TK NEGERI PEMBINA KAWEDANAN MAGETAN SELALU MENEMANI ANDA

Kamis, 14 Juni 2012

Pendidiakn karakter di TK


PENDIDIKAN KARAKTER di TK

v Pengertian Karakter
v  Adalah watak, sifat, tabiat. (Kamus Besar  Indonesia Kontemporer)
v  adalah kualitas mental atau moral, nama atau reputasi. (Hornby & Parnwell)
v  Karakter baik dimanifestasikan dalam kebiasaan baik di kehidupan sehari-hari: pikiran baik, hati baik, dan tingkah laku baik. Berkarakter baik berarti mengetahui yang baik, mencintai kebaikan, dan melakukan yang baik. (Kevin Ryan & Karen E.Bohlin)
v  Pendidikan Karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga mereka memiliki perilaku yang terpuji
v Latar Belakang
  1. Belum dihayatinya nilai-nilai moral Spiritual
  2. Keterbatasan perangkat kebijakan terpadu dalam mewujudkan nilai-nilai moral spiritual
  3. Bergesernya nilai etika dalam kehidupan  berbangsa dan bernegara
  4. Memudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa
  5. Kian lunturnya budaya nasional
  6. Melemahnya kemandirian anak bangsa
  7. Pengaruh media yang cukup memprihatinkan
8.       Kurang terakomodasinya pendidikan karakter bangsa dalam pendidikan formal, nonformal, dan informal
v FUNGSI
1.       Pengembangan : potensi peserta didik
2.       Perbaikan : memperkuat kiprah pendidikan Nasional
3.       Penyaringan : budaya bangsa dan bangsa lain
v TUJUAN
1.       Mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik
2.       Mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik
3.       Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik
4.       Mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan
5.       Mengembangkan lingkungan hidup sekolah  sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur,penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan.
v TIGA UNSUR MUTLAK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER
* Knowing the good, anak tidak hanya mengetahui tentang hal-hal yang baik, tetapi mereka juga memahami perlunya melakukan hal-hal yang baik.
* Feeling the good, membangkitkan rasa cinta anak untuk melakukan hal-hal yang baik dan berlatih merasakan efek dari perbuatan baiknya.
* Acting the good, anak dilatih dan dibiasakan untuk berbuat mulia.
(Ratna Megawangi)
v CIRI –CIRI GURU BERKARAKTER  MENYENANGKAN
*      Antuasias; semangat hidup
*      Berwibawa; menggerakkan orang
*      Positif; melihat setiap peluang
*      Supel; pandai bergaul
*      Humoris; lapanghati menerima salah
*      Luwes
*      Fasih
*      Tulus
*      Spontan
*      Menarik dan tertarik; mengaitkan setiap informasi dengan kehidupan dan peduli pada sesama manusia
*      Menganggap setiap orang mampu
*      Menetapkan dan memelihara harapan tinggi
v  BAGAIMANA TRADISI KARAKTER DIBANGUN
1.       Mulailah dari niat para pimpinan sekolah, niat untuk menjadi sekolah yang bermutu dan berkarakter
2.       Rumuskan Visi yang benar
3.       Tetapkan jaminan mutu lulusan
4.       Standarisasi guru
5.       Jadikan ibadah sebagai misi utama sekolah
v  UNTUK APA PENDIDIKAN KARAKTER?
1.       Menjadi sekolah karakter, tempat meletakkan karakter pertama kali
2.       Mengajari nilai, respek dan tanggungjawab
3.       Mengembangkan kebajikan yang memungkinkan memandu dan mengisi kehidupan dan membangun dunia yang lebih baik
4.       Memperbaiki moral dan budaya intelektual sekolah
v  KONSEP PENGEMBANGAN KARAKTER
Dr. Ratna Megawangi, pencerus karakter di Indonesia
Ada 9 Pilar
1.       Cinta Tuhan dan kebenaran ((love Allah, trust, reverence, loyalty )
2.       Tanggung jawab, kedisiplinan, dan kemandirian  (responsibility, excellence,
  self reliance, discipline, orderliness)
3.        Amanah (trustworthiness, reliability, honesty )
4.       Hormat dan santun (respect, courtessy, obedience)
5.       Kasih sayang, kepedulian, dan kerjasama (love, compassion, caring, empathy,
    generousity, moderation, cooperation)
6.       Percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah (confidence, assertiveness, 
    creativity, resourcefulness, courage, determination and enthusiasm)
7.       Keadilan dan kepemimpinan (justice, fairness, mercy, leadership)
8.       Baik dan rendah hati (kindness, friendliness, humility, modesty)
9.       Toleransi dan cinta damai (tolerance, flexibility, peacefulness, unity)


v  IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI  TAMAN KANAK-KANAK
18 NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK

1.Nilai Religius
2.Nilai Jujur
3.Nilai Toleransi
4.Nilai Disiplin
5.Nilai Kerja Keras
6.Nilai Kreatif
7.Nilai Mandiri
8.Nilai Demokrasi
9. Nilai Rasa Ingintahu
10. Nilai Semangat Kebangsaan
11. Nilai Cinta Tanah Air
12. Nilai Menghargai Prestasi
13. Nilai Bersahabat Komunikatif
14. Nilai Cinta Damai
15. Nilai Gemar Membaca
16. Nilai Peduli Lingkungan
17. Nilai Peduli  Sosial
18. Nilai Tanggung Jawab

                                                       RENCANA KEGIATAN HARIAN
                                         
Kelompok              : A1                 
                                                 Minggu/semester                    : 10 / I
                                                 Tema/Subtema                        : Negaraku Tercinta/ kotaku magetan
                                                 Hari/Tanggal               : Senin, 19 maret 2012
Indikator
Kegiatan pemnbelajaran
Metode
Alat dan Sumber Belajar
Penilaian Perkembangan Anak
Alat
Hasil
NAM ( 52) Melaksanakan tata tertib di
Upacara Bendera
Bercakap-cakap
Anak
Observasi
NAM.52
sekolah  ( Semangat Kebangsaan)
I. Kegiatan Awal
Demonstrasi
Gbr Kota Magetan
Percakapan
1. Jefri, Deo, Ardo
NAM(26)Berdoa sblm dan ssd kegiatan (Religius)
Berdoa – Salam
Pemberian Tugas
Lembar
Penugasan
3. Resti, Zahra,

Berbagi dan bercerita
Tanya Jawab
kerja
Hasil karya
NAM.26
Bhs(14 ) Menjawab pertanyaan tentang
Tanya Jawab tentg kota tempat tinggal anak-anak


Unjuk Kerja
1. Reksa, Fadli,
keterangan/informasi
II. Kegiatan Inti



3. Rifdah, Caca, Aziz

v  Area Bahasa



Bhs.14
Bhs( 35 ) Menebali huruf
Menebali tulisan “magetan” dan



1.Kesa, Restu
(gemar membaca)
mewarnai gambarnya



3. Caca, jefri, Yuyut

v  Area Seni



Bhs. 35
Fisik ( 66  ) Kolase(Kreatif)
Kolase gambar Genteng



1. Fadli, deo

v  Area Matematika



3. Caca,reksa, resti
Kog(33) Membilang banyak benda dr 1-10
Membilang jumlah genteng dan batubata



Fisik. 66

v  Area Musik



1. zahra, veda,
Fisik(68) Menyanyi 15 lagu anak-anak
Menyanyi lagu “ Magetan Kumandang”



3. reksa,rifdah,resti,yuyut,caca
(Mandiri)
III. Istirahat



Kog. 33

Cuci tangan, berdoa sblm dan ssdh makan



1.reksa, deo. Fadli

Bermain bebas



3. Caca, yuyut, resti, rifdah

IV. Kegitan akhir



Fisik 68
SE (  3 )Melaksanakan tugas yang diberikan sampai selesai
Tanya jawab tentang tugas yang sudah diberikan  bisa diselesaikan atau tidak?



3. Semua
( Tanggung jawab)
Diskusi tentang kegiatan satu hari



SE.3
.
Berdoa salam, Pulang



3. semua



Guru Kelompok  A1