Kamis, 18 Agustus 2016

Contoh Maam ST ANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PAUD


TAMAN KANAK - KANAK  NEGERI PEMBINA
Jalan Kauman RT 11 RW 02 Kelurahan Kawedanan
Kecamatan Kawedanan  Kabupaten Magetan
Phone (0351) 438250

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PAUD
PENGELOLAAN KEGIATAN BELAJAR

NAMA LEMBAGA
TK  NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
KODE DOK.
SOP/PROS-014
UNIT PROGRAM
TAMAN KANAK - KANAK
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN
18 JULI 2016
TGL. REVISI
-

1
JUDUL
Pengelolaan Kegiatan Belajar
2
TUJUAN
Ø  Menumbuhkan minat anak bermain dan mengembangkan pengalamannya dengan alat yang disediakan
Ø  Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan yang tertuang dan RPPH
3
REFERENSI
Ø  Permendiknas no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
4
PIHAK-PIHAK TERKAIT
Guru Kelas
5
DOKUMEN
RPPH
6
PROSEDUR KERJA
1.        Pendidik menyiapkan lingkungan bermain yang aman, nyaman dan tersedia APE yang mendukung.
2.        Pendidik mengajak anak berdiskusi tentang tema hari ini.
3.        Pendidik  membacakan buku atau bercerita dengan menggunakan APE sesuai kebutuhan.
4.        Pendidik mendorong anak untuk aktif mendiskusikan tema yang sedang dibahas.
5.        Pendidik menginformasikan kegiatan main hari ini, dan menyampaikan gagasan main.
6.        Mendiskusikan aturan main.
7.        Pendidik memberikan kesempatan pada anak untuk memilih teman main.
8.        Anak melakukan kegiatan bermain sesuai minat.
9.        Pendidik melakukan observasi (pengamatan) dan membuat    dokumentasi atau catatan tentang perkembangan anak.
10.    Pendidik mengingatkan pada anak sisa waktu bermain.
11.    Pendidik mengajak anak untuk membereskan alat
12.    Pendidik mengajak anak untuk duduk melingkar dan menanyakan kembali, pengalaman bermain anak.
13.    Anak didorong untuk memberikan unjuk kerja, bisa dalam bentuk gambar, tulisan, bercerita atau recalling (menceritakan kembali )







TAMAN KANAK - KANAK  NEGERI PEMBINA
Jalan Kauman RT 11 RW 02 Kelurahan Kawedanan
Kecamatan Kawedanan  Kabupaten Magetan
Phone (0351) 438250

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PAUD
PEMBUKAAN KEGIATAN HARIAN

NAMA LEMBAGA
TK  NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
KODE DOK.
SOP/PROS-011
UNIT PROGRAM
TAMAN KANAK - KANAK
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN
18  JULI 2016
TGL. REVISI
-

1
JUDUL
Pembukaan Kegiatan Harian

2
TUJUAN
Ø  Membangun minat anak dan mampu beradaptasi dengan lingkungan PAUD, mengenalkan symbol negara dan lagu kebangsaan serta kecintaan pada tanah air
3
REFERENSI
Ø  Permendiknas no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
4
PIHAK-PIHAK TERKAIT
Guru sentra/area/kelompok
5
DOKUMEN
RPPH
6
PROSEDUR KERJA
1.        Awali dengan kegiatan berdoa dan bernyanyi.
2.        Pendidik memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalaman dan mendiskusikannya.
3.        Pendidik bersama anak melakukan percakapan untuk mengecek kehadiran sambil membiasakan anak untuk memperhatikan dan menyebutkan temannya yang tidak masuk.
4.        Biasakan selalu berbicara dengan lembut Biasakan mengawali kegiatan dengan membacakan buku atau bacaan lain sesuai dengan tema (selalu menyebutkan judul buku dan nama pengarangnya).
5.        Sebelum masuk ke kegiatan hari ini, tanyakan kembali kegiatan yang dilakukan kemarin.
6.        Selalu mendiskusikan tema, lingkup materi, kegiatan yang akan dilakukan, serta kosakata terkait di awal kegiatan.
7.        Mendiskusikan aturan bermain.
8.        Memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih mainan.








TAMAN KANAK - KANAK  NEGERI PEMBINA
Jalan Kauman RT 11 RW 02 Kelurahan Kawedanan
Kecamatan Kawedanan  Kabupaten Magetan
Phone (0351) 438250

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PAUD
KEGIATAN CUCI TANGAN


NAMA LEMBAGA
TK  NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
KODE DOK.
SOP/PROS-003
UNIT PROGRAM
TAMAN KANAK - KANAK
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN
18  JULI 2016
TGL. REVISI
-

1
JUDUL
7 Langkah Mencuci Tangan
2
TUJUAN
Ø  Membiasakan untuk mencuci tangan (2.1)
Ø  Membiasakan untuk tertib (2.6)
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1)
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)
3
REFERENSI
Ø  Permendiknas no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
Ø  Kostelnik J. Marjorie et all (2007). Developmentally Appropriate Curriculum Best Practices in Early Childhood Education (4th ed.). USA: New Jersey.
Ø  http://paudjateng.xahzgs.com, tanggal 04/11/2015, jam 13.26
4
PIHAK-PIHAK TERKAIT
Guru kelompok/ wali kelas
5
DOKUMEN
Catatan Perkembangan Anak
6
PROSEDUR KERJA











































1.        Basahilah kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.

2.        Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian



3.        Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih



4.        Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan



5.        Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian




6.        Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan



7.        Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu
















TAMAN KANAK - KANAK  NEGERI PEMBINA
Jalan Kauman RT 11 RW 02 Kelurahan Kawedanan
Kecamatan Kawedanan  Kabupaten Magetan

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PAUD
PENYAMBUTAN KEDATANGAN ANAK


NAMA LEMBAGA
TK  NEGERI PEMBINA
KODE DOK.
SOP/PROS-002
UNIT PROGRAM
TAMAN KANAK - KANAK
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN
18  JULI 2016
TGL. REVISI
-

1
JUDUL
Penyambutan Kedatangan Anak
2
TUJUAN
Ø  Membangun kenyamanan anak dengan guru dan lingkungan (2.11)
Ø  Membangun kemampuan berkomunikasi (3.11)
Ø  Membiasakan berkata dan bersikap sopan dan ramah(2.14)
3
REFERENSI
Ø  Permendiknas no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
4
PIHAK-PIHAK TERKAIT
Guru sentra/area/kelompok
5
DOKUMEN
Buku kehadiran guru, buku kehadiran anak, jadwal piket, catatan perkembangan anak
6
PROSEDUR KERJA
Ø  15 menit sebelum anak datang, guru piket sudah siap dan berdiri didepan pintu masuk sekolah senyuman ramah
Ø  Guru piket menyapa (mengucapkan salam) dan berkomunikasi dengan anak (menanyakan kabar dan perasaan anak hari ini) dengan posisi tubuh sejajar dengan anak.
Ø  Guru piket menanyakan kepada orang tua/pengantar mengenai kondisi fisik dan perasaan anak termasuk obat yang harus diminum bila diperlukan.
Ø  Bila anak tidak diantar, guru piket secara langsung menanyakan dan mengecek keadaan anak.
Ø  Catat seluruh informasi mengenai kondisi anak dan segera ambil tindakan sesuai prosedur
Ø  Guru piket mempersilahkan anak meletakkan tas di loker, melepas sepatu dan menaruhnya di rak sepatu yang sudah disediakan.








TAMAN KANAK - KANAK  NEGERI PEMBINA
Jalan Kauman RT 11 RW 02 Kelurahan Kawedanan
Kecamatan Kawedanan  Kabupaten Magetan
Phone : (0351)438250

TATA TERTIB
TK  NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
1. Anak harus berada disekolah 10 menit sebelum bel masuk.
2. Anak wajib mengikuti doa pagi bersama pukul 07.20.
3. Anak wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin.
4. Anak wajib mengenakan seragam sekolah sesuai ketentuan yang berlaku.
5. Anak pulang sekolah pukul 10.00 WIB dan hari Jum’at pukul 09.30 WIB.
6. Anak yang berhalangan hadir wajib mengirim surat pemberitahuan kepada guru kelas yang bersangkutan .
7. Salam didalam dan diluar sekolah adalah “ Assalamu’alaikum”..
8. Bagi anak laki-laki berambut pendek tidak melebihi batas telinga dan bagi anak perempuan tidak diperkenankan memakai perhiasan yang mencolok cukup memakai anting atau giwang
9. Membawa tempat makan dan minum sendiri
10.. Anak tidak diperkenankan membawa uang jajan
11. Uang SPP selambat-lambatnya dilunasi tanggal 10 setiap bulannya.
12. Orang tua hanya diperkenankan mengantar samapai didepan kelas
Mengetahui,
Kepala TK  NEGERI PEMBINA KAWEDANAN




TAMAN KANAK - KANAK  NEGERI PEMBINA
Jalan Kauman RT 11 RW 02 Kelurahan Kawedanan
Kecamatan Kawedanan  Kabupaten Magetan
Phone : (0351)438250

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PAUD
TOILETING / TOILET TRAINING


NAMA LEMBAGA
TK NEGERI PEMBINA
KODE DOK.
SOP/PROS-013
UNIT PROGRAM
KELOMPOK BERMAIN
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN
27 JULI 2015
TGL. REVISI
-

1
JUDUL
Melatih Anak Ke Kamar Mandi

2
TUJUAN
Ø  Membiasakan untuk menjaga kebersihan diri sendiri
Ø  Membiasakan berperilaku hidup bersih sehat
Ø  Membiasakan untuk menentukan keinginan sendiri (memahami keinginan diri sendiri)

3
REFERENSI
Ø  Permendiknas no. 146 tahun 2014
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga

4
PIHAK-PIHAK TERKAIT
Guru sentra/area/kelompok
5
DOKUMEN
RPPH

6
PROSEDUR KERJA
1.     Pendidik mempersilahkan anak untuk ke toilet/WC/kloset pada waktu-waktu tertentu, namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan individual anak.
2.     Pendidik melatih anak untuk melepas dan mengenakan celana secara mandiri/sesuai tahap perkembangan.
3.     Pendidik melatih anak untuk menyiram toilet/WC/kloset.
4.     Pendidik mengawasi dan memberikan bantuan jika dibutuhkan.
5.     Pendidik memastikan anak mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir setelah BAK dan BAB.
6.     Pendidik memastikan anak untuk mengeringkan tangannya setelah cuci tangan.
7.     Pendidik mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum keluar dari kamar mandi sesuai kebutuhan.