Sabtu, 27 Agustus 2016

Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Berbagai Model Pembelajaran



Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Berbagai Model
Pembelajaran


Model tahapan kegiatan
Kelompok berdasarkan sudut kegiatan
Kelompok berdasarkan kegt. pengaman
Area
Sentra
Penyiapan lingkungan main
Guru menata
ragam main sesuai
dengan sudut yang akan digunakan
(mininal 4 sudut).
Satu sudut dapat diisi dengan
Beragam kegiatan
main.

Guru menata 4 tempat kegiatan main yang terdiri
dari 3 tempat
untuk kegiatan
utama dan 1
tempat untuk kegiatanpengaman.

Guru menata
ragam main
sesuai dengan
area yang
akan digunakan
(minimal 4
area)- Satu areadapat diisi
denganberagam
kegiatan main

Guru menata
ragam main
sesuai dg  sentra yang digunakan
(minimal 4
Kegiatan main).
Untuk anak yang sudah mampu
Dapat dilibatkan
Dalam penataan
Lingkungan main


-      Di setiap tempat kegiatan main tersedia alat, bahan, sumber atau media yang dapat dieksplorasi untuk menerapkan pendekatan saintifik
-      Lingkungan yang disiapkan memungkinkan terbangunnya pemahaman anak yang mendalam terhadap topik atau tema yang dibahas
Pembukaan
-      Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat ,bahan, sumber atau media untuk diamati, baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema/sub tema
-      Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
-      Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan
Perasaannya
-      Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti

INTI
Anak beraktifitas
di sudut untuk
mengumpulkan
informasi

Anak beraktifitas
di sudut untuk
mengumpulkan
informasi
Guru mendampingi
salah satu klp agar anak mendapatkan
informasi yang lebih optimal


Anak beraktifitas di
area untuk
mengumpulkan informasi
- Guru melakukan
individualisasi
kepada anak agar anak
mendapatkan
informasi yang lebih optimal

Anak beraktifitas
di sentra untuk
mengumpulk
an informasi
- Guru
memberikan
pijakan agar
anak mendapatkan informasi yang lebih optimal


-      Dalam kegiatan mengumpulkan informasi anak diberi kesempatan untuk mengamati dan menanya secara lebih luas dan mendalam
-      Anak melakukan uji coba/eksperimen/praktek dengan alat, bahan, sumber atau media yang tersedia secara individu maupun berkelompok
-      Anak membandingkan, mengelompokkan, melakukan pengukuran, dll dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media
-      Anak diberi kesempatan untuk membuat berbagai karya dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media sesuai dengan minat, ide dan kreativitas masing-masing
-       Guru menghargai setiap ide yang dilontarkan oleh anak, mendorong anak untuk memunculkan kreativitasnya, membangun minat anak dan juga terjadinya proses belaja
-       Guru memperjelas/mematangkan pengetahuan yang diperoleh anak serta mendorong anak untuk dapat memperluas gagasan dan hasil karyanya
-      Guru memberikan penguatan atas pengetahuan baru yang didapatkan anak agar menjadi bagian pengetahuan yang masuk ke dalam ingatan anak.

PENUTUP
-      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
-       Dalam proses ini anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
-      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
-      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak