Senin, 02 Juli 2012

TPP KLP A DAN KLP B


Tingkat Pencapaian Perkembangan Kelompok Usia 4 - 6 Tahun


Lingkup Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan
Usia 4 - < 5 tahun
Usia 5 - < 6 tahun
I.  Nilai - nilai Agama
     dan Moral
1.      Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya
2.      Meniru gerakan beribadah
3.      Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
4.      Mengenal perilaku baik / sopan dan buruk
5.      Membiasakan diri berperilaku baik
6.      Mengucapkan salam dan membalas salam

1.      Mengenal agama yang dianut
2.      Membiasakan diri beribadah
3.      Memahami perilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat, dsb)
4.      Membedakan perilaku baik dan buruk
5.      Mengenal ritual dan hari besar agama.
6.      Menghormati agama orang lain.
II.  Fisik Motorik
A.  Motorik Kasar
1.      Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb.
2.      Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
3.      Melakukan gerakan melompat, meloncat dan berlari secara terkoordinasi.
4.      Melempar sesuatu secara terarah.
5.      Menangkap sesuatu secara tepat.
6.      Melakukan gerakan antisipasi.
7.      Menendang sesuatu secara terarah
8.      Memanfaatkan alat permainan di luar kelas

1.      Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan.
2.      Melakukan koordinasi gerakan kaki - tangan - kepala dalam menirukan tarian atau senam.
3.      Melakukan permainan fisik dengan aturan.
4.      Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri.
5.      Melakukan kegiatan kebersihan diri.
B.  Motorik Halus
1.      Membuat garis vertical, horizontal, lengkung, kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran.
2.      Menjiplak bentuk
3.      Mengkoordinasi mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4.      Melakukan gerakan manipulative untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
5.      Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media

1.      Menggambar sesuai gagasannya
2.      Meniru bentuk
3.      Melakukan eksporasi dengan berbagai media dan kegiatan
4.      Menggunakan alat tulis dengan benar
5.      Menggunting sesuai dengan pola.
6.      Menempel gambar dengan tepat
7.      Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail.
C.  Kesehatan Fisik
1.      Memiliki kesesuaian usia dengan berat badan
2.      Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
3.      Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan.

1.      Memiliki kesesuaian usia dengan berat badan
2.      Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
1.      Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan



Lingkup Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan
Usia 4 - < 5 tahun
Usia 5 - < 6 tahun
III.  Kognitif
A.  Pengetahuan Umum dan
      Sains
1.      Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.      Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.      Mengenal gejala sebab akibat yang terkait dengan dirinya.
4.      Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
5.      Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri.

1.      Mengklasifikasi benda berdasarkan fungsi
2.      Menunjukkan aktiviskan yang bersifat eksploratif dan menyidik (seperti : apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
3.      Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan.
4.      Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan sesuatu menjadi basah)
5.      Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti “ayo bermain pura-pura seperti burung”)
6.      Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

B.  Konsep Bentuk, Warna,
      Ukuran dan Pola
1.      Mengklarifikasikan benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran.
2.      Mengklarifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
3.      Mengenal pola AB - AB dan ABC-ABC
4.      Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
1.      Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran : “lebih dari”
2.      Mengklsifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
3.      Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sejenis atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi.
4.      Mengenal pola ABCD-ABCD
5.      Mengurutkan benda berdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar dan sebaliknya.

C.  Konsep bilangan,
      Lambang bilangan, dan
      huruf
1.      Mengetahui konsep banyak dan sedikit.
2.      Membilang banyak benda satu sampai sepuluh
3.      Mengenal konsep bilangan
4.      Mengenal lambang bilangan
5.      Mengenal lambang huruf

1.      Menyebutkan  lambang bilangan 1 - 10
2.      Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
3.      Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
IV.  Bahasa
A.  Menerima bahasa

1.      Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2.      Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan.
3.      Memahami cerita yang dibacakan
4.      Mengenal perbendaharaan kata mengenal kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
1.      Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
2.      Mengulang kalimat yang lebih kompleks
3.      Memahami aturan dalam suatu permainan.




Lingkup Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan
Usia 4 - < 5 tahun
Usia 5 - < 6 tahun
B.  Mengungkapkan bahasa
1.      Mengulang kalimat sederhana
2.      Menjawab pertanyaan sederhana
3.      Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
4.      Menyebutkan kata-kata yang dikenal.
5.      Mengutarakan pendapat kepada orang lain
6.      Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidak setujuan
7.      Menceritakan kembali cerita / dongeng yang pernah di dengar.

1.      Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
2.      Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama.
3.      Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca menulis dan berhitung.
4.      Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat, predikat,- keterngan)
5.      Memiliki lebih banyak kata-lata untuk mengekspresikan ide pada orang lain.
6.      Melanjutkan sebagian cerita / dongeng yang telah didengarkan.

C.  Keaksaraan
1.      Mengenal simbol - simbol .
2.      Mengenal suara-suara hewan / benda yang ada di sekitarnya
3.      Membuat coretan yang bermakna.
4.      Meniru huruf.

1.      Menyebutkan simbol - simbol huruf yang dikenal.
2.      Mengenal suara huruf awal dari nama benda - benda yang ada di sekitarnya.
3.      Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi / huruf awal yang sama.
4.      Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf.
5.      Membaca nama sendiri.
6.      Menuliskan nama sendiri.

V.  Emosional
1.      Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan.
2.      Mau berbagi, menolong dan membantu teman
3.      Menunjukkan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif.
4.      Mengendalikan perasaan
5.      Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan
6.      Menunjukkan rasa percaya diri.
7.      Menjaga diri sendiri dari lingkungannya.
8.      Menghargai orang lain.

1.      Bersikap kooperatif dengan teman.
2.      Menunjukkan sikap toleran.
3.      Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias, dsb)
4.      Mengenal tata karma dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat.
5.      Memahami peraturan dan disiplin
6.      Menunjukkan rasa empati
7.      Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
8.      Bangga terhadap hasil karya sendiri
9.      Menghargai keunggulan orang lain.