PENGEMBANGAN
KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB)
Mau
naik pangkat ?, itu yang pertama ditanyakan oleh Prof. Dr. Ir.H.Suhardjono,Dipl
H.E.MPd,sebelum menyampaikan materinya, beliau adalah salah
satu anggota Tim tehknis penilai angka kredit guru
pusat, didalam bidang karya tulis ilmiah (KTI) guru.
Apabila
jawaban kita “YA” maka yang harus kita kerjakan adalah : (1) mengumpulkan angka
kredit dan (2) mengusulkan kenaikan pangkat kita. Pertanyaan selanjutnya lalu
darimana angka kredit didapat. AK (angka kredit didapat ) dari :
a.
Pendidikan
b.
Pelaksanaan pembelajaran
c.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan
(PKB)
d.
penunjang
PKB
adalah kegiatan pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan
kebutuhan berkelanjutan untuk meningkat profesionalnya (Permennegpan dan
Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 pada Bab I pasal 1 butir 5).
Ada 3 (tiga) kegiatan , pada PKB
yaitu :
A
|
Pengembangan
Diri
|
1.mengikuti
diklat fungsional
|
2.melaksanakan
kegiatan kolektif guru
|
||
B
|
Publikasi
Ilmiah
|
1.membuat
publikasi ilmiah
|
2.membuat
publikasi buku
|
||
C
|
Karya
INOVATIF
|
1.menemukan
tehknologi tepat guna
|
2.menemukan/menciptakan
karya seni
|
||
3.membuat/memodifikasi
alat pelajaran
|
||
4.mengikuti
pengembangan penyususn standar,pedoman, soal dan sejenisnya
|
Macam
publikasi ilmiah dan berapa angka kreditnya, berdasar Permennegpan dan RB Nomor
16 tahun 2009, terdapat 10 macam publikasi ilmiah, yang masing - masing mempunyai besaran angka kredit yang
berbeda
No
|
Macam
Publikasi ilmiah
|
kode
|
keterangan
|
Angka
kredit
|
1
|
Makalah
yang dipresentasikan di forum ilmiah
|
1a
|
Pemrasaran/
nara sumber pada seminar atau lokakarya
|
0.2
|
1b
|
Pemrasaran/
nara sumber pada kolokium atau diskusi ilmiah
|
0,2
|
||
3
|
Publikasi
ilmiah berupa hasil penelitian
/gagasan ilmiah dibidang pendidikan formal
|
2a
|
Berupa
buku yang diterbitkan ber ISBN diedarkan secara nasional atau ada pengakuan
dari BSNP
|
4
|
2b
|
Berupa
tulisan (artikel ilmiah) dimuat di jurnal ilmiah tingkat nasional yang
terakreditasi
|
3
|
||
2c
|
Berupa
tulisan (artikel ilmiah) dimuat dijurnal ilmiah tingkat propinsi
|
2
|
||
|
||||
2d
|
Berupa
tulisan (artikel ilmiah) dimuat dijurnal ilmiah tingkat kabupaten/kota
|
1
|
||
2e
|
Berupa
makalah hasil penelitian dan telah diseminarkan di sekolah penulis
|
4
|
||
3
|
Makalah
berupa tinjauan ilmiah
|
3a
|
Tinjauan
ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan
|
2
|
4
|
Tulisa
Ilmiah Populer
|
4a
|
Artikel
ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikan dimuat di media massa tingkat nasional
|
2
|
4b
|
Artikel
ilmiah populer dibidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikan dimuat di media massa tingkat propinsi
|
1,5
|
||
5
|
Artikel
ilmiah dibidang pendidikan
|
5a
|
Artikel
ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan
dimuat di Jurnal tingkat nasional terakreditasi
|
2
|
5b
|
Artikel
ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan
dimuat di Jurnal tingkat nasional tidak terakreditasi/propinsi
|
1,5
|
||
5c
|
Artikel
ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan
dimuat di Jurnal tingkat lokal/ kabupaten/sekolah/madrasah.
|
1
|
||
6
|
Buku
Pelajaran
|
6a
|
Buku
pelajaran yang lolos penilaian oleh BNSP
|
6
|
6b
|
Buku
pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan berISBN
|
3
|
||
6c
|
Buku
pelajaran yang dicetak oleh penerbit tetapi belum ber ISBN
|
1
|
||
7
|
Modul
/ Diktat Pembelajaran per semester
|
7a
|
Modul/diktat
yang digunakan tingkat propinsi
|
1,5
|
7b
|
Modul/diktat
yang digunakan tingkat kabupaten/ kota
|
1
|
||
7c
|
Modul/diktat
yang digunakan tingkat sekolah/madrasah
|
0,5
|
||
8
|
Buku
Dalam Bidang Pendidikan
|
8a
|
Buku
dalam bidang pendidikan yang dicetak oleh penerbit dan ber ISBN
|
3
|
8b
|
Buku
dalam bidang pendidikan yang dicetak oleh penerbit tetapi belum ber ISBN
|
1,5
|
||
9
|
Karya
Terjemahan
|
9a
|
Karya
hasil terjemahan
|
1
|
10
|
Buku
Pedoman Guru
|
10a
|
Buku
Pedoman Guru
|
1,5
|
Macam
Jenis Publikasi untuk setiap jenjang penilaian
sebagai berikut :
Dari
pangkat/ golongan
|
Ke
pangkat/ golongan
|
Angka
kredit publikasi ilmiah dan/karya inovatif
|
Macam
publikasi ilmiah yang wajib ada
|
Penata
Pertama golongan IIIa
|
Guru
Pertama golongan IIIb
|
-
|
-
|
Guru
Pertama golongan IIIb
|
Guru
Muda golongan IIIc
|
4 (empat)
|
Bebas
pada jenis karya publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif
|
Guru
Muda golongan IIIc
|
Guru
Muda golongan IIId
|
6 (enam)
|
Bebas
pada jenis karya publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif
|
Guru
Muda golongan IIId
|
Guru
Madya golongan IVa
|
8 (delapan)
|
Minimal
terdapat 1 (satu) laporan hasil penelitian (kode 2e)
|
Guru
Madya golongan IVa
|
Guru
Madya golongan IVb
|
12 (dua belas)
|
Minimal
terdapat 1 (satu) laporan hasil penelitian (kode2e) dan satu (1)
Artikel
yang dimuat di jurnal ber ISSN (2b,2c,atau 2d)
|
Guru
Madya golongan IVb
|
Guru
Madya golongan IVc
|
12 (dua belas
|
Minimal
terdapat 1 (satu) laporan hasil penelitian (kode2e) dan satu (1)
Artikel
yang dimuat di jurnal ber ISSN (2b,2c,atau 2d
|
Guru
Madya golongan IVc
|
Guru Utama golongan IVd
|
14 (empat belas)
|
Minimal
terdapat 1 (satu) laporan hasil
penelitian (kode2e) dan 1 (satu)
Artikel
yang dimuat di jurnal ber ISSN (2b,2c,atau 2d dan 1 (satu) buku pelajaran
atau buku pendidikan yang ber ISSN (6a, atau 6b)
|
Guru
Utama golongan IVd
|
Guru
Utama golongan IVe
|
20 (dua puluh)
|
Minimal
terdapat 1 (satu) laporan hasil
penelitian (kode2e) dan 1 (satu)
Artikel
yang dimuat di jurnal ber ISSN (2b,2c,atau 2d dan 1 (satu) buku pelajaran
atau buku pendidikan yang ber ISSN (6a, atau 6b)
|
Bagaimana
mempuplikasikan laporan PTK ?
Berdasarkan pada
Pernennaegpan dan RB Nomer 16 tahun 2009, PTK dapat dipublikasikan dalam 3
bentuk yaitu:
1.
Buku : publikasi bentuk buku adalah
berupa buku yang berisi laporan hasil penelitian yang diterbitkan/
dipublikasikan dalam bentuk buku ber ISBN dan telah mendapat pengakuan BNSP.
Nilai angka kreditnya 4.
2.
Artikel Ilmiah pada majalah
ilmiah/jurnal ilmiah : laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel
ilmiah diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah yang
diedarkan secara nasional dan terakreditasi (angka kredit 3), atau jurnal
ilmiah tingkat propinsi (angka kredit 2) atau jurnal ilmiah tingkat
kabupaten/kota (angka kredit 1).
3.
Makalah laporan hasil penelitian :
berupa makalah yang telah diseminarkan di sekolah/madrasahnya dan disimpan di
perpustakaan (angka kredit 4).
Bagaimana
Kerangka Isi Publikasi Ilmiah PTK
1.
Bagian Awal terdiri dari (a) hlaman
judul, (b) lembar peersetujuan dan pernyataan dari Kepala Sekolah yang
menyatakan keaslian tulisan dari penulis, (c) Pernyataan dari perpustakaan yang
menyatakan bahwa makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan
sekolah/madrasah , (d) pernyataan keaslian tulisan yang dibuat dan
ditandatangani oleh penulis, (e) kata pengantar, (f) daftar isi (bila ada
daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran), (g) abstraksi/ ringkasan
2.
Bagian Isi pada umumnya terdiri dari
beberapa bab :
A. Bab
I : pendahuluan yang menjelaskan tentang latar belakang masalah, perumusan
masalah, tujuan dan manfaat.
B. Bab
II : Kajian/ Tinjauan Pustaka yang berisi uraian tentang kajian teori/ pustaka
yang berkesesuaian dengan permasalahan yang dikaji. Juga kajian teori yang
berkaitan dengan macam tindakan yang akan dilakukan, proses tindakan, ketepatan
dan kesesuaian tindakan dengan tujuan yang diharapkan terjadi dengan adanya
tindakan tersebut.
C. Bab
III Metode penelitian yang menjelaskan tentang prosedur penelitian (terutama
prosedur diagnosis masalah, penjelasan rinci tentang perencanaan dan
pelaksanaan tindakan, prosedur observasi dan evaluasi ,prosedur refleksi, serta
hasil penelitian).
D. Bab
IV Hasil penelitian dan pembahasan serta mengemukakan gambaran tentang
pelaksanaan tindakan, dimulai dari setting atau pengaturas siswa, penjelasan
umum jalannya pembelajaran diikuti penjelasan siklus demi siklus . Akhir dari
bab ini adalah pembahasan, yaitu pendapat peneliti tentang bagaimana keunggulan
pembahasan , yaitu pendapat peneliti tentang bagaimana keunggulan dan kelemahan
dari tindakan serta kemungkinannya untuk diterapkan lagi untuk memperoleh
gambaran model tindakan ini sebagai metode mengajar yang dipandang kreatif dan
inovatif.
E. Bab
V Simpulan dan saran
3.
Bagian Penunjang : umumnya terdiri dari
daftar pustaka dan lampiran. Lampiran utama yang harus disertakan :
A. Semua
instrumen yang digunakan untuk mengukur proses pembelajaran yang berupa (a)
isian lembar observasi, (b) isian pengamatan tentang aktivitas kelas (c) isian
atau check list tentang aktivitas siswa.
B. Semua
instrumen yang Telah diisi dan divalidasi yang dipergunakan untuk pengukuran
hasil belajar, seperti test , angket, wawancara dll.
C. Semua
dokumen yang memberikan bukti bahwa PTK tersebut telah dilakukan sesuai dengan
rencana, antara lain : ijin kepala sekolah, daftar hadir siswa, catatan harian
kegiatan, rancangan pembelajaran, bahan – bahan ajar, foto – foto kegiatan yang
menginformasikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dll.
D. Semua
dokumen yang membuktikan bahwa PTK telah diseminarkan di sekolahnya . Lampiran
ini harus ada (a) berita acara seminar, (b) daftar hadir peserta , (c)
keterangan dari kepala sekolah, (d) foto – foto, (e) makalah ringkasan/ power
point.
Penyebab
PTK ditolak :
1.
Tidak jelas apa , bagaimana, dan mengapa
kegiatan tindakan yang dilakukan, juga tidak jelas bagaimana peran hasil
evaluasi dan refleksi pada penentuan siklus – siklus berikutnya.
2.
Berupa laporan pembelajaran yang biasa . tahapan dalam siklus sama dengan
tahapan biasa. PTK bukan pembelajaran biasa tetapi merupakan proses mencoba dan
menganalisis penggunaan metode baru yang diutamakan bukan hanya hasil tapi
prosesnya.
3.
Metode penelitian belum mengemukakan
tahapan dan tindakan tiap siklus dan indikator keberhasilannya, pada laporan
hasil dan pembahasan belum melaporkan data lengkap tiap siklus, perubahan yang
terjadi pada siswa atau lampiran – lampiran belum lengkap.
4.
Tidak terdapat uraian tentang
pelaksanaan tindakan dan perubahan yang terjadi pada setiap siklus.
5.
Belum melampirkan secara lengkap
berbagai macam dokumen yang mampu meyakinkan bahwa penelitian tersebut telah
dilakukan sesuai dengan apa yang dilaporkan.
6.
Tidak sesuai pedoman penulisan
7.
KTI bukan buatan sendiri.
Daftar Pustaka :
Suhardjono, Suparno,
Supriadi, Abdul Azis Husein (2013), Publikasi
Ilmiah dalam
Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan, Malang, Cakrawala Indonesia
Suhardjono, 24 Tanya Jawab PTK sebagai Kegiatan Pengembangan
Profesi Guru,makalah,
Peningkatan kompetensi dan Profesional Guru, Maret 2014