TK NEGERI PEMBINA KAWEDANAN MAGETAN SELALU MENEMANI ANDA

Senin, 04 Juni 2012

PEMGENALAN SAINS SEDERHANA BAGIAN 2

PENGENALAN SAINS SEDERHANA BAG 2


Setelah kemarin kita belajar tentang pengenalan sains sederhana bagian 1, sekarang saya akan mengajak teman - teman guru pendidikan anak usia dini (TK) mencoba pengenalan sains sederhana bagian 2.
Tetapi untuk menyegarkan ingatan para pembaca kembali saya tuliskan bahwa pengenalan sains sederhana ini sangat penting untuk dikenalkan pada anak usia dini (TK)  karena manfattnya sangat luar biasa yaitu dapat memberikan kesenpatan bereksperimen kepada anak -anak berarti mendorong anak untuk berani mencoba (suatu sifat mental yang berharga dan sangat langka). Sehingga anak mungkin bisa lebih tumbuh menjadi manusia yang penempuh resiko, tidak muda menyerah dan pemberani.

Menurut Mundiarto (2002:15-16) membagi proses sains menjadi ketrampilan proses dasar dan terpadu. Adapaun ketrampilan proses meliputi (1) mengamati (2) mengelompokkan (3) mengukur (4) memprediksi (5) melakukan percobaan (6) mengkomunikasikan hasil percobaan (7) membuat kesimpulan.

Disini ada beberapa permainan untuk belajar pengenalan sains sederhana :
1. Mencairkan Es
Alat & bahan : gelas 2, bongkahan esm garam.
Cata : Es batu dimasukkan kedalam kedua gelas dengan ukuran yang sama. Selanjutnya gelas yang satu diberi garam , sedangkan yang lain dibiarkan saja. Apa yang terjadi? anak - anak disuruh mengamati. Ternyata gelas yang berisi bongkahan es dengan diberi garam lebih cepat mencait daripada gelas yang hanya berisi bongkahan es saja. Ini dikarenakan sifat garam yang menurunkan titik beku es.

2. Mencampur warna
Alat & bahan : gelas, air, pewarna pokok (merah- kuning-biru)
Cara : masukkan sedikit air (3 sendok) kedalam gelas, campur dengan pewarna yang telah disiapkan. Apa yang terjadi. Anak - anak diajak mengamati.
Merah dicampur kuning = jingga
Merah ducampur biru = ungu
Biru dicampur kuning = hijau
ini dikarenakan campuran 2 warna aray lebih akan menghasilkan warna baru. Anak disuruh mencoba mencampur warna lain (atau lebih dari 2 warna).

3. Bermain dengan gelembung air sabun
Alat & bahan: air, bubuk detergen (sabun colek), gula, pewarna, sedotan, kertas putih, toples/ gelas
Cara : larutkan gula + air lalu masukkan bubuk detergen dan pewarna kedalam toples/ gelas lalu tiup  dengan sedotam. Setelah menghasilkan gelembung letakkan kertas putih diatas toples/gelas . Kemudian angkat lalu ulangi dengan warna 2 yang lain, lalu keringkan. Apa yang terjadi?.
Motif gelembung warna akan terbentuk diatas kertas putih karena larutan gula  + sabun membentuk kulie elastis disekeliling udara. Udara terperangkap dalam kulit elastis tersebut sehingga menghasilkan gelembung udara.
ATAU : cukup anak dibiarkan bermain membuat balon udara dengan meniup larutan yang sudah jadi.

4. Gunung Meletus
Alat & bahan :cuka, baking soda, air, botol kosong, baskom, pasir/kerikil, pewarna merah
Cara :  masukkan baking soda + air kedalam botol kosong,  lalu tanam/tarun botol kedalam baskom dan timbuni dengan pasir membentuk gundukan gunung sampai yang terlihat hanya mulut botol. Tuangkan warna merah kedalam botol tadi untuk memberi kesan seperti  lahar.  Terakhir masukkan cairan cika kedalam botol. Apa yang terjadi ?.
Letusan kecil akan terdengar dan air yang didalam botol akan tumpah keluar  meluber keluar.

Nah untuk kali ini pengenalan sains sederhana yang saya kenalkan cukup 4 dulu, tunggu permainan sains sederhana selanjutnya di bagian 3 pasti akan lebih asyik dan seru, jangan lupa rajin - rajin kunjungi blog saya : CATATAN NINING, saya akan selalu berbagi pengalaman dengan senang hati. SEE YOU