PENYUSUNAN LAPORAN PTK
FORMAT LAPORAN PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)
1. Judul
2. Halaman Pengesahan
3. Kata Pengantar
4. Abstrak
5. Daftar Isi
6. Bab I : Pendahuluan :
a. Latar Belakang
b. Perumusan Masalah
c. Tujuan Penelitian
d. Definisi Operasional
7. Bab II : Kajian Pustaka
8. Bab III: Pelaksanaan Penelitian
a. Subyek Penelitian
b. Lokasi, waktu Penelitian
c. Data dan Sumber Data
d. Instrumen Penelitian
e. Tekhnik Analisis Data
f. Tahap – tahap Penelitian/ Prosedur
Tiap Siklus (perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, Refleksi)
9. Bab IV : Hasil dan Pembahasan
10.
Bab
V: Kesimpulan dan Saran
PEMBAHASAN
1. Judul : Halaman Judul = memuat judul
penelitian, nama peneliti, nama institusi dan tahun
2. Lembar Pengesahan : berisi pengesahan
oleh guru pemandu/ pembimbing, dan
Kepala Sekolah tempat penelitian
3. Kata Pengantar : berisi kata sambutan
dan topik yang akan dibahas peneliti
4. Abstrak : Berisi intisari unsur – unsu penelitian :
permasalahan, tujuan, prosedur
penelitian, kesimpulan dan saran , ditulis tidak melebihi 1 halaman ( tambahkan
kata kunci dibawah judul)
5. Daftar Isi : Berisi daftar judul –
judul didalam laporan dan nomor halamannya.
6. BAB I : PENDAHULUAN :
a. Latar Belakang berisi tentang uraian
masalah pembelajaran, identifikasi dan
analisis masalah, akar penyebab masalah dan pentingnya masalah itu untuk diteliti/
diatasi
b. Perumusan Masalah : berisi hasil identifikasi dan analisis masalah .Sebagai rumusan masalah
ditulis dalam kalimat tanya , yang akan dipecahkan dalam penelitian.
c. Tujuan Penelitian : ditulis sesuai
rumusan masalah dan tindakan perbaikan .
d. Manfaat Penelitian : berisi tentang
penjelasan manfaat penelitian bagi guru,
siswa, lembaga dan pengembangan pembelajaran.
e. Definisi Operasional : berisi tentang
pengertian atau maksud atau batasan dari istilah utama yang digunakan khususnya
dalam judul penelitian
7. BAB II : KAJIAN PUSTAKA
a. Uraian konsep, teori, pendapat ahli,
hasil – hasil penelitian yang relevan dengan masalah dan menjadi landasan
tindakan yang dirancang dalam bentuk kerangka pikir untuk meyakinkan
tindakan perbaikan yang direncanakan dapat
mengatasi masalah.
b. Dari kajian pustaka harus
menghasilkan hipotesis tindakan, yaitu hasil pemecahan masalah sementara yang
didasarkan pada kajian pustaka.
8. BAB III : PELAKSANAAN PENELITIAN
URAIAN TENTANG :
a. Subyek Penelitian
b. Lokasi dan waktu penelitian
c. Data dan sumber data
d. Instrumen Penelitian
e. Tehnik Analisa Data
f. Kriteria Keberhasilan Penelitian
g. Tahap – tahap penelitian /Prosedur
setiap siklus
9. BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN
a. Uraian tentang data hasil penelitian
mulai dari observasi awal ,pelaksanaan
pada siklus 1, dan seterusnya
b. Sajian hasil analisis data diurutkan
sesuai rumusan masalah
c. Pembahasan dapat ditulis terpadu
dengan sajian hasil penelitian atau ditulis terpisah setelah sajian hasil
penelitian. Setiap hasil sajian penelitian ditulis disertai pembahasan,
argumentasi.
Hasil – hasil penelitian : data- data sebelumpenelitian
(fakata – fakta yang ditulis dalam latar belakang) :
1. Siklus 1
.................tabel hasil belajar yang sudah direkap,
analisis data, contoh siswa tuntas 45 % (deskripsikan).
2. Siklus 2 dan seterusnya
10.
BAB
V : KESIMPULAN DAN SARAN
a. Berisi uraian singkat tentang
kesimpulan dan saran
b. Ksimpulan bisa diawali paragraf gambaran siklus – siklus
c. Kesimpulan mengacu pada rumusan
masalah
d. Saran mengacu pada hasil penelitiian.
11.
Daftar
Pustaka
a. Daftar semua referensi (buku,
artikel, jurnal,dokumen resmi, dll) yang digunakan sebagai acuan penelitian.
b. Perhatikan tekhnik penulisannya
(biasanya mencakup nama penulis, tahun penerbitan, judul buku, atau nama
jurnal, dan nomor/ edisi/volume, nama kota penerbit, nama penerbit).
12.
Lampiran
– Lampiran:
a. RPP, Lembar observasi, instrumen
penelitian,hasil kegiatan belajar, foto kegiatan, dan dokumen penunjang lain.