi
keterangan tentang suatu hal
|
||
5. Memiliki
kata untuk mengekspresikan ide kepada orang lain
|
5.1. Memiliki
lebih banyak kata untuk mengekspresikan ide kepada orang lain
|
27. Melengkapi
kalimat sederhana yang sudah dimulai oleh guru (misalya : kemarin ibu pergi
ke…..)
|
28. Mau mengungkapkan pendapat
secara sederhana
|
||
29. Menceritakan gerak pantomim
kedalam bahasa lisan
|
||
6. Melanjutkan
sebagian cerita atau dongeng yang telah diperdengarkan
|
6.1.
Melanjutkan sebagian cerita / dongeng yang telah diperdengar kan
|
30. Mendengarkan dan
menceritakan kembali cerita secara urut
|
31. Mengurutkan dan
menceritakan gambar seri
|
||
32.
Melanjutkan cerita yang telah diperdengarkan oleh guru
|
||
33. Bercerita
tentang gambar yang telah disediakan dengan menggunakan kata yang dibuat
sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas
|
||
♣Keaksaraan
|
||
1. Menyebutkan
simbol atau huruf yang dikenali
|
1.1.
Menyebutkan simbol –simbol huruf yang sudah dikenal
|
34.
Menyebutkan huruf vokal dan konsonan
|
35. Menebali
huruf
|
||
36. Membuat
gambar atau coretan tentang cerita mengenai gambar yang dibuat sendiri
|
||
2. Mengenal
suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
|
2.1. Mengenal
suara huruf awal dari nama benda yang ada di sekitarnya
|
37.
Menyebutkan nama-nama benda yang suara hurufnya sama
|
3. Menyebutkan
kelompk gambar yang mempuyai bunyi huruf awal yang sama
|
3.1.
Menyebutkan kelompok gsmbsr yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama
|
38.
Menyebutkan kata yang memilliki huruf awal yang sama dan suku akhir yang sama
|
39.
Menghubungkan gambar dengan kata yang sesuai
|
||
4. Memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
|
4.1. Memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
|
40. Membaca
gambar yang memiliki kata atau kalimat sederhana
|
41.
Menceritakan isi buku walaupun tidak sama tulisannya dengan apa yang
diungkapkan
|
||
42.
Menghubungkan tulisan sederhana dengan
simbol yang melambangkannya
|
||
43. Membaca
buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dengan menunjukkan
beberapa kata yang dikenalinya
|
||
44.
Mengucapkan syair lagu, sambil diiringi senandung lagunya
|
||
5. Membaca nama sendiri
|
5.1. Membaca nama sendiri
|
45. Membaca nama sendiri dengan
lengkap
|
6. Menulis nama sendiri
|
6.1. Menulis nama sendiri
|
46. Menulis nama sendiri
denngan lengkap dan benar
|
D. KOGNITIF
Tingkat
capaian perkembangan
|
Capaian
perkembangan
|
Indikator
|
♣ Pengetahuan umum dan sains
|
||
1.Mengklasifikasikan
benda berdasarkan fungsinya
|
1.1. Mengenal
benda berdasarkan fungsinya
|
1. Mengungkapkan kegunaan atau fungsi suatu benda
|
2. Menyebutkan dan menceritakan kegunaan suatu
benda (air untuk minum, pensil untuk menulis, dll)
|
||
3. Menunjukkan dan mencari sebanyak-banyaknya
benda berdasarkan fungsinya
|
||
1.2.
Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi
|
4. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara
menurut fungsinya (misal : peralatan makan, peralatan mandi, dll)
|
|
5. Memasangkan benda sesuai dengan pasanganya
berdasarkan pada fungsinya (piring denga nasi, kaos kaki dengan kaki, baju
dengan orang)
|
||
2.Menunjukkan
aktifitasyang bersifat eksploratif dan menyidik (seperti apa yang terjadi
ketika air ditumpahkan)
|
2.1. Anak
dapat memahami konsep-konsep sains sederhana
|
6. Mencoba dan menceritakann apa yang terjadi jika
warna dicampur
|
7. Mencoba proses pertumbuhan tanaman yang tumbuh
dari biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan
|
||
8. Mencoba dan menceritakan balon ditiup lalu
dilepaskan
|
||
9. Mencoba benda-benda dimasukkan ke dalam air
(mengapung, melayang, tenggelam)
|
||
10. Mencoba dan menceritakan benda-benda yang
dijatuhkan (gaya
gravitasi)
|
||
11. Percobaan benda-benda didekatkan dengan magnet
|
||
12. Pengamatan dengan kaca pembeasr
|
||
13. Mencoba dan membedakan bermacam-macam bau,
rasa, suara
|
||
3. Menyusun
perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
|
3.1. Memahami
jenis perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
|
14. Menunjukkan waktu yang dikaitkan dengan jam
|
15. Membedakan dan menyatakan waktu 9pagi, siang,
malam)
|
||
3.2. Menyusun
perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan
|
16. Mengetahui nama-nama hari dalam satu minggu
|
|
17. Mengetahui nama-nama bulan dalam satu tahun
|
||
18. Membuat rencana kegiatan yang akan dilakukan
|
||
3.3.
Melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan
|
19. Menceritakan kegiatan sehari-hari
|
|
20.Melaksanakan tugasa atau rencana yang sudah
disusun tepat pada waktunya
|
||
4. Mengenal
sebab akibat tentang lingkungan (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air
dapat menyebabkan sesuatu basah)
|
4.1. Mengenal
konsep sebab akibat tentang kejadian di lingkunganya
|
21. Menceritakan sebab terjadinya suatu peristiwa
di lingkungan (bajir, hujan, pelangi, dsb)
|
22. Mengungkapkan sebab akibat (mengapa sakit
gigi, mengapa kita lapar)
|
||
23. Mengungkapkanasal mula terjadinya sesuatu(
terjadinya susu, beras, dll)
|
||
5. Menunjukkan
inisiatif dalam memilih tema permainan( seperti ayo kita bermain, pura-pura
seperti burung)
|
5.1. Mengenal
jenis permainan
|
24. Menyebutkan jenis permainan tradisional dan
kontemporer
|
25. Mengungkapkan cara bermain dalam sebuah
permainan
|
||
5.2. Anak
mempunyai inisiatif dalam memilih tema permainan
|
26. Melakukan permainan tradisional
|
|
27. Melakukan permainan kontemporer
|
||
28. Bermain peran
|
||
29. Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair
lagu atau cerita
|
||
30. Mengekspresikan gerakan dengan irama musik /
lagu
|
||
6. Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
6.1. Memecaahkan masalah sederhana dalam kehidupan
sehari-hari
|
31. Mengerjakan maze (mencari jejak) yang lebih
kompleks (3-4 jalan)
|
32. Menyusun kepingan puzle menjadi bentuk utuh
(lebih dari 8 kepingan)
|
||
33. Menunjukkan kejanggalan suatu gambar
|
||
34. Mampu mengambil keputusan secara sederhana
|
||
♣ Konsep
bentuk, warna, ukuran, dan pola
|
||
1.Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran (lebih dari, kurang dari, dan paling/ter)
|
1.1. Mengenal perbedaan benda berdasarkan ukuran
|
35. Menyebutkan jenis-jenisukuran suatu benda
|
36. Mengukur panjang dengan langkah, jengkal,
lidi, penggaris, meteran
|
||
1.2. Membedakan benda berdasarkan ukuran (lebih
dari, kurang dari, dan paling / ter)
|
37. Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang
sama jumlahnnnya, tidak sama, lebih banyak, lebih sedikit
|
|
38. Mengenal perbedaan panjang pendek, jauh dekat,
tebal tipis, dst
|
||
39. Membedakan berat benda dengan timbangan
(buatan atau sebenarnya)
|
||
40. Mengisi dan menyebutkan isi wadah ( satu
gelas, satu botol, dll yg diisi dengan air, biji-bijian dll)
|
||
2.
Mengklasifikasikan benda brdasarkan warna, bentuk dan ukuran (tiga variasi)
|
2.1. Mengenal klasifikasi benda berdasarkan warna,
bentuk, ukuran (3 variasi)
|
41. Menyebutkan berbagai macam benda berdasarkan
warna, bentuk, dan ukuran
|
42. Menunjukkan dan mencari benda, hewan, tanaman,
yang mempunyai bentuk, warna, atau menurut ciri tertentu
|
||
2.2. Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna,
bentuk, ukuran (3 variasi)
|
43. Mengelompokkan benda 3 dimensi (benda yang
sebenarnya) menurut ciriciri tertentu (warna, bentuk, ukuran)
|
|
44. Mengelompokkan benda denga berbagai cara
menurut ciri-ciri tertentu (warna, bentuk, ukuran)
|
||
2.3. Mengenal bentuk geometri
|
45. Menyebut dan menunjukan bentuk-bentuk geometri
|
|
46. Mengelompokan bentuk-bentuk geometri
(lingkaran, segitiga, dll)
|
||
47. Menyebutkan dan menunjuk benda-benda yang
berbentuk geometri
|
||
48. Memasangkan bentuk geometri dengan benda 3 dimensi (benda sebenarnya)
yg berbentuk geometri (lingkaran, segi tiga, dll)
|
||
3.
Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak dalam kelompok yang sama atau
kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan yang lebih dari 2
variasi
|
3.1. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak
dalam kelompoook yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang
berpasangan yang lebih dari 2 variasi
|
49. Memasangkan benda sesuai dengan pasanganya,
jenisnya, persamaanya, bentuknya
|
50. Menunjukan, menngelompokan, benda yang
jumlahnya sama, tidak sama, lebih banyak, lebih sedikit dari 2 kumpulan benda
|
||
51. Menyebutkan dan menceritakan perbedaan 2 buah
benda
|
||
4. Mengenal
pola ABCD ABCD
|
4.1. Mengenal berbagai macam pola
|
52. Memperkirakan urutan berikutnya setelah
melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan (merah, putih, hijau)
|
53. Menyusun pola benda atau gambar berdasarkan
pola yang sudah ditentukan
|
||
54. Meniru pola denngan menggunakan berbagai benda
|
||
55. Meniru pola dengan menggunakan 4-8 kubus
|
||
5. Mengurutkan
benda berdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
|
5.1. Mengenal konsep benda berdasarkan ukuran
paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
|
56. Menyebutkan urutan benda dari ukuran yang
paling kecil ke yang paling besar atau sebaliknya
|
57. Mengurutkan benda dari ukuran yang paling
kecil ke yang paling besar atu sebaliknya
|
||
5.2. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling
kecil ke paling besar atau sebaliknya
|
58. Menyusun benda dari besar ke kecil atau
sebaliknya
|
|
59. Menyusun benda dari panjang pendek, atau
sebaliknya
|
||
60. Menyusun benda dari rendah ke tinggi atau
sebaliknya
|
||
♣ Konsep bilangan, lambang bilangan
dan huruf
|
||
1.Menyebutkann
ambang bilangan 1-10
|
1.1. Mengenal konsep bilangan dari 1-10
|
61. Menyebutkan urutan bilangan dari 1-10
|
62. Menunjukan lambang bilangan dari 1-10
|
||
63. Meniru lambanng bilangan 1-10
|
||
1.2. Memahami bilangan
|
64. Membuat urutan bilangan 1-20 dengan
benda-benda
|
|
65. Membilang (mengenal konsep bilangan dengan
benda) sampai 20
|
||
66. Menyebutkan hasil penjumlahan dan pengurangan
dengan benda sampai dengan 10
|
||
2. Mencocokan
bilangan dengan la,bang bilangan
|
2.1.
Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan
|
67. Mencocokan bilangan denan lambang bilangan
|
68. Menghubungkan atau memasangkan lambang
bilangan dengan benda sampai 10
|
||
3. Mengenal
berbagai macam lambanga huruf vokal dan konsonan
|
3.1. Mengenal
berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
|
69. Pengenalan huruf vokal dan konsonan
|
70. Mengenal lambang bilangan 1-20
|
||
71. Meniru berbagai lambang bilangan, huruf vokal
dan konsonan
|
E.
FISIK MOTORIK
Tingkat
Capaian Perkembangan
|
Capaian
Perkembanga
|
Indikator
|
♣ Motorik kasar
|
||
1.Menirukan
gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, kelincahan dan
keseimbangan
|
1.1.
Menggerakan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, kelincahan,
keseimbangan dan melatih keberanian
|
1. Berjalan
pada garis lurus dengan atau tanpa beban
|
2. Berjalan
diatas papan titian dengan atau tanpa beban
|
||
3. Berjalan
maju atau mundur sambil berjinjit 2-3 m sambil membawa beban
|
||
4. Meloncat
dari ketinggian 30-50-cm
|
||
5. Memanjat,
bergantung, berayun
|
||
6. Berdiri
dengan posisi tumit diatas dengn seimbang dalam 20 detik
|
||
7. Berlari
sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh
|
||
8. Merayap dan
merangkak dengan berbsgsi variasi
|
||
9. Bermain
dengan simpai
|
||
10. Bermain
lompat dengan karet
|
||
2.
Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala dan melakukan tarian /
senam
|
2.1. Melakukan
koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala, dalam melakukan tarian
|
11.
Mengekspresikan berbagai gerakan sesuai dengan irama musik/ ritmik dengan
lentur
|
12.
Mengekspresikan diri dalam gerakan bervariasi dengan lentur dan lincah
|
||
13. Gerakan
bebas dengan irama musik
|
||
14.
Menari tradisional sesuai / menuruut musik yang didengar (magetan kumandang,
jaranan, dll)
|
||
15. Menari
kontemporer / modern sesuai dengan musik yang didengar (burung kutilang,
lihat kebunku)
|
||
2.2. Melakukan
koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala dalam melakkukan senam
|
16. Senam
fantasi menirukan gerakan binatang dengan lincah
|
|
17. Senam
fantasi menirukan gerakan tanaman dengan lincah
|
||
18. Senam
fantasi menirukan gerakan tertentu (pesawat terbang, petani mencangkul, dll)
|
||
19. Senam
menurut musik yang didengar (senam sehat ceria, senam reog, dll)
|
||
3. Melakukan
permainan fisik dengan teratur
|
3.1. Melakukan
permainan fisik denngan teratur
|
20. Berenang
|
21. Menendang
bola kedepan dan kebelakang
|
||
22. Bermain
sepak bola
|
||
23. Melakukan
permainan fisik (petak umpet, bintang alihan, dll)
|
||
24. Bertepuk
tangan denggan 3 pola
|
||
4. Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri
|
4.1.
Menggerakkan tangannya untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
|
25. Melempar
dan menangkap bola besar, sedang, kecil ±1-2 M
|
26.
Memantulkan bola besar, sedang kecil (diam ditempat)
|
||
27. Mampu
memantulkan bola besar, sedang, kecil, sambil berjalan ± 1-2 M
|
||
28. Mampu
memantulkan bola besar, sedang, kecil dengan memutar badan , mengayun lengan
dan melangkah
|
||
29. Mampu
melambungkan dan menangkaap bola / kantong biji-bbijian (diam di tempat)
|
||
30. Mampu
melambungkan bola / kantung biji (sambil berjalan / bergerak)
|
||
5. Melakukan
kegiatan kebersihan diri
|
TRIAS
UKS
5.1. Melakukan
kegiatan kebersihan diiri (pendidikan kesehatan)
|
31. Mengurus
dirinya sendiri tanpa bantuan (makan, mandi menyisir rambut, dll)
|
32.
Membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan (mandi, buang air kecil, dll)
|
||
33. Menggosok
gigi secara rutin
|
||
34. Menjaga
kebersihan diri sendiri, kebersihan kuku, telinga
|
||
35.
Membersihkan peralatan makan dan minum setelah digunakan
|
||
5.2. Menjaga
kebersihan lingkungan sekolah
|
36. Membuang
sampah pada tempatnya
|
|
37. Membedakan
sampah basah dan kering
|
||
38. Menanam
tanaman untuk keindahan sekolah
|
||
39.
Mengembalikan mainan pada tempat yang sudah disediakan
|
||
♣ Motorik halus
|
||
1.Menggambar sesuai dengan
gagasanya
|
1.1. Menggambar bebas
|
40. Menggambar bebas dengan
menggunakan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, crayon, spidol, arang
dan bahan-bahan alam) dengan rapi
|
1.2.
Menggambar dalam bentuk
|
41. Menggambar
bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga, segi empat
|
|
42. Menggambar
bebas didalam bentuk lingkaran, sei tiga, segi empat
|
||
43. Mencetak
dengan berbagai media (jari/ finger painting, pelepah pisang, daun, dll)
dengan lebih rapi
|
||
2. Meniru bentuk
|
2.1. Meniru
bentuk
|
44. Meniru
membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
|
45. Meniru
melipat kertas sederhana (1-7 lipatan)
|
||
46. Meniru
membuat bentuk 3 dimensi
|
||
47. Membuat
bentuk lingkaran, segi tiga, bujur sangkar dengan rapi
|
||
48. Mencocok
bentuk
|
||
3. Melakukan
eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
|
3.1.
Menciptakan sesuatu dengan berbagai media
|
49. Meronce
2-3 pola dengan berbagai media (manik-manik, sedotan, merjan)
|
50. Menganyam
dengan berbagai media (kertas, kain perca, dll)
|
||
51.
Menciptakan 3 bentuk banngunan dari balok
|
||
52.
Menciptakan 3 bentuk dari kepingan geometri
|
||
53.
Menciptakan bentuk dengan lidi, korek api, stik es krim,dll
|
||
54.
Menciptakan berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, tanah liat, dsb
|
||
55. Membatik
dan jumputan dari kertas, tisu, dll
|
||
3.2.
Bereksplorasi dengan berbagai media
|
56. Permainan
warna dengan berbagi media ( dengan craayon, cat air, pensil warna, dll)
|
|
57. Membuat
berbagai bunyi dengan alat membentuk irama
|
||
58. Membuat
mainan dengan tehnik merobek, melipat, mmenempel
|
||
59. Mewarnai
bentuk gambar sederhana dengan rapi
|
||
60. Mewarnai
bentuk 3 dimensi dengan berbagi media
|
||
61. Melukis
dengan berbagai media (pelepah pisang, daun, bulu ayam, dsb)
|
||
62. Melukis
dengan jari (finger painting)
|
||
63. Membuat
berbagai bentuk dari kertas, daun , kain, dll
|
||
4. Menggunakan
alat tulis dengan benar
|
4.1.
Menggunakan alat tulis dengan benar
|
64. Memegang
pensil dengan benar ( antara ibu jari dan 2 jari)
|
65. Membuat
berbagai macam coretan
|
||
66. Menulis
lambang bilangan dan huruf
|
||
5. Menggunting
sesuaai dengan pola
|
5.1.
Menggunting sesuai dengan pola
|
67. Membuat
mainan dengan tehnik menggunting, melipat dan menempel
|
68. Membuat
mainan dengan tehnik menggunting, melipat, menempel menjadi bentuk 3 dimensi
|
||
69.
Menggunting dengaan berbagai media berdasarkan bentuk / pola 9lurus,
lengkung, zig-zag, dll)
|
||
6. Menempel gambar dengan tepat
|
6.1. Menempel gambar dengan tepat
|
70. Membuat
gambar dengan tehnik kolase dengan berbagai media (kertas, ampas kelapa,
bijibijian, dll)
|
71. Membuat
gambar dengan tehnik mozaik dengan berbagai bentuk (lingkaran, segi tiga,
dll)
|
||
72. Membuat
gambar dengan tehnnnik montase dengan berbagai media (kertas koran, kain
perca, dll)
|
||
7.
Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
|
7.1. Gerakan
menggambar secara detail
|
73. Menggambar
sesuai pola
|
74. Menggambar
orang ,binatang, tanaman ,benda dengan proporsional
|
||
♣ Kesehatan fisik
|
||
1.Memiliki
kesesuaian antara usia dengan berat badan
|
1.1. Memahami
pertumbuhan dan perkembangan anak
|
75. Melakukan
DDTK secara berkala
|
76. Melakukan
penimbangan berat badan secara teratur
|
||
77. Mengukur
berat badan dengan mennggunakan rumus (BB / U)
|
||
2. Memiliki kesesuaian antara
usia dengan tinggi badan
|
2.1.
Mengetahui kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
|
78. Mengukur tinggi badan
secara berkala
|
79. Mengukur lingkar kepala
secara berkala
|
||
3. Memiliki
kesesuaian antara tinggi dan berat badan
|
3.1. Memahami
kesesuaian antara tinggi dan berat badan
|
80. Memahami
DDTK anak usia TK
|
81. Melakukan
DDTK secara berkala (pemberian makan tambahan secara rutin)
|
||
82.
Pemeriksaan UKS / kesehatan secara rutin
|