Selasa, 22 Maret 2016

Permainan sains sederhana

Permainan sains sederhana

Jumpa lagi Bunda Paud, kali ini kita ajak anak – anak murid kita bermain sains yuuk, biar tidak jenuh kita ajak mereka belajar menemukan dan memecahkan masalah yang ada. Bukankah  pembelajaran dalam Kurikulum 2013 PAUD juga diwajibkan  menggunakan pendekatan saintifik
Kali ini kita belajar sains dengan mengambil tema : Air Udara dan Api. Kegiatan apa saja yah kira – kira yang bisa membuat anak – anak jadi asyik belajar dan jadi senang belajar.
TEMA : AIR UADAR API
Kelompok/Umur: B/ 5- 6 tahun
Permainan : memompa balon tanpa meniup
Bidang Pengembangan :
1.      Kognitif : menceritakan apa yang terjadi jika.............
2.      Bahasa : menceritakan kejadian secara sederhana dg urut
KD : 1.1, 2.2, 3.5/4.5, 3.8/4.8, 3.9/4.9, 3.11/4.11
Alat dan bahan : balon, botol, cuka, soda kue
Langkahnya :
1.      Tuang cuka kedalam botol saampai kira – kira  1/4 tinngi botol
2.      Masukan soda kue kedalam balon
3.      Masukan lubang balon kedalam botol
4.      Tegakkan balon, sehinnga soda kue jatuh kedasar botol
5.      Apa yang terjadi ? campuran cuka dan soda akan mengembangkan balon
Tujuan : untuk membuktikan bahwa cuka bereaksi dg soda yang akan menghasilkan gas, selanjutnya gas itulah yg membuat balon mengembang.
Permainan : Gelembung warna
Bidang Pengembang
Bidang Pengembangan :
1.      Kognitif : menceritakan apa yang terjadi jika.............
2.      Bahasa : menceritakan kejadian secara sederhana dg urut
3.      Seni : permainan warna dg berbagai media
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.8/4.8, 3.9/4.9, 3.11/4.11,3.15/4.15
Alat dan bahan : air, sedikit bubuk deterjen, satu sendok teh gula, pewarna makana, sedotan, kertas putih, toples
Langkahnya :
1.      Larutkan gula kedalam air, lalu larutkan bubuk deterjen dan pewarna makanan dalam toples, tiup dengan menggunakan sedotan
2.      Setelah menghasilkan gelembung – gelembung letakkan kertas putih diatas toples, kemudian angkat
3.      Lalu ulangi untuk warna yang berbeda
4.      Setelah itu keringkan
5.      Apa yang terjadi ? motif gelembung warna akan terbentuk dikertas
Tujuan : membuktikan bahwa larutan gula dan sabun membentuk kulit elastis disekeliling udara. Udara terperangkap sehingga menghasilkan gelembung warna.
Permainan : kapur barus yang berloncata
Bidang Pengembangan :
6.      Kognitif : menceritakan apa yang terjadi jika.............
7.      Bahasa : menceritakan kejadian secara sederhana dg urut
KD : 1.1, 2.2, 3.5/4.5, 3.8/4.8, 3.9/4.9, 3.11/4.11
Alat dan bahan : toples, baking soda, cuka , kapur barus, air
Langkahnya :
1.      Isi toples dg 1 sendok makan baking soda
2.      Masukkan kapur barus
3.      Tambahkan air secukupnya
4.      Masukkan cuka sedikit demi sedikit
5.      Apa yang terjadi ? setelah baking soda bereaksi terkena cuka, kapur akan bergerak naik turun secara bergantian,dan meloncat keluar
Tujuannya : membuktikan bahwa kekuatan reaksi baking soda dan cuka dapat menggerakkan kapur barus.
Permainan : lilin tetap menyala didalam gelas
Bidang Pengembangan :
6.      Kognitif : menceritakan apa yang terjadi jika.............
7.      Bahasa : menceritakan kejadian secara sederhana dg urut
KD : 1.1, 2.2, 3.5/4.5, 3.8/4.8, 3.9/4.9, 3.11/4.11
Alat/ bahan :3  lilin,  gelas, 3 piring, air, korek api
Langkahnya :
1.      Siapkan ketiga piring lalu letakkan lilin diatas piring
2.      Nyalahkan ketiga lilin
3.      Berilah satu piring dengan air, sedangkan yang dua piring tidak
4.      Tutuplah lilin dg gelas yang dipiringnya ada airnya, dan lilin yang piringnya tidak ada  airnya , sedangkan lilin satunya biarkan menyala tanpa ditutup gelas
5.      Apa yang terjadi lilin yang tidak ditutup gelas tetap menyala , lilin yang ditutup gelas tanpa alasnya diberi air perlahan akan mati, dan lilin yang ditutup gelas tapi alasnya diberi air akan tetap menyala
Tujuannya : membuktikan bahwa lilin yang dinyalakan diatas alas yang diberi air akan tetap menyala karena mendapat oksigen dari air, ketika oksigennya habis lilinpun akan mati.
Permainan : Kromatografi ( mengurai warna)
Bidang Pengembangan :
6.      Kognitif : menceritakan apa yang terjadi jika.............
7.      Bahasa : menceritakan kejadian secara sederhana dg urut
KD : 1.1, 2.2, 3.5/4.5, 3.8/4.8, 3.9/4.9, 3.11/4.11
Alat dan bahan : .   Kertas saring obat (di gunting panjang 10 x 3 cm).   Spidol 4 warna: Hijau tua, coklat, hitam, orange. Cawan berisi air
Langkahnya  :
1.       Tulis satu noda pada kertas saring 3              cm dari bawah      dengan spidol
2.        Celupkan kertas saring kedalam       air di bawah noda dan tunggu            beberapa saat.
3.       Kemudian balik kertas saring dan tunggu beberapa saat.
4.      Apa yang terjadi. Noda warna yang  telah  ditulis/digambar dalam kertas saring akan membiaskan warna  asal ( misalnya warna oren akan mmbiaskan warna  merah dihasilkan dari merah muda, kuning dan ungu).

Selamat mencoba dan sampai ketemu dengan permainan sains lainnya yang lebih seru tentunya dengan tema yang berbeda.